image Ott Tanak, pereli Toyota Gazoo Racing WRT Ott Tanak pereli baru Toyota Gazoo Racing WRT Toyota Yaris WRC pacuan Ott Tanak di WRC 2018

Dominasi Toyota Gazoo Racing Mengancam M-Sport di WRC 2018

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Redbull Content Pool | Editor: Dedi Hermawan | 29 January 2018

uploads/news/2018/01/toyota-gazoo-racing-mengancam-14274841417a4fd.jpg

Toyota Gazoo Racing Mengancam M-Sport

wrc-monte-carlo-2018-2049449e3f89d03
wrc-monte-carlo-2018-50392a5ad54afeb
wrc-monte-carlo-2018-45553e8a57d4fa4
SPORTKU.COM

Meski Sebastien Ogier sukses merajai WRC Monte Carlo 2018, kehadiran Toyota Gazoo Racing patut diperhitungkan sebagai ancaman baru.

Berdasarkan hasil balapan WRC Monte Carlo 2018 yang berakhir akhir pekan kemarin (28/1), Ogier, terus mempertahankan rekornya dengan tidak terkalahkan selama lima seri berturut-turut di Monte Carlo. Kendati demikian, pereli kelahiran Prancis ini patut mewaspadi pergerakan yang ditunjukan oleh rival utamanya dari kubu Toyota Gazoo Racing World Rally Team.

Bagaimana tidak, dalam tiga podium tertinggi, meski Sebastien Ogier berada di puncak podium, namun dominasi Toyota Gazoo Racing tidak dapat diindahkan begitu saja. Secara keseluruhan, Sebastien Ogier berada di podium pertama, Ott Tanak di podium kedua, dan Jari-Matti Latvala mengisi podium ketiga. Antara Sebastien Ogier dan Ott Tanak masing-masing menguasai empat SS. Namun memang di akhir balapan catatan waktu Ogier-lah yang paling cepat. Ogier meninggalkan Ott Tanak dengan pautan waktu 58,3 detik.

Baca juga:
SEBASTIEN OGIER TAK TERKALAHKAN DI MONTE CARLO 2018

Keperkasaan Ogier di ajang reli memang tidak usah diragukan lagi. Justru sebaliknya, tanggapan pesimis kepada Ott Tanak yang tahun ini resmi berseragam Toyota Gazoo Racing WRT, mulai menunjukan sinyalamen positif. Seperti yang pernah diungkapkan oleh pereli senior Tanah Air, Erwin Mancha, bahwa Ott Tanak tahun ini bisa diprediksikan sebagai ancaman bagi Ogier. Bahkan, pereli retro ini juga memperkirakan Ott Tanak bisa merebut gelar Juara WRC 2018.

Memang hal tersebut masih belum bisa diprediksikan mengingat balapan baru berjalan satu putaran. Masih ada beberapa putaran lagi yang harus dihadapi oleh Ogier dan Ott Tanak sepanjang musim ini. Melihat prestasi awal Ott Tanak yang mampu mengangkat derajat Toyota Gazoo Racing WRT, sudah sepatutnya M-Sport mulai berbenah diri untuk menyiapkan strategi baru. Jika melihat selisih waktu yang diciptakan antara Ogier dan Ott Tanak dalam laga kemarin memang belum terpaut jauh, biasanya jarak antara pebalap hanya terpaut sekitar 10 detik!

Baca juga:
HASIL KEJURNAS ESHARK ROK CUP INDONESIA 2018 PUTARAN 1

Sebagai pereli nasional yang kerap memantau gelaran WRC, Abah (sapaan Erwin Mancha) menganggap pertarungan Ogier dan Ott Tanak di atas salju memang menampilkan kelas dunia. "Yang dilawan oleh Ott Tanak ini adalah juara 5 kali Monte Carlo. Ott Tanak menurut saya sudah gila mengendarai mobilnya. Namun Sebastien Ogier cukup pintar dalam mengatur strateginya, dia tahu kapan harus bermain aman dan harus gaspol habis," ungkap Abah.

Tantangan selanjutnya yang harus dihadapi oleh jagoan baru Toyota Gazoo Racing WRT ini adalah reli Swedia yang akan berlangsung 15 hingga 18 Februari mendatang. Lintasan salju masih akan menjadi lintasan yang harus dilewati oleh seluruh pereli. Di sinilah kepiawian Ott Tanak kembali diuji bersama Toyota Yaris WRC. Menurut Anda, seperti apa perlawanan Ott Tanak di Swedia mendatang?

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Redbull Content Pool | Editor: Dedi Hermawan | 29 January 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company