image

Pellegri Ke Monaco Sudah Tepat

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Yahoo Sports | Editor: Andi Wahyudi | 4 February 2018

SPORTKU.COM

Inilah Alasan Mengapa Keputusan Pietro Pellegri pindah dari Genoa ke AS Monaco merupakan hal yang tepat.

Juventus harus gigit jari lantaran gagal merekrut wonderkid asal Genoa, Pietro Pellegri. Pemain berusia 16 tahun tersebut memilih hengkang ke Ligue 1 dengan bermain bersama kesebelasan AS Monaco.

Monaco sendiri harus merogoh kocek sebesar 20 juta euro atau sekitar Rp329,639 miliar untuk menebus kepemilikan Pellegri dari Genoa. Bahkan, klub asal Prancis itu dibebankan biaya tambahan sebesar 5 juta euro lagi tergantung performa sang pemain di klub barunya tersebut.

Banyak yang menganggap keputusan Pellegri ke Monaco adalah keputusan yang tepat. Pasalnya, klub yang bermarkas Stadion Louis II itu dikenal sebagai klub yang mempercayakan pemain muda untuk tampil reguler.

Musim lalu dapat dikatakan contoh bagaimana Monaco sukses mengorbitkan pemain sekaliber Kylian Mbappe yang akhirnya ditaksir oleh Paris Saint-Germain (PSG) dengan harga beli sebesar 180 juta euro atau sekitar Rp2,81 triliun.

Bila masih kurang, nama tenar seperti James Rodriguez juga merupakan pemain muda yang sukses menjelma menjadi pemain bintang dan membuat Real Madrid harus mengeluarkan biaya sebesar 80 juta euro atau Rp1,2 triliun untuk merekutnya pada tahun 2014 lalu.

Kisah Sukses Marco Verratti

Keputusan Pellegri bermain di Prancis barangkali terinpirasi oleh Marco Verratti. Pesepak bola asal Italia yang sukses berkarir bersama PSG dengan memenangkan banyak gelar dan selalu tampil reguler di Tim Nasional (Timnas) italia.

Uniknya, Verrati –pemain yang ditransfer oleh PSG dari Pescara pada tahun 2012 lalu itu—belum pernah menikmati karir di Serie A. Ia ditransfer oleh klub kaya sal Prancis tersebut setelah sukses membawa Pescara promosi ke Serie A.

Sementara, Pellegri dapat dikatakan berada di posisi lebih baik. Ia sudah bermain di liga tertinggi di Italia itu dalam usia yang masih dapat dikatakan belia. Bahkan, dirinya sukses menyamai rekor Amedeo Amadei pada dua musim lalu sebagai pemain termuda yang menjalani debut di Serie A.

Di musim ini, Pellegri yang meski masih mendapatkan sedikit jatah bermain sudah menunjukan tanda-tanda sebagai pemain hebat. Hal itu dibuktikan di mana Ia sukses mencetak dua gol dalam enam laga di Serie A.

Baca juga
Ban Balap Untuk Formula E

Bermain bagi Monaco pun dapat dikatakan membuat peluang lebar bagi Pellegri untuk bisa mengikuti turnamen besar macam Liga Champions. Bila bertahan di Genoa—yang notabene merupakan tim kecil—tentu akan sulit mewujudkan hal tersebut.

Sementara, bila memilih ke Juventus, Pellegri mungkin akan kesulitan mendapatkan tempat utama. Pasalnya, barisan depan Si Nyonya Tua saat ini sudah dihuni oleh striker papan atas dunia macam Gonzalo Higuain, Paulo Dybala, Mario Mandzukic sampai Federico Bernardeschi.

Barangkali, Pellegri hanya akan dipinjamkan ke tim Serie B atau tim Serie A yang sedang berjuang menghindari degradasi. Hal tersebut dianggap bukan media yang layak untuk mengembangkan potensi.

Keuntungan Berganda Monaco

Dapat dikatakan, mendatangkan Pellegri merupakan investasi jangka panjang bagi Monaco untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Hal tersebut terbukti bila menilik dari kebiasaan mereka menjual pemain bintangnya.

Musim 2017/2018 misalnya. Mereka mendapatkan untung sebesar 179 juta Euro hasil dari penjualan sembilan pemainnya. Benjamin Mendy merupakan pemain yang dijual dengan harga paling tinggi dengan biaya sebesar 51 juta euro—Mbappe tidak dihitung lantaran dana transfer baru akan dibayar musim depan oleh PSG.

Bukan tidak mungkin, harga jual Pellegri akan melambung di kemudian hari dan tentunya menjadi sebuah keuntungan berganda bagi Monaco. Namun, pertama-tama mereka juga dituntut untuk bisa memaksimalkan kemampuan pemain barunya itu.

Baca juga
Lima Pengumuman Pemain Baru Terunik

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Yahoo Sports | Editor: Andi Wahyudi | 4 February 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company