Perbedaan Rally Dakar di Afrika dan Amerika Selatan

Text : Suhartono | Photo / Video : Motorcycle Sports | Editor: Andi Wahyudi | 4 January 2018

SPORTKU.COM

Rally Dakar atau sebelumnya dikenal sebagai Paris–Dakar Rally adalah ajang reli tahunan yang diselenggarakan oleh Amaury Sport Organisation.

Pada awalnya Rally dihelat di Paris, Prancis menuju Dakar, Senegal (sebuah negara di sebelah selatan Sungai Senegal di Afrikan Barat) pada tahun 1978. Namun karena ancaman keamanan di Mauritania pada tahun 2008, menyebabkan Rally batal digelar. Dan sejak tahun 2009, Rally penyelenggaraannya dialihkan ke Amerika Selatan.

Rally adalah acara ketahanan di medan off road. Jalanan yang dilalui para pereli jauh lebih sulit daripada yang digunakan dalam reli konvensional pada umumnya. Selain itu juga, kendaraan tempur yang digunakan adalah kendaraan off road sejati. Bukan sekadar kendaraan onroad yang hanya dimodifikasi.

Sementara itu, kepindahan Rally ke Amerika Selatan dengan rute tiga negara mulai Peru, Bolivia, dan Argentina, bagi banyak orang ini adalah keputusan tepat. Dan berikut beberapa perbedaan Rally antara dua benua di Afrika dan Amerika Selatan.

1. Infrastruktur / Jasa
Kompetisi reli yang baik bukan hanya karena sulitnya jalur dan kuantitas maupun kualitas para pebalap yang terlibat. Ada sisi lain yang mendukung dan membantu event reli bisa dibilang sukses. Amerika Selatan lebih berkembang daripada benua Afrika dan ini telah membawa banyak aspek positif pada kompetisi Rally. Semuanya menjadi lebih mudah, karena kondisi transportasi juga telah diperbaiki dengan perubahan lokasi ini.

Fasilitasi dalam pengangkutan material dan sejenisnya dari satu stage ke stage berikutnya merupakan titik yang sangat positif. Itu membuat segalanya lebih cepat dan mudah dilakukan, yang akhirnya mengurangi biaya untuk para tim yang terlibat.

Baca Juga
5 Pebalap Kejurnas IRS Bertato, Bukan Cuma Gaya Tapi Juga Bermakna

2. Kesejahteraan
Di benua Afrika, mengangkut material dari satu stage ke stage berikutnya hanya bisa dilakukan dengan satu cara, yakni menggunakan jalur padang pasir. Di Amerika Selatan kesulitan ini tidak muncul karena kondisi jalan telah berkembang. Sehingga memudahkan dan membuat keseluruhan proses transportasi jauh lebih cepat dan nyaman.

Berbeda dengan saat Reli Dakar masih diselenggarakan di kawasan Afrika, pengangkutan barang jauh lebih menuntut kerja keras. Bahkan hingga memaksa atlet tidur di tenda. Hal ini tentu akan membuat fisik pebalap menjadi kurang fit saat berkompetisi.

3. Kepopuleran (Glory)
Pertumbuhan jumlah penonton membuat Rally Dakar di Amerika Selatan jauh lebih menarik bagi semua orang, karena pasar yang mendukungnya jauh lebih kuat. Ada dukungan dan sambutan yang lebih besar untuk para pereli ketika mereka pergi dari kota ke kota berikutnya.

Di Afrika, kekaguman ini juga terlihat, tapi lingkungannya sendiri berbeda antara kedua wilayah tersebut. Selain itu, perhatian harus diberikan pada satu aspek: dengan penciptaan dan pemasifan jejaring sosial. Rally Dakar sangat diuntungkan dan pengaruhnya atau siarannya menjadi lebih dekat dengan para penggemar.

4. Petualangan
Rally Dakar di Afrika identik dengan petualangan. Senang rasanya melihat para pereli berkuda di tengah padang pasir di mana sebuah kesalahan sederhana membuat mereka dalam kondisi yang terlalu rumit untuk bisa bertahan. Namun, keamanan tidak selalu menjadi yang terbaik dan ini adalah pertimbangan utama untuk balapan kelas dunia.

Perubahan Rally Dakar dari Afrika ke Amerika Selatan memberikan keamanan yang lebih besar bagi semua pihak yang terlibat. Namun dari para pereli yang terlibat masih saja ada yang berani melakukan petualangan ke tengah gurun. Namun, mendarat di Gurun Sahara yang terletak di utara Afrika akan selalu menjadi tantangan mengesankan.

Baca Juga
5 Pebalap Motor Indonesia Tewas Sepanjang Musim 2017

5. Singularity
Rally Dakar, meski ada perubahan lokasi namun tetap mempertahankan DNA-nya yang terkenal ganas dan mematikan dengan sajian rute yang diberikan panitia. Berlangsung di Amerika Selatan tidak mengubah hal penting ini. Di sisi lain, Rally Dakar di Amerika Selatan datang untuk memberi wajah lain pada kompetisi yang unik. Namun, Afrika akan selalu memiliki cinta sejati bagi penggemar olahraga di seluruh dunia.

Kembali lagi ke Afrika tidak akan pernah terjadi sepenuhnya. Karena jika hal ini terjadi maka akan memerlukan serangkaian perubahan regulasi yang harus dilakukan.

6. Kecepatan vs Navigasi
Ketika Rally Dakar pindah ke Amerika Selatan, tetap saja semua orang tahu bahwa stage khusus yang dihadirkan oleh panitia tidak memerlukan pengorbanan lebih jika dibandingkan saat masih di Afrika. Namun, seiring berjalannya waktu, penyelenggara Rally Dakar telah mencoba mendekati 'resep Afrika' dan meningkatkan tingkat kesulitan jalur. Jika pada saat itu kecepatannya sangat penting, kini kualitas navigasi memiliki nilai yang jauh lebih besar.

7. Tantangan baru: ketinggian
Rally Dakar di Afrika selalu dihiasai dengan beragam tindakan heroik. Namun, dengan pindah ke Amerika Selatan, pereli, tim, dan bahkan organisasinya sendiri dihadapkan pada kesulitan yang tak pernah muncul di Gurun Sahara, yakni ketinggian. Semakin tinggi ketinggian rute, semakin rendah jumlah oksigen yang tersedia. Untuk alasan ini, ketinggian telah menjadi 'musuh' utama, baik untuk pereli dan untuk mesin kendaraan sendiri. Karena berkompetisi pada ketinggian 3000meter memerlukan persiapan dan latihan fisik yang cukup berbeda.

Baca Juga
Kebiasaan Aneh Wahyu Aji Sebelum Balapan

Text : Suhartono | Photo / Video : Motorcycle Sports | Editor: Andi Wahyudi | 4 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Herlings Juara Dunia MXGP 2018

Herlings Juara Dunia MXGP 2018

MXGP
Podium Pertama Glenn Coldenhoff

Podium Pertama Glenn Coldenhoff

MXGP
Febvre Absen di MXGP Belanda

Febvre Absen di MXGP Belanda

MXGP
Seewer Jadi Partner Baru Febvre

Seewer Jadi Partner Baru Febvre

MXGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company