Dorna Pangkas Jumlah Lap di MotoGP 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : Michelin | 6 February 2018

SPORTKU.COM

Tujuh seri dari musim MotoGP 2018 akan dipersingkat durasinya atau dikurangi jumlah lapnya.

Dorna Sports memang akan menambah jumlah seri balap MotoGP 2018. Dari sebelumnya hanya 18 seri, maka di MotoGP 2018 bertambah menjadi 19 seri. Namun ada pertaruran baru yang diumumkan oleh Dorna. Di mana pihaknya akan mengurangi jumlah lap dari beberapa balapan.

Balapan dengan durasi yang cukup lama hingga beberapa lap memang tidak hanya membutuhkan skill. Namun yang paling utama juga soal kekuatan fisik dari pebalapnya itu sendiri. Apalagi di ajang MotoGP yang juga memiliki tingkat persaingan cukup sengit. Kekuatan fisik antar pebalap tentu berbeda.

Sementara itu, keputusan pengurangan jumlah lap diambil menyusul saran beberapa pebalap di Komisi Keselamatan. Beberapa pebalap menganggap jarak balapan terlalu lama. Selain di Kelas MotoGP, pengurangan jumlah lap juga akan terjadi di 9 balapan Moto2 serta di 7 balapan Moto3.

Di Kelas MotoGP sendiri, MotoGP Austin,, Le Mans, Barcelona, Brno, dan Misano akan berkurang satu lap. Sedangkan di MotoGP Jerez akan berkurang 2 lap. Sementara di MotoGP Valencia akan berkurang tiga lap.

Aturan ini meluncur satu tahun sebelum Dorna juga nantinya akan menambah satu kelas lagi di MotoGP 2019 yaitu FIM Moto-e World Cup. Dengan masuknya Kejuaraan Dunia Motor Listrik tentu nantinya juga akan menambah jadwal menjadi semakin padat.

Baca Juga
Honda Ubah Formasi Crosser di MXGP 2018
10 Pebalap Jebolan Formula 1 Yang Hijrah Ke Formula E

Revised MotoGP race distances:

Race2017 distance2018 distance
Austin 21 laps 20 laps
Jerez 27 laps 25 laps
Le Mans 28 laps 27 laps
Barcelona 25 laps 24 laps
Brno 22 laps 21 laps
Misano 28 laps 27 laps
Valencia 30 laps 27 laps

Text : Suhartono | Photo / Video : Michelin | 6 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Rheza Perpanjang Sejarah ARRC

Rheza Perpanjang Sejarah ARRC

ARRC
Highlights ARRC Sentul 2018

Highlights ARRC Sentul 2018

SUPERBIKE
‘Penonton Bayaran’ ARRC Sentul

‘Penonton Bayaran’ ARRC Sentul

ARRC
Yudhistira Kena Tipu Tim Italia

Yudhistira Kena Tipu Tim Italia

SUPERBIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company