5 Pebalap Kejurnas IRS Bertato, Bukan Cuma Gaya Tapi Juga Bermakna

Text : Suhartono | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 3 January 2018

5 Pebalap Kejurnas IRS Bertato

SPORTKU.COM

Banyak cara yang bisa dipakai oleh setiap pebalap untuk mengungkapkan ekspresi diri. Beberapa diantaranya mewujudkan lewat tato.

Seni melukis pada tubuh manusia atau yang sering disebut dengan tato memang sudah menjadi bagian dalam hidup manusia. Pada zaman sebelum era modern, goresan tinta pada tubuh sudah sangat melekat di kehidupan masyarakat. Bisa dibilang, tato merupakan simbol tua yang digunakan berbagai suku di dunia untuk menunjukkan pangkat, spiritualitas hingga penghargaan atas keberanian.

Akan tetapi kini tato sudah bukan hal yang menyeramkan lagi. Pada era sekarang, tato bisa dibilang merupakan sebuah lifestyle baru. Bahkan menjadi gaya hidup anak muda jaman now. Mereka tak ragu lagi untuk merajah tubuhnya dengan gambar ataupun tulisan.

Banyak orang sudah tak ragu lagi untuk tampil beda dengan warna-warni di kulit mereka. Keindahanlah yang biasanya menjadi alasan dasar mereka saat memutuskan untuk membubuhi tato pada tubuhnya. Di dunia balap, tak sedikit pula pebalap yang rela melukis tubuhnya dengan berbagai ornamen menarik. Motivasi mereka mentato tubuhnya pun beragam, ada yang berdasarkan seni gambar yang ingin diekspresikan pada tubuhnya.

Berikut 5 pebalap Kejurnas IRS yang hobi tato versi SPORTKU.com:

1. Harlan Fadhillah
Nama pebalap yang satu ini memang sudah tak asing lagi. Bukan hanya di Indonesia, namun pebalap kelahiran 19 April 1983 silam ini juga sudah dikenal di level Asia. Kini selain masih aktif di ajang balap Kejurnas IRS (Indospeed Race Series), Harlan Fadhillah juga sering kali mucnul di televisi sebagai komentator balap ARRC (Asia Road Racing Championship).

Bicara soal Harlan Fadhillah, pebalap ini memiliki hobi tato. Bahkan saking menyukainya seni lukis tato, Harlan Fadhillah sampai memiliki lebih dari satu tato. Meski berlatar belakang sebagai pebalap, namun justru lukisan hewan yang dia adaptasi.

"Awal punya tato tahun 2012. Gue suka binatang, semua jenis binatang suka. Tapi yang cocok sebagai tato di tangan menurut gue ya ikan koi, karena gue juga pelihara ikan koi. Ikan koi kan kalau buat orang Cina atau di Jepang dipercaya membawa hoki," ungkap Harlan Fadhillah sembari memperlihatkan tato di tangan kirinya.

Untuk menguhubungkannya dengan profesinya, Harlan Fadhillah menyematkan goresan checkered flag alias bendera finish. Juga stopwatch. "Artinya ini adalah ikan yang hoki di dalam dunia racing," sambung Harlan Fadhillah yang sudah memulai karir balap profesionalnya sejak tahun 1998.

Nama Harlan juga tertulis rapi. Di pergelangan tangan kanannya, Harlan Fadhillah menuliskan nama sang anak Harsyanda Love. "Nanti juga akan ada next project untuk nama anak yang kedua di badan. Biar inget terus sama keluarga dan anak," tutup Harlan Fadhillah.

Baca Juga
Tim Moto2 Ini Keruk Duit dari Indonesia

2. Fabrianus Balank
Pebalap nyentrik Fabrianus Balank memang selalu menyita perhatian. Bukan hanya karena tato, namun memang pebalap bernomer 128 ini juga suka dengan penampilan yang 'aneh'. Mulai dari gaya rambut yang sering gonta-ganti dan juga sering kali mewarnainya.

Untuk tampil beda, Fabrianus Balank juga ternyata masuk deretan pebalap hobi tato. Lukisan tato di tubuhnya pun punya makna khusus baginya. Bukan asal tato untuk sekadar gaya-gayaan. Akan tetapi Fabrianus Balank menjadikan tato sebagai ungkapan pribadinya.

"Tato itu menginspirasikan ide kita yang akan kita permanenkan dan akan dibawa sampai mati. Tato juga punya sebuah cerita. Seperti tato di dada kanan saya, sebuah foto seorang wanita yang saya cintai selamanya sampai mati. Ini adalah foto ibu saya," ungkap Fabrianus Balank.

"Untuk tato di lengan kanan mengartikan sebuah religi tentang keyakinan saya. Yang bagi saya mengartikan sampai mati pun saya tidak akan beralih dari keyakinan saya," lanjut Fabrianus Balank, salah satu pebalap yang paling kontroversial di Kejurnas IRS.

Pebalap yang kini bernaung di salah satu tim satelit Yamaha ini juga masih memiliki sebuah tato di tangan dengan tulisan 'In Nomine Patris Filii Et Spiritus Sancti'.

