Serena Williams Absen, Inikah Peluang Superstar Baru?

Text : Maya Soeparwoto | 12 January 2018

Serena Absen, Peluang Superstar Baru?

SPORTKU.COM

Para petenis putri memulai kampanye 2018 dengan berfokus pada Australia Terbuka dan sebuah tanda tanya besar siapa yang bisa mengisi kekosongan dengan absennya Serena Williams?

Hingga saat ini, tidak ada petenis putri yang bisa mendekati kiprahnya di tahun lalu, tidak hanya dalam hal memenangkan turnamen terbesar secara konsisten, tetapi juga tentang sebuah karisma.

Williams meninggalkan Melbourne setahun yang lalu dengan gelar Grand Slam ke-23 dan sekaligus segera menutup raketnya selama sisa 2017 saat mengetahui bahwa dia hamil delapan minggu pada saat dia bertarung di Australia Terbuka.

Pasca lelahnya persalinan dan konsentrasi mengurus sang buah hati terpaksa menangguhkan ambisinya untuk absen di Melbourne Park. Sang Ratu Tenis Dunia ini menyatakan belum sepenuhnya siap bertanding. Keputusan Williams ini serta merta memberi kesempatan lebih banyak kepada para petenis putri untuk mengklaim otoritasnya.

Baca Juga:
Serena Keluar Dari Australia-Terbuka 2018

Legenda hidup Boris Becker, yang paham betul tentang kemenangan Grand Slam dan daya tarik seorang bintang, percaya bahwa gambaran kemenangan para petenis putri terlalu membingungkan saat ini.

"Saya pikir ada peluang nyata bagi superstar berikutnya. Simona Halep adalah nomor satu saat ini tapi kami memiliki empat atau lima kandidat yang berbeda. Hanya saja tidak ada yang mendominasi, tapi tergantung bagaimana mengupayakannyam" katanya kepada Reuters.

Becker mengatakan bahwa dia bisa saja menyebutkan 10 nama yang bisa memenangkan Australia Terbuka. Termasuk pemain yang bagus dan buruk. Tapi menurut Becker dunaia olahraga membutuhkan peta persaingan yang kuat karena itu baik untuk para penggemar dan sayangnya pada kelas putri tidak memilikinya saat ini.

Sepanjang 2017 jurusan dominasi dicetak oleh tiga bintang yang meningkat dalam permainan. Petenis remaja Latvia Jelena Ostapenko yang menyerbu ke gelar Prancis Terbuka, Garbine Muguruza yang mengejutkan dunia dengan gelar Wimbledon dan Sloane Stephens yang kembali dari cedera untuk meraih mahkota A.S. Terbuka.

Peringkat dunia melihat tiga nama baru naik ke puncak pada musim lalu saat posisi nomor satu petenis Ceko Karolina direbut Muguruza pada bulan September, sebelum akhirnya petenis Rumania Simona Halep mengambil alih posisi teratas hingga kini.

Petenis puteri nomor satu dunia, Simona Halep yang dijagokan di Australia Terbuka 2018australian-open-2018-2968681c8734bcb.jpg

Namun, kemungkinan indikator penting yang bisa bersinar paling terang di tahun 2017 terjadi pada bulan Oktober ketika Caroline Wozniacki bertarung dengan gelar WTA Final putri, menampilkan sebuah trend baru tenis yang kompetitif tentang sebuah Grand Slam pertama sudah dekat.

Petenis Denmark ini kehilangan enam final berturut-turut sebelum akhirnya memenangkan Pan Pacific Open di Tokyo dan dia membawa momentum itu ke Singapura sebelum memulai musim ini dengan penampilan solid di Auckland untuk naik ke posisi kedua dunia.

"Bagi saya, yang terbesar adalah ketika saya kehilangan enam putaran pertama tahun ini, saya tidak membiarkannya membuat saya jatuh. Saya melihat hal positif dan saya menempatkan diri dalam pertarungan hampir setiap minggu dan akhirnya harus berbalik," kata petenis berusia 27 tahun itu setelah kemenangannya di Singapura.

Saat Williams berada di luar Grand Slam keempat, Halep dan Pliskova akan bergabung dengan Wozniacki dalam upaya melakukan terobosan besar di Australia.

Halep mungkin yang terbaik untuk mengklaim Grand Slam pertama musim ini, dimana ia memperkuat status nomor satu dengan kemenangan Shenzhen Open.

Maria Sharapova, bagaimanapun, adalah satu-satu pemain yang bisa menandingi intensitas Williams dan keinginan untuk sukses di nomor tunggal, tak menampakkan statusnya sebagai drawcard.

Sang korban doping akan kembali bersinar?

Maria Sharapova Rusia sempat bersembunyi dalam bayang-bayangnya sebagai pesaing utama. Saat ia terus membangun kembali karirnya setelah larangan doping meldonium 15 bulan di Australian Open 2016.

Meskipun mengeluhkan kritikannya dengan kecenderungan meggambarkan dirinya sebagai korban, petenis berusia 30 tahun itu disambut dengan tangan terbuka oleh fans dan penyelenggara turnamen.

Cedera dan deraan penyakit sempat menghentikan dirinya kembali ke lapangan. Namun kemenangan pada Tianjin Open pada bulan Oktober dan melaju ke semifinal Shenzhen Open menunjukkan Sharpova mendekati yang terbaik dan berharap totalitas di Melbourne.

Salah satu mantan juara yang tidak akan berada di Melbourne Park adalah Victoria Azarenka, karena sedang berkonsentrasi persoalan hak asuh putranya.  Azarenka terpaksa menghentikan kegiatan laganya sejak Wimbledon pada Juli lalu.

Dengan Muguruza yang mengalami cedera setelah menarik diri dari dua event pertamanya tahun ini, petenis Ukraina Elina Svitolina, membuka kesempatan bagi petenis Prancis Caroline Garcia dan petenis Jerman Julia Goerges yang akan membuka pertandingan pada 15 Januari nanti.

Becker, bagaimanapun, memiliki pandangan khusus pada rekan senegaranya lainnya yaitu juara Australia Terbuka 2016 Angelique Kerber.

"Sangat sulit untuk diprediksi. Kerber bisa kembali, saya pikir dia memiliki latihan musim dingin yang bagus dan berhasil di Piala Hopman. Dia melakukannya dua tahun yang lalu di Melbourne dan itu akan memberinya kepercayaan. Anda tidak bisa membeli perasaan bagaimana memenangkan sebuah Grand Slam" pungkas Becker.

Kemenangan Maria Sharapova di Tianjin Open 2017 membuka peluangnya di Australia Terbuka 2018australian-open-2018-770575846e05833.jpg

 

Baca Juga:
Sinyal Nadal dan Wawrinka Untuk Australia Terbuka
Roger Federer Masih Jadi Favorit di Australia Terbuka


Text : Maya Soeparwoto | 12 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Tim Eropa Pertahankan Piala Laver!

Tim Eropa Pertahankan Piala Laver!

TENNIS
Roger Federer Selamatkan Tim Eropa

Roger Federer Selamatkan Tim Eropa

TENNIS
Djokovic Tersungkur, Eropa Tetap Unggul

Djokovic Tersungkur, Eropa Tetap Unggul

TENNIS
 Michael Jordan, Inspirasi Kemenangan Federer

Michael Jordan, Inspirasi Kemenangan Federer

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company