Ragam Jenis Fork MTB

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 22 January 2018

Ragam Fork MTB

SPORTKU.COM

Fork atau garpu sepeda menjadi salah satu komponen penting pada sebuah MTB.

Komponen yang menyangga roda depan ini sangat bermanfaat untuk meredam setiap benturan yang terjadi antara ban depan dan permukaan lintasan. Untuk itu pula, semua fork MTB dilengkapi fitur suspensi.

Fork MTB yang beredar di pasaran umumnya terbagi dalam beberapa model dan masing-masing memiliki karakter tersendiri, yang meliputi tipe Cross Country (XC), Trail, All Mountain (AM) atau Enduro dan Downhill (DH).

Hanya saja, setiap pabrikan memiliki kategori yang berbeda. Misalnya, Fox memiliki 4 kategori atau jenis fork, plus 3 model untuk kategori e-MTB. Sementara Sun Tour membagi fork-nya dalam 5 kategori.

Fork MTB memiliki jarak travel yang berbeda. Travel sendiri adalah jarak dari seberapa jauh fork tersebut mampu bergerak turun atau menekan.

Jarak travel sendiri dapat mempengaruhi gaya berkendara seorang rider dan yang lebih penting, adalah tingkat keamanan seorang rider. Artinya, bila seseorang bermain di lintasan Enduro, maka tidak disarankan untuk menggunakan fork tipe XC.

Pada beberapa produk, informasi jarak travel pada fork terdapat di area stanchion (kaki pada fork).

Fork XC
Fork XC memiliki jarak travel yang beragam dan setiap pabrikan bisa memberikan jarak travel yang berbeda. Tapi secara umum, fork jenis ini memiliki jarak travel mulai dari 80 hingga 120 mm.

SR Suntour misalnya, memiliki jarak travel mulai dari 80 hingga 120mm. Sedangkan Fox hanya memiliki 1 jenis, yakni 100mm. Sementara Rockshox menawarkan fork dengan travel yang sama dengan Suntour.

Trail
Fork Trail memiliki travel yang lebih panjang dari XC. Di Suntour, fork trail memiliki travel yang berjarak antara 120 sampai 160mm dan Fox memiliki fork dengan travel 140 hingga 150mm. Rockshox, memiliki fork dengan opsi travel mulai dari 100,110, 120, 130, 140,150, hingga 160mm.

All Mountain (AM)
Kategori ini mirip dengan trail. SR Suntour misalnya, memiliki travel 140 hingga 160mm dan Fox dengan jarak antara 160-180mm

Enduro
Pada genre ini, fork memiliki travel yang panjang atau mendekati fork DH. Fork besutan SR Suntour misalnya, memiliki jarak travel 160 hingga 180mm dan Rockshox dimulai dari 150, 160, 170 dan 180mm.

Khusus pabrikan Fox, mereka tidak memiliki fork pada kategori ini.

Downhill
Fork ini memiliki travel yang paling panjang di antara genre MTB lainnya. Untuk komponen ini, Suntour memiliki fork dengan travel 180 sampai 200mm, Fox dengan 203mm dan Rockshox, dengan 200mm. Fork ini memiliki bobot yang paling berat diantara yang lainnya. 

Baca juga:
DARYL IMPEY JUARA TOUR DOWN UNDER

Baca juga:
MENGENAL KAZUYOSHI MIURA, PESEPAKBOLA TERTUA DI DUNIA

 

Fork XC dari Fox. Fork ini memiliki travel 100mm (Fox)

ragam-fork-mtb-56492bc102e2be2.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 22 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Favorit Juara EWS Ainsa

Favorit Juara EWS Ainsa

ENDURO
Para Slopestyler Bertarung di “Bulan”

Para Slopestyler Bertarung di “Bulan”

FREERIDE & SLOPESTYLE
Brasil-Denmark Juara Dunia XC Marathon

Brasil-Denmark Juara Dunia XC Marathon

CROSS COUNTRY
Batik Air Racing Bidik Podium

Batik Air Racing Bidik Podium

ENDURO

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company