image

Di Balik Sepinya Manuver Transfer Musim Dingin Juventus

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Diario As | Editor: Andi Wahyudi | 19 January 2018

SPORTKU.COM

Juventus menjadi salah satu klub besar yang begitu adem ayem di bursa transfer musim dingin ini. Mengapa demikian?

Bursa transfer musim dingin kali ini nampaknya hanya akan dilewati oleh Juventus tanpa adanya proses negoisasi terkait mendatangkan punggawa baru. Pasalnya, hingga pertengahan Januari kali ini, klub asal Turin tersebut belum juga memperlihatkan pergerakan yang signifikan terkait kemungkinan adanya pemain anyar untuk direkrut.

Memang, isu terkait pemain yang diincar oleh Juventus sudah menyebar, mulai dari Mesut Ozil, Sergej Milinkovic-Savic, Christian Eriksen, Matteo Darmian, sampai Emre Can. Nama terakhir bahkan diklaim oleh Direktur umum Juventus Giuseppe Marotta sebagai pemain yang memang ingin didatangkan.

Namun, sekali lagi. Belum ada langkah yang benar-benar serius untuk mendatangkan Emre Can lantaran klaim Marotta hanya sekedar pemanis lantaran belum ada tawaran resmi yang diajukan oleh klub berjuluk Bianconerri tersebut kepada Liverpool selaku pemilik sah pemain andalan Tim Nasional (Timnas) Jerman ini.

Alih-alih mendatangkan pemain baru, Juventus justru “membuang” pemainnya. Adapun pemain yang dimaksud adalah Marko Pjaca. Pesepak bola berusia 22 tahun itu dipinjamkan ke Schalke pada awal Januari ini lantaran pemain asal Kroasia itu kesulitan mendapatkan tempat utama di musim ini usai sembuh dari cedera panjang yang menimpanya.

Juventus juga harus bersiap-siap kehilangan top skor mereka musim ini, Paulo Dybala yang tengah dikait-kaitkan dengan kesebelasan asal Inggris, Manchester United. Meski peluang untuk pindah sulit, lantaran pemain asal Argentina itu baru perpanjang kontrak di awal musim, namun bukan tidak mungkin dalam waktu dekat transfer itu bisa terjadi.

Alasannya sederhana, The Red Devils tengah mencari striker baru lantaran penyerang andalan mereka, Romelu Lukaku kerap kesulitan mencetak gol. Sementara, Dybala juga diisukan tengah berkonflik dengan Manajer Juventus, Massimiliano Allegri.

Dengan alasan tersebut, Juventus pun harus bersiap-siap untuk mencari pengganti Dybala dalam waktu dekat lantaran bursa transfer tengah musim kali ini memiliki batas waktu yang singkat, yakni tepat tanggal 31 Januari.

Baca juga
Rahardian Siap Jadi Duta Anti-Bully

Meski demikian, pada akhirnya penggemar Juventus harus memaklumi mengapa klub yang mereka dukung tak melakukan belanja layaknya klub-klub lain. Setidaknya ada tiga alasan mengapa klub yang musim lalu menjadi finalis Liga Champions.

Alasan pertama adalah Juventus sudah belanja banyak di awal musim. Hal ini dapat dikatakan sebagai alasan logis mengingat mereka sudah belanja tujuh pemain baru dengan total pengeluaran sebesar 151 juta euro atau sekitar Rp2,2 triliun.

Pembelian Juventus di musim ini bahkan merata lantaran mereka membeli pemain dari posisi penjaga gawang sampai penyerang, mulai dari Wojciech Szczesny, Mattia De Sciglio, Benedikt Howedes, Rodrigo Bentacur, Blaise Matuidi, Douglas Csota, dan Federico Bernardeschi.

Tak heran bila Juventus tak terlalu bernafsu untuk mendatangkan pemain baru mengingat skuat yang mereka miliki nantinya akan semakin membengkak.

Alasan kedua adalah bahwa Juventus memiliki trauma lantaran dalam beberapa musim terakhir, pemain yang mereka datangkan di tengah musim justru tak memiliki kontribusi yang berarti. Tomas Rincon misalnya yang musim lalu didatangkan dari Genoa, justru di musim ini sudah tak digunakan sehingga dipinjamkan ke Torino.

Sebelum Rincon, Juventus pernah mendatangkan pemain seperti Marco Borrielo, Nicklas Bendtner, Luca Toni, Nicholas Anelka, hingga Dani Osvaldo pada bulan Januari. Namun pemain-pemain tersebut gagal menunjukan performa yang signifikan dan karirnya pun tak panjang.

Alasan ketiga adalah bahwa Juventus merupakan tim yang memiliki kebiasaan dalam mendatangkan pemain lewat jalur gratisan. Fabio Cannavaro, Patrick Evra, Andrea Pirlo, Paul Pogba, Sami Khedira, dan Dani Alves merupakan contoh pemain yang didapat klub dengan cuma-cuma.

Juventus sendiri diprediksi akan melakukan hal serupa untuk mendatangkan Emre Can dan Mesut Ozil. Pasalnya, bila merujuk pada aturan Bosman, maka klub yang bermarkas di Juventus Stadium itu bisa merekut mereka meski harus menunggu musim depan atau pada Juni 2018 mendatang.

Baca juga
Cari Tahu Soal Regulasi Winglet MotoGP 2018

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Diario As | Editor: Andi Wahyudi | 19 January 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company