Shohei Matsunaga Ingin Dinaturalisasi Secepatnya

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Pariyono | Editor: Dedi Hermawan | 26 January 2018

SPORTKU.COM

Mantan punggawa Persib Bandung, Shohei Matsunaga mengaku ingin agar proses naturalisasinya dipercepat.

Shohei Matsunaga merupakan salah satu pemain asing top yang bermain di Liga Indonesia. Sejak kedatangannya ke tanah air pada tahun 2011, pesepak bola asal Jepang itu sudah bermain di tiga klub berbeda, mulai dari Persib Bandung, Persiba Balikpapan, dan Persegres Gresik United pernah merasakan servicenya.

Matsunaga sendiri mengaku betah tinggal di Indonesia. Ia bahkan tengah menjalani proses naturalisasi agar ke depannya memiliki kesempatan untuk bisa bermain bagi tim nasional (Timnas) Indonesia.

“Sekarang sudah urus, tapi belum tahu kapan (selesainya),” ungkap Matsunaga kepada wartawan di acara coaching clinic yang digelar klub asal Jepang, FC Tokyo, di cilandak town square, Jakarta Selatan, Kamis (25/1/2018).

Pemain kelahiran Shizouka, Jepang itu juga mengaku bahwa keputusan dirinya untuk bisa menjadi WNI lantaran ia menyukai budaya orang Indonesia yang senang bercanda, yang menurutnya sulit ditemukan di tanah kelahirannya.

“Saya sudah merasa nyaman di sini, saya sudah betah tinggal di sini dan saya senang. Mereka orang Jepang banyak bekerja, dan mungkin mendapat banyak uang tapi mereka tidak senang, karena mereka kerja terus, kalo orang Indonesia, bisa bercanda dan senang-senang. Jepang terlalu serius,” katanya.

Baca juga
Arsenal Disponsori Mata Uang Digital

Pemain berusia 29 tahun itu kini tengah menganggur usai kontraknya tak diperpanjang Manajemen Persib Bandung. Meski demikian, ia mengaku bahwa sudah banyak klub baik dari Indonesia maupun kawasan Asia Tenggara yang menawarkan kontrak padanya.

“Sudah ada dua sampai tiga klub yang menawarkan kepada saya, tapi saya masih tidak bisa bicara sekarang. Saya masih ada pekerjaan dengan duta besar Jepang, itu alasan saya,” ungkap Matsunaga.

“Ada tawaran dari luar Indonesia, tapi karena proses naturalisasi ini saya tidak bisa keluar Indonesia,” sambungnya.

Meski demikian, Matsunaga mengaku bahwa pembinaan sepak bola di Jepang lebih baik ketimbang di Indonesia. Hal ini menurutnya menjadi kunci mengapa Negeri Sakura itu lebih berprestasi di kancah internasional.

“Menurut saya mungkin dari kecil, ada banyak kompetisi regional di Jepang, di Indonesia mungkin ada menurut saya ada tapi tidak benar-benar serius, jadinya susah keluar pemain bagus,” imbuhnya.

Pemain yang sempat menimba ilmu di kesebelasan asal Jerman, Schalke 04 II itu mengaku bahwa alasan lainnya ia ingin dinaturalisasi lantaran Indonesia memiliki kuliner yang ia senangi, yakni sop buntut.

“Paling enak makan sop buntut, di Jepang tidak ada. Di Jepang tak ada restauran sop buntut,” ujarnya.

Baca juga
Aksi Para Pelari Offroad

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Pariyono | Editor: Dedi Hermawan | 26 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Indra Sjafri: Todd Cocok Dicadangkan

Indra Sjafri: Todd Cocok Dicadangkan

FOOTBALL
Kelakuan Pelatih Qatar Mengecewakan

Kelakuan Pelatih Qatar Mengecewakan

FOOTBALL
Alasan Pemain Qatar Mudah Terjatuh

Alasan Pemain Qatar Mudah Terjatuh

FOOTBALL
Kalah, Indra Sjafri Salahkan Bek

Kalah, Indra Sjafri Salahkan Bek

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company