image

Tokoh Sentral MotoGP Australia Ron Walker Meninggal Dunia

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 31 January 2018

SPORTKU.COM

Dunia balap MotoGP kembali berduka dengan meninggalnya Ron Walker, Selasa (30/1).

Mantan kepala Australian Grand Prix Corporation (AGPC) meninggal pada usia 78 tahun. Walker yang juga merupakan mantan Wali Kota Melbourne tersebut meninggal setelah lama berjuang melawan penyakit kanker yang dideritanya. 

Lahir pada tanggal 15 September 1939 silam, Walker menjabat sebagai Kepala AGPC selama lebih dari dua dekade. Dirinya juga memiliki dampak luar biasa terhadap perkembangan motorsport di Australia, termasuk Australian Motorcycle Grand Prix. Dia meninggalkan jabatannya di AGPC pada tahun 2015 setelah 22 tahun memimpin.

Selain mendedikasikan hidupnya pada dunia balap, pemilik nama lengkap Ronald Joseph Walker adalah seorang pengusaha Australia yang terkenal dengan karyanya dalam mengelola acara olahraga. Dia juga terlibat dengan pengembangan properti dan perusahaan media.

Baca Juga
Erzhet Motorsport, Penuhi Kebutuhan Anak Balap

Walker lahir sebagai putra dari seorang supervisor senior Hoyts Cinema. Ia memulai bisnis pertamanya di halaman belakang rumahnya di Collingwood, membuat deterjen pencuci piring dan mobil. Walker juga pernah menjadi seorang penjual koran yang mangkal di stasiun kereta.

Karir Walker terus menanjak hingga dia juga menginjakkan kakinya di dunia politik. Terpilih menjadi Dewan Kota Melbourne pada tahun 1969. Hingga naik tahta menjadi Wali Kota Melbourne selama periode 1974 sampai 1976. Walker menjadi tokoh Partai Liberal yang menonjol dengan jabatannya sebagai bendahara dari tahun 1987 sampai 2002.

Pada tahun 1988, ia diangkat sebagai Commissioner untuk Melbourne 1996 Olympics. Hubungan akrabnya dengan Liberal Victorian Premier, Jeff Kennett, membantu Walker menjadi Ketua AGPC.

"Mantan kepala Australian Grand Prix Corporation Ron Walker telah meninggal dunia pada usia 78 tahun. MotoGP mengucapkan belasungkawa sepenuh hati kepada keluarga," tulis MotoGP pada situs resminya.

Baca Juga
Sosok Ayah Jadi Inspirasi Irvansyah Putra Lubis Terjun ke Balap
Menanti Kedatangan Pedrosa dan Marquez ke Indonesia

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 31 January 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company