Virus Modifikasi Street Racing Semakin Mewabah Di Tanah Air

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Ria Afriliani | Editor: Andi Wahyudi | 12 January 2018

Virus Modifikasi Street Racing Indonesia

SPORTKU.COM

Mobil dengan ubahan gaya dan aliran Street Racing masih menjadi trend-setter dikalangan modifikator dan juga pebalap di tanah air.

Perkembangan dunia modifikasi di Indonesia tak ayal seperti roda yang berputar. Terlebih makin hari, gaya dan aliran modifikasi semakin beragam dan up-to-date mengikuti perkembangan jaman.

Tren modifikasi mobil ditahun 2017 umumnya masih di dominasi oleh aliran bergaya Stance dan Street Racing. Pasti para pembaca banyak yang masih bertanya, apa sih sebenarnya modifikasi Stance itu? Dan apa beda Street Racing dengan Racing?

Disini kita akan membahas sedikit mengenai fenomena modifikasi street racing yang sudah sejak lama mewabah di Tanah Air.

Jika kita berkaca dari modifikasi luar negeri, pastinya mobil-mobil Street Racing yang ada di sana adalah mobil yang memang sudah memiliki performa aliran Racing dari pabriknya, seperti Nissan GTR, Nissan Sylvia, Nissan Cefiro, Honda Integra, Mitsubishi Lancer Evolution, dan masih banyak lagi.

Sedangkan di Indonesia, para pelaku modifikasi atau modifikator kebanyakan menggunakan mobil biasa untuk di modifikasi sesuai dengan selera dan tujuannya. Contoh, untuk mobil yang paling banyak diubah ke arah Street Racing, yaitu Honda Jazz, Honda Brio, Honda Civic FD, hingga mobil murah ramah lingkungan LCGC.

Untuk melakukan ubahan pada mobil yang ingin disematkan kearah gaya Street Racing, yang pertama dilakukan adalah merubah interior seperti rollbar, jok, dan kebutuhan pendukung lainnya. Setelah interior, yang wajib diperhatikan selanjutnya ada pada sektor mesin. Titik tertinggi dalam hal ini ada pada ubahan engine swap.

Ubahan selanjutnya pada body atau exterior, yang mengarah ke bumper, side skirt, wide body, knalpot, diffuser, dan pelengkap lainnya. Lanjut ke undercarriage yang merubah bagian velg racing, coilover, dan atau potong per.

Bagian terakhir yang merupakan faktor pendukung dan membedakan antara Street Racing dan Racing yaitu terletak pada Audio.

Mobil Racing yang sesungguhnya tidak diperkenankan untuk mendapat sentuhan Audio dengan alasan tidak akan ada faedahnya, berbeda dengan Street Racing yang mengharuskan adanya Audio namun tidak memiliki batasan tertentu.

Namun jika ingin dikaitkan antara modifikasi mobil Street Racing dengan dunia balap, tentu saat ini banyak mobil modifikasi yang memilih jalurnya ke arah Racing karena memang mampu mengalihkan mata yang memandang. Bahkan jika dilihat dari ubahan yang disematkan pada mobil street racing, tidak terlalu berguna di jalur modifikasi tapi sangat berguna ketika digunakan untuk balapan. Seperti penggunaan pipeing, air filter, porting polish, strut bar, haltech, turbo charge, dan item lainnya.

Baca juga
Selebrasi Unik Neymar
Rossi Nunggak Gaji Karyawannya?

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Ria Afriliani | Editor: Andi Wahyudi | 12 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Parjo Hadir dengan Kemasan Baru

Parjo Hadir dengan Kemasan Baru

MODIFICATION
Modifikasi Terbaik Harley-Davidson Dyna

Modifikasi Terbaik Harley-Davidson Dyna

MODIFICATION
Suryanation Motorland 2018 Sambangi Makassar

Suryanation Motorland 2018 Sambangi Makassar

MODIFICATION
Custom Collaboration Hadir di Kemang

Custom Collaboration Hadir di Kemang

MODIFICATION

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company