image Lima Pemain Indonesia di Luar Negeri (Fajrin Fathia/Sportku)

Lima Pemain Indonesia yang Bermain di Klub Luar Negeri

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Four-four Two | Editor: Andi Wahyudi | 26 January 2018

uploads/news/2018/01/lima-indonesia-di-luar-488561e78ab9ceb.jpg

Lima Indonesia di Luar Negeri

lima-pemain-indonesia-di-59023a3894a02a9
SPORTKU.COM

Inilah lima pemain Indonesia yang meniti karir di luar negeri pada musim ini, siapa saja?

Nampaknya pemain Indonesia kini sudah mulai dilirik oleh kesebelasan luar negeri. Bahkan tak hanya dilirik, melainkan diberikan kontrak yang nilainya cukup besar lantaran status mereka merupakan pemain asing.

Setidaknya, ada lima pemain Indonesia yang tengah menjalani karir profesional di luar Indonesia. Siapa saja kelima pemain yang dimaksud? Inilah listnya.

Ezra Walian

Ezra Walian memang tak lahir di Indonesia. Ia merupakan pemain berdarah Belanda yang dinaturalisasi pada tahun 2017 lalu lantaran memiliki darah Indonesia yang berasal dari ayahnya.

Besar di Belanda, Ezra dapat dikatakan beruntung lantaran mendapatkan pendidikan sepak bola yang baik. Bahkan yang terbaik lantaran ia merupakan jebolan akademi milik Ajax Amsterdam yang dikenal sebagai salah klub dengan pembinaan pemain usia muda terbaik di dunia.

Meski kontraknya tak diperpanjang Ajax, Ezra tetap bisa berkarir di Eropa dengan bermain untuk klub kasta kedua Liga Belanda dengan memperkuat Almere City . Sejauh ini ia sudah tampil sebanyak 13 pertandingan dan mampu mencetak empat gol. Sebuah pencapaian yang bagus mengingat usianya masih cukup muda, yakni 20 tahun.

Evan Dimas

Nama Evan Dimas pertama kali mencuat ketika sukses mengantarkan Indonesia juara Piala AFF U-19 pada tahun 2013 silam. Posisinya sebagai gelandang bahkan disamakan dengan Ansyari Lubis, pemain top yang pernah membela Timnas Indonesia di era 90-an.

Dianggap sebagai pemain terbaik di generasinya, Evan pun sering berkesempatan untuk trial ke luar negeri. Ia pernah menjalani uji coba di kesebelasan asal Spanyol, UE Llagostera dan juga sempat menjalani latihan bersama Espanyol B selama empat bulan.

Meski gagal meraih kontrak di Eropa, namun penampilan memikat Evan di Indonesia selama dua tahun bermain di Bhayangkara membuat kesebelasan asal Malaysia, Selangor FA tak ragu untuk merekrut di musim 2018.

Ilham Udin Armaiyn

Ilham Udin Armaiyn merupakan pemain yang satu generasi dengan Evan Dimas. Bahkan keduanya tak hanya bahu membahu tak hanya di Timnas Indonesia, tetapi juga di Bhayangkara.

Bila Evan bertugas sebagai dirigen lapangan tengah Bhayangkara FC, Ilham sebaliknya, ia bertugas sebagai pencetak gol bagi klub yang berjuluk The Guardian yang musim 2017 lalu keluar sebagai juara Liga 1.

Baca juga
Shohei Matsunaga Ingin Dinaturalisasi Secepatnya

Nampaknya, Evan dan Ilham ditakdirkan untuk tetap bermain bersama. Terbukti. Mereka didatangkan sepaket oleh Selangor untuk berlaga di Liga Super Malaysia musim 2018 kali ini.

Duet Evan dan Ilham dianggap mampu mengulangi prestasi duet legenda Indonesia di Selangor, yakni Elie Eboi dan Bambang Pamungkas yang sukses mengantarkan tim ini menjuarai Liga Malaysia dan Piala Malaysia.

Ryuji Utomo

Ryuji Utomo merupakan salah satu pemain belakang andalan Indonesia. Ia sukses tampil di Timnas U-19, U-23, sampai senior.

Sejak kecil Ryuji sudah meninggalkan keluarganya untuk menjadi pesepak bola profesional. Ia pernah dikirim ke Uruguay untuk bermain di Deportivo Indonesia baru kemudian balik ke Indonesia dengan membela Mitra Kukar di tahun 2015.

Namun karirnya di Indonesia bersama tim berjuluk Naga Mekes itu cukup singkat lantaran terjadi force majeure. Namun, hal tersebut menjadi berkah bagi Ryuji. Pasalnya, ia bisa menikmati karir sebagai pemain asing di Bahrain bersama Al-Najma.

Kemudian Ryuji kembali lagi ke Indonesia dengan bermain bersama Arema di tahun 2016 dan Persija setahun setelahnya. Penampilan memikat dirinya saat di Persija membuat tim kasta kedua Thailand, PTT Rayong pun mengontraknya, sehingga pemain kelahiran Jakarta itu kembali bermain di luar negeri untuk yang kedua kalinya.

Ferdinand Sinaga

Ferdinand Sinaga merupakan salah satu penyerang top di Indonesia. Pemain berusia 29 tahun itu pernah merah gelar Top Skor Indonesia Primer League musim 2011/2012 dan Asian Games 2014. Ia juga pernah menjadi pemain terbaik Indonesia Super League musim 2013/2014.

Dengan reputasi tersebut, tentu jelas mengambarkan siapa sosok pemain yang merupakan jebolan Persib U-23 itu. Tak heran bila akhirnya, Ferdinand direkrut oleh kesebelasan Kelantan FA musim 2018 ini bersama Bruno Lopes dan Cassio de Jesus yang sebelumnya sama-sama bermain di Liga 1 musim 2017 lalu.

Lima Pemain Indonesia di Luar Negeri

lima-pemain-indonesia-di-59023a3894a02a9.jpg


Baca juga

Infografis Prestasi Yamaha di MotoGP

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Four-four Two | Editor: Andi Wahyudi | 26 January 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company