image

Sepele Tapi Penting, Ini Fungsi Lap Board Sesungguhnya

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 9 January 2018

SPORTKU.COM

Dalam dunia balap memang butuh banyak kerjasama dan komunikasi dua arah yang pas untuk bisa mencapai tujuan bersama.

Komunikasi dua arah di sini bukan hanya sekadar antara pebalap dengan mekanik. Semua kru juga punya peranan masing-masing dalam membentuk komunkasi yang strategis sesuai dengan jabatannya dalam tim balap tersebut. Seorang manager tim akan menjadi pusat keluar masuknya berbagai informasi penting. Baik dari pebalap, kepala mekanik maupun sebagainya.

Percakapan antar pebalap dan kru juga tak hanya terjadi di dalam paddock saja. Namun juga saat pebalap berada di dalam sirkuit. Saat melakukan balap, pebalap memang harus berkonsentrasi penuh. Selain itu juga harus bisa melakukan komunikasi dengan kru di pinggir sirkuit.

Komunikasi tim dengan pebalap biasanya lebih sering di lakukan di area trek lurus (area start dan finish). Dalam hal komunikasi ini, ada satu alat yang sangat penting fungsinya yaitu lap board. Jika melihat bentuknya, lap board memang tak banyak dimengerti fungsinya oleh orang awam.

Lap board sendiri adalah papan bertuliskan angka-angka yang ditunjukkan pada pebalap saat melintasi trek lurus.Lewat papan lap board ini lah komunikasi tim dengan pebalap bisa dilakukan. Berbagai informasi penting akan diberikan kepada pebalap lewat lap board.

Baca Juga
Berapa Ukuran Bola Sepak Standar FIFA?

"Kalau buat saya lap board itu memang sangat penting. Banyak informasi yang bisa didapatkan pebalap lewat papan tersebut. Misal kalau masih di awal-awal seri, kita bisa tahu kondisi kompetitor. Kalau sudah di seri-seri akhir berisi informasi poin klasemen," ungkap Wawan Hermawan, pebalap Kejurnas IRS yang disupport ban FDR.

Wawan Hermawan melanjutkan, lap board akan memberikan informasi mengenai catatan waktu sama posisi saat masih abak kualifikasi. Selain itu pada saat balapan juga diberikan info cara riding, misalnya harus bertahan, fight, kabur, cari aman saja, memperlambat laju atau gas terus," lanjutnya.

"Yang memberikan info lewat lap board biasanya ada crew sendiri yang memang bertugas di bagian lap board. Dia menerima perintah dari manager, dan manager kasih perintah sudah berdasarkan komunikasi dengan pebalapnya juga. Kalau saya sebelum balap biasanya diskusi atau komunikasi dengan manager maupun kepala mekanik. Biar saat balap bisa sinkron," tutup Wawan Hermawan.

Baca Juga
Rumitnya Proses Pembuatan Helm MotoGP (Video)
5 Balap Motor Terpopuler di Indonesia

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 9 January 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company