image

Rasisme dan West Ham United

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Newshub | Editor: Andi Wahyudi | 1 February 2018

SPORTKU.COM

Sebuah kabar mengejutkan datang dari West Ham United. Mereka dilaporkan melakukan tindakan rasisme terhadap para pemain asal benua Afrika.

Kabar tersebut datang usai email antara Direktur Olahraga, Tony Henry, muncul ke hadapan publik. Dalam email tersebut Henry mengatakan kepada agen pesepakbola agar tidak memasok pemain benua Afrika kepada West Ham United. Henry mengatakan bahwa pemain-pemain asal Afrika kerap menyebabkan kekacauan. 

Berikut ini merupakan ucapan Henry dalam email tersebut seperti dikutip Daily Mail. “Kami tidak ingin orang Afrika lagi. Kami punya tiga pemain dan merasa sudah cukup, tidak ada lagi pemain Afrika. Ini tidak berkaitan dengan rasis. Terkadang mereka bisa memiliki sikap yang buruk. Kami punya masalah dengan Sakho, dan Diafra Sakho. Kami menemukan bukti jika mereka kerap membuat kekacauan".

Hal itu pun diperkuat oleh Diafra Sakho yang baru saja meninggalkan The Hammers menuju Rennes. Hal itu terlihat dari postingan di jejaring sosial snapchat milik pemain berusia 28 tahun tersebut. “Ya memang benar jika West Ham tidak menginginkan pemain berkulit hitam. Sekarang semua orang tahu alasan saya ingin meninggalkan klub karena mereka tidak ingin pemain berkulit hitam," tulis Sakho

 

Baca Juga:
Ducati Berat Hati Jika Harus Naikkan Gaji Lorenzo dan Dovizioso

Kasus rasisme di tubuh West Ham United yang kian parah sebenarnya sudah lama terjadi. Hal ini muncul saat mereka menghadapi Tottenham Hotspur di Premier League 2007 silam. Seperti diketahui jika mayoritas penggemar Spurs merupakan warga Yahudi. Dan saat kedua tim bertemu penggemar West Ham meneriakaan yel-yel anti Yahudi yang berujung sanksi dari FA.

Selanjutnya, ada Carlton Cole yang sempat membela Persib Bandung di Liga 1 musim lalu. Ia menerima perlakuan rasis dari pendukung The Hammers pada 2012 lalu. Dan kini perilaku rasis makin menjadi-jadi dalam tubuh klub yang berbasis di London Barat ini. Sangat menarik tentunya karena meski dirundung masalah rasisme, West Ham memiliki enam pemain utama keturunan Afrika saat ini. Diantaranya, Cheikhou Kouyate, Pedro Obiang, Joao Mario, Angelo Ogbonna, Arthur Masuaku. dan Edmilson Fernandes.

Masalah rasisme memang hal klasik yang sudah terjadi sejak lama. Tentu saja untuk mengatasi hal ini diperlukan perhatian ekstra dari pihak terkait agar tidak ada lagi rasis di masa depan. Karena seperti kita semua tahu bahwa sepak bola adalah olahraga milik semua orang. 

 

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Newshub | Editor: Andi Wahyudi | 1 February 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company