Regulasi Kelas F.1 Berubah, Yoyok Utarakan Pendapatnya

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 12 January 2018

SPORTKU.COM

Untuk musim 2018, regulasi sprint rally dan rally mengalami perubahan signifikan. Terutama untuk kelas F.1 yang mengalami dampak paling besar.

Menyadari adanya perubahan regulasi yang diterapkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk cabang balap rally dan sprint rally, Yoyok Cempe, yang merupakan pereli senior ikut angkat bicara. Apa yang disampaikan oleh Yoyok merupakan dampak langsung, pasalnya pereli yang menggeber Suzuki Splash ini turun di kelas F.1. Sesuai regulasi baru yang dikeluarkan oleh IMI, kelas F.1 akan mengalami peningkatan kapasitas mesin.

Jika sebelumnya kelas F.1 ditujukan untuk mobil berkapasitas maksimal 1.200 cc, namun di 2018 statusnya dinaikan menjadi 0-1.400 cc. Secara kasat memang tidak ada permasalahan dengan regulasi baru tersebut, namun bagi Yoyok, ia sangat menyayangkan tentang regulasi tersebut.

"Pada prinsipnya, menurut saya secara pribadi merasa berat. Karena dari 0 - 1.200 cc menjadi 0 - 1.400 cc, dengan spesifikasi yang jelas-jelas memiliki kondisi di bawah 200 cc, kita mesti ngoprek apa lagi?," ucap Yoyok kepada SPORTKU, (11/1).

Dengan berlakunya regulasi baru tersebut, ada beberapa kekhawatiran yang akan timbul, seperti kehilangan peserta yang memiliki mobil 1.200 cc namun tidak bisa menaikkan kapasitas mesinnya hingga 1.400 cc. Memang untuk mesin 1.200 cc masih diperbolehkan, akan tetapi, jika pereli yang mengandalkan mesin tersebut, mereka kemungkinan tidak akan bisa meraih podium tertinggi. Di samping itu, dari dukungan faktor finansial pun mempengaruhi besaran nilai rupiah yang mereka kucurkan untuk riset mesin.

Baca juga:
DIDEPAK RED BULL RACING, DANIIL KVYAT DIKONTRAK SCUDERIA FERRARI

"Kalau seperti saya yang hobi ya enggak masalah. Cuma teman-teman yang lain akhirnya bermasalah, karena harus riset dan mereka harus belajar lagi. Trial and error dalam melakukan riset mesin itu biayanya cukup mahal," tambah Yoyok.

Dalam sebuah keterangan tertulis yang disampaikan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI), perubahan regulasi untuk kelas F.1 ini dikarenakan masih kurang populer, sehingga IMI merasa harus mengambil langkah untuk mempopulerkannya dengan cara menaikkan kapasitas mesin yang digunakan untuk kelas tersebut. Dengan begitu, mulai musim ini, mobil yang akan berpacu di kelas F.1 tentunya akan semakin menarik dari sisi perolehan waktu.

Namun, bagi Yoyok, meskipun regulasi baru tersebut telah bergulir, alangkah baiknya penyelenggara membuat sebuah handicap yang harus diterapkan untuk masing-masing kategori mobil berdasarkan kapasitas mesinnya.

"Jadi kalau menurut saya, ya memang mesti pakai handicap. Berlaku terhadap cc mobil yang ikut, bukan terhadap pebalap. Jadi 1.400 cc tambah berapa detik, 1.300 cc tambah berapa, dan 1.200 cc tidak dapat tambahan waktu," jelas Yoyok.

Meski regulasi baru sudah diketuk palu, pereli yang akrab disapa Yoyok Cempe ini tetap menyambutnya dengan antusias. Karena dengan begitu persaingan di kelas F.1 akan semakin sengit lagi, di tambah adanya mobil-mobil dengan kapasitas 1.400 cc yang baru. "Iya. Persaingan menjadi lebih ketat. Jadi teman-teman yang turun di F.1 juga turut melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan dengan meriset ulang mobil mereka," imbuhnya.

Namun, regulasi bukanlah sebuah penghalan bagi pereli yang telah malang melintang ini. Ia tetap merasa mampu untuk bisa tampil sesuai target demi menggapai podium di setiap serinya. "Jujur, saya harus mampu. Dan teman-teman yang lain juga harus mampu," tutupnya.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 12 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Mega Galeri Sprint Rally Tarmac

Mega Galeri Sprint Rally Tarmac

SPRINT RALLY
Syukuran Kemenangan Tim JNE-Furukawa

Syukuran Kemenangan Tim JNE-Furukawa

RALLY
Highlights Kejurnas Sprint Rally Tarmac

Highlights Kejurnas Sprint Rally Tarmac

SPRINT RALLY
Kontroversi Regulasi Baru Kelas F.1

Kontroversi Regulasi Baru Kelas F.1

SPRINT RALLY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company