image Mobil Modifikasi Beraliran Street Racing Mobil Modifikasi Beraliran Street Racing

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Mobil Street Racing

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Ria Afriliani | Editor: Andi Wahyudi | 22 January 2018

uploads/news/2018/01/kiat-membangun-mobil-street-80459d51efb6a51.jpg

Kiat Membangun Mobil Street Racing

kiat-membangun-mobil-street-49763a0e498214e
kiat-membangun-mobil-street-70376a07ef460d7
SPORTKU.COM

Agar tidak salah 'kiblat', ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin membangun mobil beraliran street racing.

Seperti halnya tren gaya berbusana, urusan modifikasi mobil juga seperti siklus. Belakangan ini konsep modifikasi beraliran Street Racing semakin digemari oleh pecinta otomotif di Indonesia. Tentunya aliran ini banyak melibatkan kendaraan seperti sedan, hatchback, compact car, hingga mobil ramah lingkungan LCGC.

Konsep street racing menonjolkan aura sebagai mobil balap. Namun tidak meninggalkan fungsi sebagai kendaraan yang digunakan sehari-hari. Street racing semakin berkembang, kemudahan untuk mendapatkan part pendukung menjadi salah satu alasan utama kenapa ubahan seperti itu banyak digemari.

Dengan konsep street racing, beberapa part tampak sudah tidak ada yang standar lagi, karena sebagian telah diganti dengan part-part racing. Tapi agar tidak salah 'kiblat', ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin membangun mobil beraliran street racing.

Baca juga
Lima Pemain Buangan Chelsea

Pertama, adalah mengatur konsep dan memilih jenis mobil. Harpit Singh, punggawa dari rumah modifikasi di Pekanbaru, Creative Auto Modified berusaha memaparkan, "Untuk pemilihan jenis mobil diutamakan sedan. Karena sedan memiliki ruang cabin yang lebih lega, estetikanya juga lebih bagus. Contoh Honda Civic FD, lebih mudah menyematkan part racing, serta kenyamanan berkendara akan lebih baik."

Ubahan yang dilakukan pertama kali menurut Harpit ada pada sektor mesin. Untuk meningkatkan performanya bisa dilakukan pemasangan turbo, supercharged, hingga ke engine swap.

Setelah itu, lanjut ke bagian eksterior, dimana perubahan dilakukan pada body kit, front bumper, side skirt, rear bumper, penambahan spoiler, penambahan wide body (jika diperlukan) yang mengacu pada lebar velg, melakukan pengecatan ke body dengan warna yang menarik, namun tetap harus memperhatikan perubahan pada body, artinya tidak boleh terlalu ekstrim. Seperti merubah lampu yang pada akhirnya jadi mengganti identitas mobil.

Lanjut ke interior, biasanya Harpit terlebih dahulu melakukan perubahan pada jok depan yang diganti menjadi jok racing, penambahan indikator-indikator racing, dan penambahan rollbar untuk tingkat keamanan.

Selanjutnya yang tidak kalah penting, perubahan dilakukan dengan mengganti sektor kaki-kaki, yaitu pemilihan velg yang sesuai dengan tema. Mengganti suspensi dengan coilover atau air suspension yang dapat menunjang stabilitas mobil saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Untuk melengkapi itu semua baiknya di dukung dengan perangkat sistem pengereman yang bagus, seperti penggantian rem atau kaliper aftermarket (big brake system), dan yang terakhir jangan lupa untuk menambahkan strutbar dan underbrace pada sektor kaki-kaki.

Ubahan terakhir terletak pada sektor audio. Pada artikel sebelumnya sudah pernah dibahas mengenai virus street racing yang kembali mewabah di Tanah Air. Audio merupakan perangkat yang membedakan antara mobil street racing dengan racing.

"Jadi untuk street racing, audio diperlukan untuk kita melakukan show off saat mengikuti kontes modifikasi. Perubahan untuk sektor audio bebas, tergantung dari selera pemilik mobil masing- masing," tutup Harpit.

Baca Juga :
Lamborghini Huracan Mencoba Jalur Offroad

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Ria Afriliani | Editor: Andi Wahyudi | 22 January 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company