image Ott Tanak, pereli baru Toyota Gazoo Racing WRT Erwin Mancha pereli nasional di kelas Retro

Hijrah ke Toyota Gazoo Racing, Ott Tanak Diprediksikan Meraih Kesuksesan

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Toyota Gazoo Racing, SPORTKU | Editor: Andi Wahyudi | 22 January 2018

uploads/news/2018/01/komentar-pereli-nasional-untuk-261096e839bd2b5.png

Ott-Tanak Diprediksikan Sukses

yaris-wrc-2018-36007e9d856ea86
rally-of-celebes-2017-15908494b6b9232
SPORTKU.COM

Mengenai hijrahnya Ott Tanak dari M-Sport ke Toyota Gazoo Racing, pereli nasional ini menyampaikan komentarnya.

Perpindahan pereli Ott Tanak dari M-Sport ke kubu Toyota Gazoo Racing World Rally Team di tahun ini rupanya mengusik perhatian pereli Erwin Mancha. Pereli yang telah malang melintang di ajang reli Indonesia ini memiliki pandangan khusus atas perpindahan Ott Tanak tersebut. Ia menjabarkan beberapa hal mengenai hal tersebut. Seperti adaptasi yang harus dilakukan oleh pereli kelahiran Estonia tersebut.

"Melihat hasil latihan kemarin yang dilakukan Ott Tanak, menurut saya ia harus lebih beradaptasi dengan kendaraan barunya. Hal ini didasari karena perbedaan mobil yang ia gunakan, sebelumnya kan ia pakai Ford, dan sekarang dia menggunakan Yaris yang secara desain jelas berbeda. Saya melihatnya Ott Tanak belum menguasai mobil tersebut dengan baik, masih terlihat sedikit liar dalam mengendalikan mobilnya," komen Erwin Mancha.

Baca juga:
KEMENANGAN CARLOS SAINZ SEBAGAI PERPISAHAN UNTUK TEAM PEUGEOT TOTAL DAKAR

Kendati demikian, adaptasi yang dilakukan memang memerlukan waktu yang cukup lama. Adapun beberapa hal yang harus diadaptasi adalah handling, performa serta dimensi mobil Yaris. Setelah berhasil menguasai, bukan tidak mungkin Ott Tanak bisa menjadi Juara Dunia WRC selanjutnya.

"Kalaupun memang sudah bisa beradaptasi dengan baik, saya merasa dia bisa diperhitungkan untuk menjadi Juara Dunia. Karena memang dia merupakan tipikal fighter, pereli yang tidak mau mengalah dan selalu berusaha untuk memaksimalkan performanya," tambah Abah.

Jelang reli Monte Carlo yang akan berlangsung akhir bulan ini, menurut Erwin, belum bisa bertaruh Ott Tanak akan berhasil. Ada faktor lain yang mendasari prediksinya tersebut.

"Untuk di Monte Carlo, saya rasa belum bisa dibilang sukses atau tidak. Karena waktunya mepet kan akhir Januari ini. Lagipula lintasan aspal juga saya rasa menjadi salah satu faktor ya, pasti akan berbeda dengan rekan satu timnya, Jari Matti Latvala yang sudah hafal dengan karakter Yaris di WRC," imbuhnya.

Baca juga:
KONFIRMASI TIM DAN PEBALAP UNTUK FORMULA 2 2018

Atas perpindahannya Ott Tanak ke Toyota Gazoo Racing WRT ini, maka nama Toyota kembali diperhitungkan oleh rivalnya. Bukan hanya dari kematangan yang disiapkan oleh Mika Hakkinen, melainkan juga dari beberapa pereli lainnya seperti Jari Matti Latvala, Ott Tanak, dan Esapekka Lappi.

"Secara tidak langsung, perpindahan Ott Tanak ke Toyota membuat pesaingnya harus mengantisipasi juga. Hyundai, Ford, dan Citroen juga sudah membaca peta persaingan baru," pungkas pereli senior ini.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Toyota Gazoo Racing, SPORTKU | Editor: Andi Wahyudi | 22 January 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company