image

Sanksi Enam Bulan untuk Chapron

Text : Aga Buge Katiara | Editor: Dedi Hermawan | 2 February 2018

SPORTKU.COM

Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) secara resmi menjatuhkan sanksi selama enam bulan kepada wasit Tony Chapron atas ulahnya menendang pemain Nantes.

Kejadian kontroversial terjadi saat Chapron memimpin laga Ligue 1 antara Nantes kontra Paris Saint-Germain (PSG) pertengahan Januari lalu. Saat itu, salah satu pemain Nantes, Diego Carlos secara tak sengaja menabrak Chapron hingga terjatuh ketika berupaya menahan serangan PSG. Tapi kejadian tidak terduga akhirnya muncul.

Chapron justru membalas perbuatan Carlos dengan coba menekelnya meski tidak mengenai kaki. Sangat menarik karena usai kejadian ini, wasit berkepala plontos tersebut justru memberikan kartu kuning kedua kepada Carlos karena mengajukan protes. Usai laga, Presiden Nantes, Waldemar Kita langsung melayangkan protes. Ia menilai hal seperti itu tidak seharusnya dilakukan oleh offisial pertandingan.

“Ini adalah lelucon. Jujur saja, seluruh Eropa tertawa jika melihat kejadian seperti ini. Dialah (Chapron) yang seharusnya mendapat kartu merah,” ujar Kita dilansir The Sydney Morning. 

Kemudian, Otoritas Liga Prancis (LFP) langsung meninjau kajadian ini dan memutuskan mencabut hukuman kartu merah dari Carlos. Meski sebelumnya Chapron sudah mengajukan permintaan maaf secara terbuka. “Jelas gestur ini sangat tidak tepat dan saya ingin menyampaikan permintaan maaf kepada Carlos atas tindakan ini," ungkap Chapron seperti dinukil Goal.

Baca Juga:
Rasisme dan West Ham United

Namun, ungkapan maaf tersebut tidak bisa menghindari Chapron dari hukuman berat yang sudah menanti, yaitu sanksi selama enam bulan. Seperti diungkapkan oleh Ketua Komisi Wasit Prancis, Pascal Garibian. 

“Kami sudah mencatat keputusan Komite Disiplin dari Liga Sepak Bola Profesional. Ia akan menjalani skorsing selama enam bulan. Kemudian Tony Chapron bisa kembali lagi dan harus bertemu Komite Wasit untuk menunjukkan akan memimpin laga Ligue 1 atau Ligue 2,” kata Garibian dikutip Soccerway.

Kejadian wasit yang menendang pemain ini memang cukup unik. Karena biasanya pemain yang melakukan pelanggaran kepada wasit. Semoga saja dengan hukuman ini tidak ada lagi wasit lain yang bertingkah sama seperti Tony Chapron.

Baca Juga:
Sensasi Petualang Honda CRF150L

Text : Aga Buge Katiara | Editor: Dedi Hermawan | 2 February 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company