image Pemain Arab Saudi di Liga Spanyol  (forbesmiddleeast)

Di Balik Eksodus Pemain Arab Saudi ke Liga Spanyol

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Cic Org | Editor: Andi Wahyudi | 28 January 2018

uploads/news/2018/01/pemain-arab-saudi-ke-471360779f30c59.jpg

Pemain Arab Saudi ke Spanyol

pemain-arab-saudi-di-84466b3005148f5
SPORTKU.COM

Arab Saudi mengirimkan sembilan pemain mereka ke Liga Spanyol. Apa tujuannya sesungguhnya?

Kejutan terjadi di bursa transfer musim dingin ini. Sebanyak sembilan pemain yang berasal dari Arab Saudi secara serentak direkrut oleh tujuh klub kontestan Liga Spanyol.

Dari ke-0 pemain tersebut, tujuh di antaranya merupakan pemain yang menjadi langganan Tim Nasional (Timnas) Arab Saudi dan dua sisanya merupakan pemain muda potensial.

Yahya Al-Sheri yang dijuluki Messi Arab Saudi itu bergabung dengan tim Leganes. Pesepak bola berusia 27 tahun itu akan ditemani oleh Marwan Othman yang akan bermain di tim reserves mereka Leganes B di Tercera Division alias Divisi Ketiga Spanyol.

Kemudian Fahad Al-Muwallad yang memiliki julukan The Ceetah direkrut ke Levante. Dan Salem Al Dawsari menjadi pemain terakhir yang berkesempatan tampil di La Liga setelah berlabuh ke Villareal, sementara Jabber Issa bermain di Villareal B yang bermain di Segunda Division atau Divisi Kedua Spanyol.

Kemudian, Nooh Al Mousa ke Real Valladolid, Abdulmajeed Al Sulayhi ke Rayo Vallecano, Ali Al Namer ke Numancia dan terakhir, Abdullah Al Hamdan ke Sporting Gijon. Mereka juga bermain di Segunda Division.

Adapun ke-9 pemain yang melakukan hijrah ke Spanyol itu merupakan hasil dari kerja sama yang dilakukan oleh Federasi sepak bola Arab Saudi (SAFF) dan Otoritas Olahraga Umum Arab Saudi dengan La Liga yang dilakukan pada tahun 2017 lalu.

Ke-9 pemain tersebut akan mendapatkan kesempatan berlaga di kompetisi Liga Spanyol selama enam bulan. Tak hanya itu, secara otomatis mereka juga akan mendapatkan tempaan latihan yang berat di level kompetisi yang tentu lebih baik ketimbang di Arab Saudi.

Baca juga
Manor Racing Kembali ke F1?

Sebagai gantinya, klub-klub yang menampung pemain tersebut tak perlu membayar gaji lantaran bayaran pemain-pemain tersebut ditanggung oleh pihak Arab Saudi.

Tak hanya itu, kehadiran Mohamed Bin Salman, Pangeran Arab Saudi dalam proyek ini juga dianggap penting. Pasalnya, ia dianggap tokoh kunci lantaran mendukung kemitraan ini dengan membeli hak siar televisi La Liga di Arab Saudi.

Mohamed Bin Salman sendiri dikenal sebagai penggila bola. Bahkan beberapa waktu lalu, ia membuat kebijakan yang cukup menyita perhatian dunia lantaran membolehkan perempuan untuk hadir di stadion menyaksikan pertandingan sepak bola secara langsung.

Sebelumnya, Arab Saudi melarang perempuan menyaksikan sepak bola di stadion. Namun, Sang Pangeran yang tengah melakukan refromasi sosial dan ekonomi menghapus kebijakan tersebut lantaran ia memandang bahwa sudah saatnya negaranya itu terbuka kepada dunia dengan tujuan agar Arab Saudi mandiri sedara ekonomi dengan lepas dari ketergantungan pada minyak di tahun 2030 mendatang.

Selain itu gebrakan Mohamed Bin Salman dapat dikatakan telah menghapus dogma di Arab Saudi yang sebelumnya sempat membuat aturan melarang pemain mereka bermain di luar negeri untuk selama-lamanya.

Kehadiran pemain-pemain Arab Saudi juga secara lengsung telah meningkatkan pundi-pundi tim Spanyol yang merekrut pemain tersebut. Dilansir dari Marca, kesebelasan Levante yang merekrut Fahad Al-Muwallad menjadi tim yang paling diuntungkan lantaran pengikutnya melonjak sampai 633 persen. Mereka mendapatkan sebanyak 20 ribu pengikut baru di twittr dan halaman facebook mereka mampu menarik 2 ribu pengguna.

Selain itu, Liga Spanyol telah melengserkan Liga Primer Inggris dan Serie A sebagai liga populer tak hanya di Arab Saudi, tetapi juga di kawasan timur tengah.

Namun tujuan terpenting dari itu semua adalah bahwa kehadiran pemain Arab Saudi di Spanyol adalah sebuah langkah yang dilakukan untuk memompa mental dan fisik pemain yang mayoritas penghuni timnas itu agar bisa lebih siap di ajang Piala Dunia 2018 mendatang.

Pasalnya, Arab Saudi yang lolos untuk pertama kalinya ke Piala Dunia dalam 10 tahun terakhir itu tentu diharapkan tak hanya sekedar numpang lewat saja.

Pemain Arab Saudi di Liga Spanyol (forbesmiddleeast)

pemain-arab-saudi-di-84466b3005148f5.jpg


Baca juga

Messi Ambil Positif Kehilangan Neymar

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Cic Org | Editor: Andi Wahyudi | 28 January 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company