image

Dikompetisikan Dalam Asian Games, Yuk Tengok Sejarah Olahraga Memanah

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : RPI Archery | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: asiangames2018.id | 8 February 2018

SPORTKU.COM

Dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Asian Games, memanah merupakan salah satunya. Seperti apa sejarah olahraga tersebut?

Memanah memang bukan sekedar olahraga, sama seperti golf yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Namun tahukah Anda bahwa sejarah awal dari memanah adalah ditujukan untuk berburu, bukan untuk berolahraga.

Disebutkan aktivitas memanah ini pertama kali dilakukan oleh bangsa Mesir kuno untuk berperang dan berburu. Namun saat memasuki masa Dinasti Shang (1766 - 1027 SM) kegiatan seperti ini menjadi semakin besar dan diteruskan hingga masa pemerintahan Dinasti Zhou (1027 - 256 SM) yang mulai menjadikan memanah sebagai bagian dari olahraga mereka.

Setelah mejalani beberapa fase, olahraga ini pun mulai masuk ke dalam budaya Jepang. Di negara matahari terbit tersebut, busur dan anak panah yang digunakan untuk memanah juga menjadi bagian dari sebuah seni bela diri Jepang yang bernama Kyujutsu atau yang saat ini dikenal dengan Kyudo. Dalam praktiknya, kyudo modern diaplikasikan sebagai metode pengembangan fisik, moral, dan spiritual.

Baca juga:
TOYOTA GAZOO RACING "NYOLONG START" LATIHAN UNTUK WRC SWEDIA 2018

Setelah melakukan serangkaian ritual, unuk memulai Kyudo pemanah harus berdiri di shooting line yang telah ditentukan, kemudian memanah dari jarak 28 meter menuju papan target yang telah disediakan dengan diameter 36cm. Adapun kriteria busur yang digunakan untuk memanah adalah memiliki panjang 2.21 meter dan dibuat dari lapisan bambu serta kayu.

Olahraga ini juga sempat fenomenal dengan dirilisnya film Robin Hood yang menggunakan panah sebagai senjata andalannya. Di samping itu, dalam mitologi Yunani juga ikut memberikan buku sebagai referensinya yakni The Odyssey: Book 21 yang mengabadikan sosok bernama Odysseus yang dikenal andal dalam memanah.

Baca juga:
KOMPON BAN HYPER SOFT FORMULA 1 DIKLAIM LEBIH CEPAT

Singkat cerita, memanah akhirnya dijadikan sebuah kompetisi pertama kalinya di Finsbury, Inggris, pada tahun 1583. Saat itu jumlah partisipan cukup banyak dengan menyertakan sebanyak 3.000 orang.

Mulai dari situlah akhirnya memanah menjadi pertandingkan olahraga di beberapa ajang kompetisi, seperti salah satunya adalah Asia Games. Jepang dan Korea Selatan menjadi dua negara yang memiliki poin tertinggi pada ajang ini selama Asian Games digelar.

Di Indonesia sendiri olahraga ini juga memiliki sejarah tersendiri. Seperti apa sejarah memanah di Indonesia? Tunggu ulasan lengkapnya di SPORTKU.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : RPI Archery | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : asiangames2018.id | 8 February 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company