Lima Pemain Brasil yang Tidak Nasionalis

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 16 January 2018

Lima Pemain Brasil Tidak Nasionalis

SPORTKU.COM

Inilah lima pemain asal Brasil yang justru memilih untuk membela negara lain. Siapa saja mereka?

Brasil dikenal sebagai negara yang paling banyak mengekspor pesepak bola di dunia. Di Indonesia sendiri juga banyak pemain asing asal Brasil yang sukses mencuri perhatian insan sepakbola dalam negeri, sebut saja Beto Goncalves, Otavio Dutra, Marcel Sacramento, Thiago Furtuoso, Arthur Cunha, dll.

Memang banyaknya pemain asal Brasil yang mentas di luar negaranya membuat negara tersebut mudah dalam mencari pemain untuk memperkuat timnas. Namun, tak banyak pemain yang beruntung yang bisa memperkuat negara yang beribukota di Sao Paulo itu.

Akhirnya, lantaran tak masuk dalam Selecao, mereka pun memilih negara lain untuk dibela. Banyak alasan melatari keputusan mereka pada akhirnya menanggalkan rasa nasionalisme mereka dengan membela negara orang.

Berikut ini lima pemain yang membela negara lain:

Diego Costa

Diego Costa (As English)
lima-pemain-brasil-tidak-77476b562f9a73a.jpg

Diego Costa sempat disengketakan antara Brasil dan Spanyol. Pasalnya, pemain yang kini membela Atletico Madrid itu mengutarakan keinginan untuk membela Spayol ketimbang negara kelahirannya itu.

Adapun alasan Costa memilih Spanyol lantaran sedikitnya kesempatan baginya untuk unjuk gigi bersama Selecao meski pernah dipanggil sebanyak dua kali oleh Brasil namun hanya dalam laga persahabatan.

“Saya berharap orang-orang paham dan menghargai keputusan saya karena ini adalah keputusan yang sangat sulit. Sangat sulit untuk memilih di antara negara tempat Anda lahir atau negara yang telah memberikan Anda segalanya,” terang Costa terkait pilihannya membelot dari negaranya.

Costa sendiri tercatat sudah mencetak 6 gol dan tampil sebanyak 16 kali bersama Spanyol terhitung sejak jalani debutnya pada Mei 2014 lalu.

Marcos Senna

Marcos Senna (These Footbal Time)
lima-pemain-brasil-tidak-12821b558863f2d.jpg

Saat masih aktif bermain, Marcos Senna dikenal sebagai gelandang tangguh. Pria kelahiran Sao Paulo, 17 Juli 1976 itu merupakan kunci permainan dari Villareal lantaran dirinya memperkuat tim tersebut selama 11 tahun lamanya.

Berkat penampilannya yang gemilang bersama Villareal. Senna pun terpilih dalam skuat Spanyol pada turnamen Piala Eropa 2008 lalu dimana ia mengantarkan La Roja menjadi juara sekaligus menghentikan puasa gelar negara beribukota Madrid selama 44 tahun.

Senna sendiri mengaku mudah memilih antara Spanyol atau Brasil. Sebab pada tahun 2006 lalu yang merupakan tahun debutnya saat itu sudah ada pemain seperti Ronaldinho dan Kaka yang membuatnya tak akan memiliki tempat di Selecao.

Baca juga
Inilah Jadwal Lengkap MotoGP 2018

“Saya waktu itu berusia 29 tahun dan memiliki kesempatan bermain di Piala Dunia bersama Spanyol. Apakah saya akan menunggu Brasil ketika kesempatan yang saya miliki hanya 0 persen? Maka itu (membela Spanyol) adalah keputusan mudah,” ungkap Senna.

Deco

Deco (pinterest)
lima-pemain-brasil-tidak-85064f58f455fe0.jpg

Deco merupakan pemain Brasil yang pada akhirnya memilih untuk membela Portugal usai mendapatkan kewarganegaran Portugal pada tahun 2002 lalu. Bersama Tim Samba Eropa, pemain yang lahir di Kota Sao Bernardo do Campo pada 27 Agustus 1977 itu sukses tampil sebanyak 75 pertandingan dan pensiun usai Piala Dunia 2010 lalu.

Adapun alasan Deco memilih Portugal lantaran ia sudah bermain di negara tersebut sejak tahun 1997. Bahkan ia mendapatkan status sebagai pemain bintang ketika membela klub asal Portugal, yakni FC Porto di mana pria yang kini berusia 40 tahun itu sukses memenangkan gelar Liga Champions.

"Saya sangat senang dan merasa dihormati di Portugal. Saya memiliki hubungan spesial dengan Portugal,’ ungkap Deco.

Pepe

Pepe (As English)
lima-pemain-brasil-tidak-20527484517ea0b.jpg

Kepler Laveran Lima Ferreira atau yang dikenal dengan nama Pepe merupakan salah satu bek terbaik di dunia di era modern. Ia pantas menyandang status sebagai legenda Real Madrid lantaran pengabdiannya yang cukup lama dan raihan prestasi gemilang yang ia berikan kepada klub tersebut.

Namun tak banyak yang tahu bahwa Pepe sebenarnya pemain yang lahir di Brasil. Namun, ia justru memulai karir profesional di Portugal bersama Maritimo sebelum akhirnya meraih kesuksesan ketika membela Porto.

Pepe sendiri memilih Portugal sebagai negaranya lantaran Brasil tak mengakui bakat yang dimilikinya itu. Namun, pilihannya membela Portugal berbuah manis. Ia sukses menjuarai ajang Piala Eropa 2016 lalu.

Jorginho

Jorginho (getty images)
lima-pemain-brasil-tidak-754275f7c1d705e.jpg

Jorginho merupakan pemain yang lahir di Brasil. Namun, seperti Pepe. Sejak remaja ia merantau ke negara lain untuk mengasah bakat sepak bolanya. Pemain berusia 26 tahun itu memilih Italia sebagai tempat untuk berkarir.

Di Italia, Jorginho masuk dalam Verona Primavera dan mengawali debut profesionalnya bersama klub Serie C, Sambonifacese pada musim 2010/2011. Usai tampil gemilang, ia ditarik oleh tim senior Verona yang bermain di Serie B musim berikutnya.

Jorginho pun menjelma sebagai pemain kunci Verona dan sukses mengantarkan klub tersebut pada akhirnya promosi ke Serie A. Dari situlah, bakar dirinya mulai diendus dan pada akhirnya dikontrak oleh salah satu klub besar Italia, Napoli pada tahun 2013 lalu.

Berkat penampilan konsisten yang ditunjukan oleh Jorginho. Ia pun akhirnya dipanggil Timnas Italia pada tahun 2016 lalu. Uniknya, pemain yang identik dengan nomor punggung 8 itu memiliki darah Italia lantaran ia memiliki saudara jauh di wilayah Veneto.

Baca juga
Mantan Pemain MU Kini Latih Wales

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 16 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Agen Pemain Sepakbola Terkaya

Lima Agen Pemain Sepakbola Terkaya

TOP 5
Lima Stadion Buruk di Eropa

Lima Stadion Buruk di Eropa

TOP 5
Lima Jebolan Piala Asia U-16

Lima Jebolan Piala Asia U-16

TOP 5
5 Mantan Pebalap Poin Terbanyak

5 Mantan Pebalap Poin Terbanyak

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company