image

Mengagetkan, Folger Putuskan Mundur dari MotoGP 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : Tech3 | Editor: Andi Wahyudi | 18 January 2018

SPORTKU.COM

Jonas Folger membuat keputusan mengejutkan jelang tes pramusim MotoGP 2018 dimulai.

Pebalap asal Jerman tersebut secara mengejutkan mengumumkan gantung helm di musim balap 2018. Padahal, sebelumnya Folger juga sudah mengumumkan kontrak barunya dengan tim satelit Monster Yamaha Tech3. Tidak merasa siap fisik dan mental menjadi alasan utama Folger untuk mundur dari kompetisi motoGP 2018.

"Saya sangat sedih untuk mengatakan ini, saya tidak akan membalap MotoGP di tahun 2018. Saya tidak dapat melakukan perbaikan yang saya harapkan, dan pada tahap ini saya tidak merasa bisa mengendarai mesin MotoGP dengan 100 persen. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang terlibat, terutama tim Monster Yamaha Tech3, pabrik Yamaha Jepang, Monster Energy, HJC, Ixon, Forma Boots dan Rudy Project," ungkap Folger.

Di MotoGP 2017, Folger juga sudah absen sejak balapan di Sirkuit Motegi, Jepang. Namun bukan tanpa asalan. Absennya Folger karena dia terindikasi terserang Epstein-Barr Virus (EBV) yang membuat tubuhnya merasa lelah. Sejak saat itu Folger terus menjalani pemeriksaan medis secara intensif.

Baca Juga
Marquez Tertarik Balap Rally Dakar

Hal itu membuat Folger juga harus meninggalkan balapan di Australia, Malaysia dan Valencia. Meski begitu, hasil akhir yang dicapai Folger tak begitu buruk. Meski absen balap di 4 seri terakhir MotoGP 2017, dia masih bisa menduduki posisi ke-10 di klasemen akhir dengan 84 poin.

Keputusan Folger untuk tidak membalap di MotoGP 2018 tentu menjadi kesendihan tersendiri bagi sang Team Manager, Herve Poncharal. "Saya menerima telepon dari Bob Moore, manajer pribadi Jonas Folger. Saya tidak dapat mempercayai apa yang Bob katakan kepada saya di telepon, bahwa Jonas Folger telah memutuskan untuk tidak balapan pada musim MotoGP 2018," ungkapnya.

"Saya merasa Jonas 100 persen pulih secara mental dan fisik. Masih sulit bagi saya untuk percaya, bahwa dia tidak akan berlomba dengan kami di tahun 2018, terutama karena dia adalah seseorang yang memiliki banyak kepercayaan dan saya yakin kita akan mencapai puncak."

"Saya menghormati keputusannya, meski sulit untuk diterima. Namun, saya akan mencoba mencari solusi untuk pebalap pengganti, yang merupakan misi yang sangat sulit. Selalu di balap kita perlu bersikap proaktif, inventif dan mudah-mudahan kita bisa membuat seseorang sangat bahagia," pungkas Poncharal.

Baca Juga
Toby Price Perpanjang Kemenangan KTM di Rally Dakar 2018
West Ham United Hadirkan 4 Pemain Top

Text : Suhartono | Photo / Video : Tech3 | Editor: Andi Wahyudi | 18 January 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company