Sekadar info, Fabrianus Balank sudah memiliki hobi tato sejak tahun 2007 silam. Meski sudah beberapa tato hinggap di tubuhnya, namun dirinya masih punya rencana untuk menambahnya. "Rencananya masih mau nambah tato lagi di badan. Mungkin foto juga," pungkasnya.

3. I Gede Arya
Pebalap asal Bali ini mempunyai hobi tato pula. Menurutnya, tato adalah lambang seni untuk mewakili dirinya dalam mengekpresikan sesuatu. Berkecimpung dalam dunia balap, namun tak melulu harus ornamen-ornamen otomotif yang dia miliki pada tatonya.

"Bagi saya tato itu adalah sebuah seni. Saya sendiri sudah sekitar 10 tahun lalu mempunyai hobi tato. Saya sendiri memang hobi otomotif dan kartun, makanya tato juga banyak ornamen kartun dan lambang otomotif. Banyak yang bilang kalau tato itu bikin nagih dan pengen nambah terus, tapi bagi saya enggak kok," beber Arya.

Arya sendiri menato tubuhnya di tangan kirinya di bangian lengan atas. Kesan otomotifnya bisa terlihat pada gambar busi dan bendera finish kotak-kotak. Juga tertulis angka 35 yang merupakan nomer balap miliknya. Sebagai penghobi kartun woodpecker, Arya juga membubuhkannya dengan tato.

Baca Juga
Perbedaan Balap Motocross dan Grasstrack

4. Yaasiin Gabriel Somma
Pebalap asal Bali ini juga identik dengan tato. Tak diragukan lagi kemampuan balap Yaasiin Gabriel Somma di ajang Kejurnas IRS. Lihai diatas kuda besi, Yaasiin Gabriel Somma juga mahir dalam mengolah seni lewat tato.

"Saya lebih suka tato yang biomekanikal, karena saya juga suka balap dan segala sesuatu yang berhubungan dengan motor. Tato di tangan kiri saya ini adalah lukisan suspensi dengan kabel dan gear," ujar Yaasiin Gabriel Somma yang sudah mempunyai tato sejak masih sekolah SMP.

Yaasiin Gabriel Somma sendiri mengaku sejak SMP memang sudah bercita-cita punya tato. Niatnya itu pun akhirnya terwujud. Menjadi inspirasi untuk menghiasi tubuhnya dengan tato adalah sang ayah, Pigi Somma yang memang terlihat dekat dengan dirinya.

"Tato ini sebenarnya belum selesai. Pengin kayak bapak juga banyak tato. Tapi mikir juga, belum tentu selamanya saya berada di jalur balap. Pasti butuh pekerjaan, makanya pikir-pikir dulu sebelum mau tato lagi. Dan bagi saya yang terpenting jangan di bagian tubuh yang kena air wudhu," tutupnya.

5. Imanuel Putra Pratna
Imej buruk untuk seseorang dengan tato memang tak dipungkiri oleh Imanuel Pratna. Namun bagi dirinya tato adalah sebuah seni. Berawal dari hobi lukisan klasik, maka kini muncul tato pada tubuh pebalap kelahiran 9 September 1996 itu. Imej jadi pria nakal pun tak digubris olehnya.

"Awalnya suka lukisan klasik. Dan kalau tato itu kan imejnya jelek, nakal dan sebagainya. Tapi kalau ini kan lebih ke art-nya. Yang saya taruh di tangan ini adalah lukisan Michaelangelo, creation of adam. Sebenarnya suka Michaelangelo bukan lukisannya, tapi dari sculture yang dia pahat. Cuma lukisan yang ini nandai tentang kepercayaan giu deh," beber Imanuel Pratna.

"Kalau di belakangnya ada juga lukisan bunga, yang artinya good life sama happy married. Walaupun belum ada pasangan, tapi pasti ke depannya maunya happy married," celetuk Imanuel Pratna dibarengi tawa saat berbincang santai dengan SPORTKU.com.

Bukan hanya lukisan Michaelangelo yang dia adopsi pada tubuhnya. Namun Imanuel Pratna juga masih punya tato Star Wars, sebuah seri film epik, fiksi ilmiah, opera antariksa Amerika Serikat yang disutradarai oleh George Lucas. Diakuinya sejak masih kecil dirinya memang sudah hobi dengan Star Wars.

"Pengen nambah sih. Masih mikir mau tato apalagi. Memang tato yang saya punya saat ini tidak ada hubungannya dengan dunia saya yang sebagai pebalap. Tapi intinya yang ditato itu pasti ada artinya, tidak sembarangan tato juga," tutup Imanuel Pratna.

Baca Juga
Pebalap Wajib Tahu, Arti dan Fungsi Bendera Balap

Text : Suhartono | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 3 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Calon Pengganti Luis Milla

Lima Calon Pengganti Luis Milla

TOP 5
5 Sirkuit Terpendek MotoGP

5 Sirkuit Terpendek MotoGP

TOP 5
Lima Pesepakbola Kaya Sejak Lahir

Lima Pesepakbola Kaya Sejak Lahir

TOP 5
Siap Bertarung di Piala Asia 2019

Siap Bertarung di Piala Asia

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company