Suzuki Dapat Hak Istimewa di MotoGP 2018. Apa Saja?

Text : Suhartono | Photo / Video : Suzuki | 7 January 2018

SPORTKU.COM

Suzuki di MotoGP 2017 tampil buruk. Dua pebalap mereka Andrea Iannone dan Alex Rins tak bisa menunjukkan tajinya.

Setelah musim 2017 yang sulit di mana Suzuki gagal mencetak satu finish teratas, pabrikan Jepang ini akan kembali memiliki hak istimewa untuk melakukan pengembangan dan pengujian mesin tak terbatas pada tahun 2018. Hak istimewa pernah diberikan kepada Suzuki di musim balap 2016 lalu. Namun status itu hilang setelah Maverick Vinales mengantarkan Suzuki meraih kemenangan pertamanya sejak 2007 di Silverstone.

Namun di MotoGP 2017, Suzuki kembali mengalami keterpurukan. Pebalapnya tak ada yang bisa finish dengan raihan podium. Hasil terbaik dari Rins hanya finish di peringkat 4 saat balapan di Valencia. Begitu juga dengan Iannone hanya finish terbaik ke-4 saat balapan di Jepang.

Dengan hasil tersebut, maka Dorna Sports akan memberikan hak khusus atau sering dikenal konsesi kepada Suzuki. Artinya, dengan hak konsesi tersebut Suzuki diperbolehkan menggunakan 9 mesin. Sedangkan lainnya hanya 7 mesin untuk kompetisi satu musim.

Baca Juga
5 Julukan Terpopuler Rossi

Selain itu, Suzuki juga bisa melakukan tes atau uji coba tanpa batas. Suzuki juga tak dilarang melakukan pengembangan mesin saat musim berjalan. Masih ada keuntungan lain yang diberikan kepada Suzuki. Ini menyangkut wildcard yang bisa diberikan kepada 6 pebalapnya. Bukan hanya 3 pebalap seperti tim lainnya.

"Konsesi itu bantuan, tapi saya rasa itu bukan perubahan drastis bagi kami. Sangat membantu karena kita bisa lebih banyak tes. Tapi sebenarnya tak banyak waktu yang harus dilalui karena kalender sudah sangat padat. Keuntungan terbesar mungkin kami bisa mengembangkan mesin sepanjang musim," ungkap Davide Brivio, bos Suzuki.

Selain Suzuki, juga ada KTM dan Aprilia yang mendapatkan konsesi dari Dorna. Hal ini memang dilakukan oleh Dorna agar balapan MotoGP kedepan semakin kompetitif dan menarik untuk ditonton.

Baca Juga
Adrien Van Beveren Runner-Up Bersama Yamaha
Mengenang Trio Belanda PSIM Yogyakarta

Text : Suhartono | Photo / Video : Suzuki | 7 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Klasemen Sementara MotoGP 2018

Klasemen Sementara MotoGP 2018

MOTOGP
Antangin Kepincut Balap Nasional

Antangin Kepincut Balap Nasional

ROAD RACE
Laga Pamungkas HDC 2018

Laga Pamungkas HDC 2018

ROAD RACE
Marquez Samai Rekor Doohan

Marquez Samai Rekor Doohan

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company