image

Mengenal Bert van Marwijk, Pelatih Baru Timnas Australia

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Voetbal International | Editor: Dedi Hermawan | 25 January 2018

SPORTKU.COM

Bert van Marwijk ditunjuk sebagai pelatih baru Timnas Australia yang akan berlaga di Piala Dunia 2018 mendatang.

Federasi Sepak Bola Australia (FFA) telah mengumumkan bahwa Bert van Marwijk resmi menjabat sebagai pelatih Timnas Australia pada Kamis (25/1). Dengan demikan dirinya akan menukangi Tim Cahill dkk di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Kehadiran van Marwijk di Australia dapat dikatakan kelanjutan tradisi yang dilakukan oleh FDA yang sering mendatangkan pelatih asal Belanda untuk menukangi tim berjuluk Socceroos. Pelatih berusia 65 tahun itu kini tercatat sebagai pelatih asal Belanda ketiga dalam 12 tahun terakhir.

Van Marwijk yang dikontrak jangka pendek, yakni hanya untuk kepentingan Asutralia di Piala Dunia 2018, namun dirinya bukanlah pelatih sembarangan. Pria yang mengawali dunia kepelatihan dengan menukangi Fortuna Sittard pada tahun 1998 itu merupakan salah satu pelatih jempolan.

Can Marwijk pernah menukangi tim besar Eropa sebut saja Borrusia Dortmund, Hamburger SV, dan Feyenoord. Di klub terakhir tersebut, ia sukses memenangkan gelar Liga Europa pada musim 2001/2002 silam.

Baca juga
Kalah, Zidane Main Api?

Tak hanya di level klub, van Marwijk juga sudah kenyang dengan pengalaman melatih tim nasional. Ia sempat menukangi Belanda yang diantarnya menjadi runner up Piala Dunia 2010 dan memiliki rasio kemenangan 65,38 persen dalam empat tahun karirnya dari 2008-2012.

Selain Belanda, van Marwijk juga sempat dipercaya untuk menukangi Timnas Arab Saudi. Di bawah kendalinya, tim tersebut sukses lolos ke Piala Dunia sejak terakhir lolos pada 10 tahun yang lalu.

Dilansir dari The Sydney Morning Herald, Kamis (25/1), terpilihnya van Marwijk sendiri sebelumnya melalui proses yang cukup panjang. Pasalnya, sebelumnya FFA mengaku bahwa mereka juga memiliki opsi untuk mendatangkan pelatih asal Belanda lainnya, yakni Louis van Gaal dan juga pelatih jenius asal Argentina, Marcelo Bielsa.

Van Marwijk dikenal sebagai pelatih yang bermain tanpa omong kosong. Ia sendiri memiliki strategi yang sangat total football, yakni 4-2-3-1 yang diterapkan secara konsisten sepanjang karirnya. Ini menjadi perubahan yang cukup radikal mengingat pelatih Australia sebelumnya, Ange Postecoglou mengunakan formasi 3-2-4-1.

“Saya mengatakan kepada mereka bahwa kita tidak pergi ke Rusia hanya untuk bermain kompetitif, tapi juga saya ingin memenangkan pertandingan," ungkap van Marwijk mantap.

Baca juga
Cita-cita Ahsan di Asian Games

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Voetbal International | Editor: Dedi Hermawan | 25 January 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company