image dr. Fuad ketika mengikuti GFNY Lombok 2017 (dok. pribadi) dr. Fuad Supriyadi ingin sehat dan finish di depan para pesaingnya  dr. Fuad Supriyadi

dr. Fuad Supriyadi: Ingin Kejar Sehat dan Finish di Depan Para Pesaingnya

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Pariyono, dok. Pribadi | Editor: Andi Wahyudi | 17 January 2018

uploads/news/2018/01/dr-fuad-dan-gfny-432797ce6f45077.jpeg

dr. Fuad dan GFNY Bali

dr-fuad-5064367e0047a4a
dr-fuad-7063977aa44f191
dr-fuad-907510fb36d27b3
SPORTKU.COM

Di kalangan penggemar Road Bike, lomba balap sepeda marathon Gran Fondo New York (GFNY) telah menjadi acuan untuk mengukur kemampuan.

Demikian juga bagi dr. Fuad Supriyadi. Penggemar road bike dari Jakarta ini telah berkomitmen untuk mengikuti GFNY Bali pada 4 Februari mendatang.

Bagi dr. Fuad, kejuaraan balap sepeda marathon GFNY bukan hal baru. Sebelumnya, dokter yang bertugas di RS. Haji Jakarta itu telah mengikuti GFNY Lombok 2017 dan mengikuti test rute event yang sama tahun sebelumnya. 

Alasannya, selain Lombok yang terkenal indah, rutenya juga disebut-sebut menantang. Lomba ini juga banyak diikuti oleh penggemar road bike dari klub yang diikutinya, sehingga bisa menjadi ajang untuk saling memotivasi satu dengan lainnya.

Untuk GFNY Bali sendiri, dr. Fuad juga telah menyiapkan diri. Selain berlatih di Jakarta, dia bahkan telah mencoba rute di lokasinya langsung, Pulau Dewata pada Oktober lalu, bersama para koleganya.

“Saya juga sudah coba rute pada Oktober lalu sama kolega. Saya selalu gowes duluan. Hari pertama, yang lain mungkin pada berwisata dulu. Tapi saya gowes sendiri. Gambaran (rute) sudah ada,” pria yang juga menjabat sebagai Kepala IGD RS Haji Jakarta itu.

Untuk target di Bali nanti, dr Fuad memang tidak terlalu ambisius. Dia mengaku hanya ingin menjadi finisher (rider yang mencapai finish) saja, mengingat kesibukannya menjelang event tersebut.

“Finish saja karena persiapan saya enggak seperti sebelumnya. Banyak kerjaan. (Selain itu) bisa berada di depan teman-teman saya,” kata dokter yang kini berada di peringkat 120 dari sekitar 500 rider lain di dalam kategorinya itu.

Di mata dr. Fuad, GFNY juga sangat berbeda dari event lain yang pernah diikutinya. Event ini memiliki sistem limit yang sangat bagus. Jadi, bila rider ingin memotong jalur, hal itu tidak mungkin untuk dilakukan.

dr. Fuad Supriyadi target finish di depan para pesaingnya

dr-fuad-7063977aa44f191.JPG

Berbeda dengan event sejenisnya, GFNY juga tidak menyediakan waktu istirahat khusus. Walaupun demikian, supply makanan atau minuman cukup banyak. Jadi rider tidak perlu khawatir mengalami dehidrasi.

Selain itu, keamanan pada event ini juga sangat bagus. Bagi mereka yang mampu berada di kelompok depan, maka jalan akan dibuat lancar. Tiap perempatan jalan juga dijaga dan rider diprioritaskan.

“Kalau yang lain, kalau (kita) di belakang dan ada lampu merah, ya harus ikut berhenti,” katanya. Fuad juga berbagi saran kepada calon peserta GFNY Bali untuk mempersiapkan diri dengan baik. Sepeda harus siap agar aman.

Selain itu, penunggang Madone 9 itu juga menyarankan untuk tidak menggunakan ban yang telah gundul. Sebab, kalau bocor di jalan, hal itu akan membuat rider drop - walaupun ada panitia yang akan membantu.

Hal penting yang juga harus diperhatikan, rider juga harus menyiapkan stamina, kesehatan serta istirahat yang cukup. “Karena kalau fisik enggak prima, itu (akan) berat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, GFNY Bali akan digear pada 4 Februari mendatang. Lomba ini memiliki dua kategori jarak yang akan ditempuh dan usia. Untuk jarak tempuh, GFNY Bali memiliki dua kategori, yakni Medium Distance (82km) dan Long Distance (142km).

Baca juga:
SZYMON GODZIEK BERGABUNG KE NS BIKES

Baca juga:
SHARAPOVA NIKMATI KEMENANGAN KEMBALI DI MELBOURNE

 

 

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Pariyono, dok. Pribadi | Editor: Andi Wahyudi | 17 January 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company