Tipe Pukulan Pada Olahraga Golf

Text : Suhartono | Photo / Video : LPGA | 13 January 2018

SPORTKU.COM

Golf menjadi salah satu olahraga yang diminati banyak orang. Biasanya golf menjadi permainan yang sering kali dilakukan para kalangan berduit.

Golf bisa dimainkan secara perorangan atau tim yang berlomba memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang ada di lapangan dengan jumlah pukulan tersedikit mungkin. Bola golf dipukul dengan menggunakan satu set tongkat pemukul yang disebut klab, bagi orang awam biasanya disebut stik golf.

Tidak seperti olahraga lainnya yang sama-sama menggunakan media bola dan lapangan. Golf tidak memiliki lapangan permainan yang standar, melainkan dimainkan di padang golf yang masing-masing memiliki desain unik. Pada setiap lapangan golf biasanya terdiri dari 9 atau 18 hole (lubang).

Aturan utama dalam golf adalah memainkan sebuah bola dengan stik golf dari daerah tee (teeing ground) ke dalam lubang dengan satu pukulan atau beberapa pukulan berikutnya sesuai dengan aturan. Perlu diketahui, ternyata pukulan dalam olahraga golf juga memiliki banyak jenis.

Baca Juga
Siapa Saja Pebalap Rookie MotoGP 2018?

Berikut jenis-jenis pukulan dalam olahraga golf yang SPORTKU.com kutip dari laman Wikipedia.
1. Tee shot
Tee shot adalah pukulan pertama dari teeing ground. Tee shot biasanya dilakukan dengan menggunakan driver. Misalnya 1-wood) untuk hole yang panjang atau iron pada hole (lubang) yang lebih pendek.

2. Fairway shot
Stik golf jenis iron atau wedge biasa digunakan untuk melakukan pukulan ini.

3. Bunker shot
Pukulan ini dilakukan jika bola mendarat di atas bunker. Pukulan ini biasanya menggunakan sand wedge.

4. Punch atau knockdown
Adalah pukulan rendah yang dilakukan untuk menghindari cabang pohon atau angin yang kuat di atas.

5. Putting
Adalah pukulan yang dilakukan di atas green dan menggunakan putter, bagi sebagian besar pegolf merupakan pukulan tersulit.

6. Approach shot
Adalah pukulan yang dilakukan untuk mendekatkan bola ke green. Pukulan ini biasanya dilakukan pada jarak yang sedang atau dekat. Tipe approach shot terdiri dari 3 jenis:
-Pitch
Adalah approach shot yang menerbangkan bola ke atas green atau dekat green. Pitch shot biasa dilakukan dengan menggunakan iron 6 hingga lob wedge.
-Flop
Adalah approach shot yang lebih tinggi lagi dan langsung berhenti sesaat setelah menghantam tanah. Pukulan ini dilakukan ketika pemain harus menghadapi rintangan untuk mencapai green. Flop biasa dilakukan dengan menggunakan stik golf sand wedge atau lob wedge.
-Chip
Adalah approach shot yang rendah ketika bola terbang rendah dan kemudian bergulir mengarah ke green.

Baca Juga
Hasil Bursa Transfer Pebalap MotoGP 2018
Berapa Ukuran Bola Sepak Standar FIFA?

Text : Suhartono | Photo / Video : LPGA | 13 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Justin Rose Di Indonesian Masters

Justin Rose Di Indonesian Masters

GOLF
Pengalaman Sulaiman Wakili Indonesia

Pengalaman Sulaiman Wakili Indonesia

GOLF
Wonderkids di Ajang IUGS 2018

Wonderkids di Ajang IUGS 2018

GOLF
Mengenal Lok Budianto Pemenang IUGS

Mengenal Lok Budianto Pemenang IUGS

GOLF

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company