image

Regulasi Winglet MotoGP 2018, Ada Catatan Khusus dari Dorna

Text : Suhartono | Photo / Video : Ducati | Editor: Andi Wahyudi | 19 January 2018

SPORTKU.COM

Meluncurnya Ducati Desmosedici GP18 sedikit menghebohkan. Bukan tanpa sebab, karena motor terbaru Ducati ini seperti menggunakan winglet.

Motor balap Ducati memang selalu mencuri banyak perhatian. Seperti Ducati Desmosedici GP18 yang belum lama ini resmi diluncurkan. Motor balap tunggangan Andrea Dovizioso da Jorge Lorenzo tersebut tampak seperti menggunakan fairing modern yang banyak disebut merupakan winglet.

Akan tetapi mengenai regulasi maupun aturan fairing dan winglet di MotoGP 2018, sudah ditegaskan oleh Danny Aldridge selaku Direktur Teknis yang memutuskan untuk tahun ini tidak mengalami perubahan alias tetap dilarang memakai winglet. Aldridge justru mengharapkan perancang untuk menggabungkan bentuk yang sama dan optimal.

"Aturan dan panduan (tentang fairing) akan tetap sama. Tidak ada perubahan. Stabil, konsisten dan menurut saya akan terlihat bahwa fairing akan berubah menjadi bentuk desain yang serupa. Ini adalah hal yang sulit untuk dicoba dan diatur dan saya mengerti banyak pendapat orang, mengatakan 'itu adalah winglet'," ungkap Aldridge.

"Tapi kami telah mencoba untuk memungkinkan para tim dengan memberikan beberapa kebebasan untuk bekerja dan pasti ada pro dan kontra dengan desain fairing baru," imbuh Aldridge.

Baca Juga
Stage 12 Rally Dakar 2018 Dibatalkan

Meski membuat laju motor semakin stabil, namun menurut Aldridge, penggunaan winglet juga bisa memperlambat jalu sepeda motor. Dia mencontohkan saat balapan berlangsung di Phillip Island. Salah satu pebalap yang paling lambat dengan kecepatan tertinggi adalah Lorenzo. Hal ini menurutnya membuat banyak pebalap memilih untuk tidak menggunakan fairing aerodinamis mereka di Australia.

Penggunaan winglet memang cukup menjadi polemik. Berawal dari ide Ducati yang pertama kali memakai winglet di bodi depan saat masih dengan pebalap Andrea Iannone dan Dovizioso. Kemudian beberapa tim lain juga kepincut menggunakan winglet, seperti Aprilia. Kemudian Yamaha juga menggunakan winglet.

Namun sejak MotoGP 2017, penyelenggara melarang penggunaan winglet di motor karena dianggap membahayakan. Namun inovasi baru pun muncul dari tim-tim balap untuk tetap mengakali sapuan angin sepanjang MotoGP 2017. Para tim balap pun tetap memiliki sayap yang tersamarkan. Dan tegas, MotoGP 2018 tetap melarang pemakaian winglet.

Kendati demikian, Aldridge menggarisbawahi tidak ada batasan untuk mengubah ukuran dan bentuk dalam winglet internal yang menyatu di dalam bodi. Karena peraturan hanya berlaku untuk bentuk eksternal bodi.

Baca Juga
10 Wanita Tantang Ganasnya Rally Dakar 2018
Svitolina Singkirkan Sang Junior

Text : Suhartono | Photo / Video : Ducati | Editor: Andi Wahyudi | 19 January 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company