image Ban balap Pirelli Diablo Rossi Corsa II Launching ban balap Pirelli Diablo Rossi Corsa II

Ban Balap Underbone dari Pirelli, Ancaman Bagi Kompetitor

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok. Fabrianus Balank, Pirelli | 20 January 2018

uploads/news/2018/01/ban-balap-underbone-dari-75844c69fa90c5e.jpeg

Ban Balap Underbone dari Pirelli

pirelli-ancam-kompetitor-rilis-8329616d8a508d2
pirelli-ancam-kompetitor-rilis-265175b6a266d29
SPORTKU.COM

Pirelli bekerja sama dengan Astra Otoparts melalui PT Evoluzione Tyres meluncurkan ban balap terbarunya, Diablo Rossi Corsa II.

Selama ini Pirelli memang identik dengan ban balap untuk motor-motor sport. Akan tetapi kali ini pabrikan ban yang berkantor pusat di Milan, Italia tersebut meluncurkan ban balap untuk motor-motor bebek atau underbone guna memperluas pangsa pasarnya.

Dengan teknologi ban multi-compound Pirelli yang menggabungkan double compound pada tiga zona di bagian depan dan triple compound yang diaplikasikan pada lima zona di bagian belakang menciptakan kombinasi ban yang ideal untuk para pebalap. Sehingga memberikan sensasi berkendara maksimal.

Tidak hanya itu, profil inovatif, struktur baru yang diperoleh berdasarkan hasil riset dari arena balapan dan desain tapak yang baru, menghasilkan ban sepeda motor yang dapat dipakai di arena balapan dan juga harian. Riset di arena balap pun melibatkan beberapa pebalap nasional.

Salah satu pebalap yang terlibat langsung dalam riset ban Pirelli Diablo Rossi Corsa II adalah Fabrianus Balank. Selama beberapa bulan pebalap berpenampilan nyentrik di sirkuit ini melakukan serangkaian tes dan uji coba di sirkuit-sirkuit balap yang berbeda.

"Saya melakukan riset ban ini selama 6-7 bulan. Yang menjadi kesulitan atau tantangan saat melakukan riset ban Pirelli Diablo Rossi Corsa II adalah bahasa. Karena mereka orang Italia, jadi bahasa Inggrisnya benar-benar harus detail. Salah sedikit mereka gak mau tahu. Terus kalau menurut logika kita gak bisa, tapi menurut mereka bisa," ungkap Balank.

Baca Juga
Aksi Kebut Jonathan Rea di Sirkuit Sentul Pakai New Ninja 250R (Video)

Sebelum resmi diluncurkan, Pirelli Diablo Rossi Corsa II juga sudah diuji coba di beberapa trek di Indonesia. Seperti di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat dan Sirkuit Gery Mang Subang. "Ban ini juga sudah dipakai balap saat Yamaha Cup Race (YCR) Solo 2017 lalu," imbuh Balank.

Menurut Balank, Pirelli Diablo Rossi Corsa II merupakan tipe ban medium hard. Maka tak heran jika durability atau daya tahan ban sangat mumpuni dan terbilang recommended untuk para pebalap. Saat uji coba, catatan waktunya juga sudah tembus 57,2detik, 57,4detik dan yang terbaik bisa di angka 57,0detik oleh pebalap Reynaldy Pradana (Rere).

"Pirelli Diablo Rossi Corsa II memiliki durability yang sangat baik. Selama 30 lap tidak ada masalah, gak ada traksi dan slide. Ban ini cukup berbahaya untuk kompetitor. Ban ini juga tak butuh waktu lama untuk pemanasan. Dari ban baru paling hanya butuh satu lap pemanasan dan langsung bisa digas. Kalau ban lain bisa sampai tiga lap untuk pemanasan," cerita Balank.

Sementara itu, yang terlibat saat riset ban balap Pirelli Diablo Rossi Corsa II juga bukan hanya Balank. Namun juga melibatkan Wahyu Aji Trilaksana serta Rere. "Pertama kali riset sama Wahyu Aji. Tapi saat balapan di YCR Solo 2017 saya sama Rere," tutup Balank.

Pirelli Diablo Rosso Corsa II baru akan mulai diproduksi di pabrik PT Evoluzione Tyre di Subang, Jawa Barat pada bulan Februari 2018 mendatang. Saat ini ban hanya diproduksi dalam satu ukuran 90/80 R17 dengan harga kisaran Rp1,2 – Rp1,5 juta per set.

Baca Juga
Toby Price Bawa KTM Menangi Stage 13 Rally Dakar 2018
Stefer Rahardian: Harapan dan Cita-cita (Video)

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok. Fabrianus Balank, Pirelli | 20 January 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company