Haridarma Manoppo Bicara Tentang Generasi Pebalap Gokart Zaman Now

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Sonny Hastara, Harsya Fikmazi | Editor: Dedi Hermawan | 5 February 2018

Generasi Gokart Zaman Now

SPORTKU.COM

Perkembangan peserta kejuaraan gokart di Tanah Air, Haridarma Manoppo, punya pandangan sendiri. Seperti apa menurut Juara Nasional ITCC 2017 ini?

Bicara mengenai regenerasi pebalap gokart Tanah Air, memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyaknya pebalap baru yang terjun ke dunia ini terus bertambah dari tahun ke tahun. Meskipun demikian, penyusutan pebalap juga memang tidak bisa dihindari. Kendati demikian, Haridarma Manoppo, Manager Sirkuit Gokart Sentul, ikut buka suara mengenai regenerasi tersebut.

Baca juga:
GREYSIA/APRIYANI JUARA DI INDIA TERBUKA 2018

Saat ditemui di sela-sela Kejuaraan Nasional Eshark Rok 2018 beberapa waktu lalu, Hari, mengungkapkan pendapatnya mengenai regenerasi tersebut. Bercermin dari banyaknya peserta di kelas Cadet Rok dan Mini Rok, Hari, merasa sudah sangat bagus perkembangan generasi gokart di Tanah Air. "Dari kedua kelas yakni Cadet dan Mini Rok, tahun ini total peserta ada 29 orang, itu kan masuk kategori banyak, itu adalah suatu kemajuan," buka Haridarma dalam bincang-bincangnya.

Dari total 29 peserta di dua kelas tersebut, Hari, merasa optimis bahwa ini akan menjadi sebuah trend yang positif untuk industri balap gokart ke depannya. "Sekarang begini, kalau dari kelas yang kecil tadi ada banyak, mudah-mudahan anggap aja mereka akan balap terus, dan kita sudah punya prediksi tahun depan kelas di atasnya akan ramai lagi," tambah Hari.

Baca juga:
USAI MENGETES MOBIL RELI VOLKSWAGEN R5, PETER SOLBERG KATAKAN INGIN KEMBALI RELI

Kendati demikian, Hari juga tidak menampik bahwa generasi gokart memang terbilang sulit. Hal yang paling mendasar adalah karena barang-barang yang digunakan pada gokart semuanya masih mengandalkan barang dari luar negeri. Sehingga, dengan begitu, calon pebalap gokart atau pegokart tersebut sedikit terbentur dengan faktor ekonomi.

"Gokart ini kan semua barangnya import, jadi pengaruh terhadap nilai tukar rupiah sangat menentukan. Terlebih nilai tukar Rupiah terhadap Euro, karena barang-barang gokart ini berasal dari Euro. Kalau ternyata perekonomian Indonesia lagi anjlok, harga meningkat, dan menyebabkan kurang ramainya peserta yang ikut serta," tandas Haridarma.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Sonny Hastara, Harsya Fikmazi | Editor: Dedi Hermawan | 5 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Hamilton Juara GP Brasil 2018

Hamilton Juara GP Brasil 2018

FORMULA 1
Momen Dramatis Hamilton di Brasil

Momen Dramatis Hamilton di Brasil

FORMULA 1
Sebastian Vettel Kena Tegur FIA

Sebastian Vettel Kena Tegur FIA

FORMULA 1
Hamilton Raih Pole Position Kesepuluh

Hamilton Raih Pole Position Kesepuluh

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company