Jisel, Wanita Penakluk Borneo

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok. Jisel | Editor: Andi Wahyudi | 8 February 2018

SPORTKU.COM

Tak banyak bikers yang sanggup menempuh perjalanan dengan sepeda motor hingga menempuh jarak ribuan kilometer selama beberapa hari.

Bagi bikers wanita, berkendara atau touring jarak jauh dengan sepeda motor mungkin perlu berpikir lama sebelum melakukannya. Namun hal ini tak berlaku bagi Ajisela Agripina, akrab disapa Jisel. Bikers wanita yang juga member Kawasaki Ninja Club (KNC) Jakarta itu baru saja merampungkan misinya dalam penjelajahannya di Kalimantan.

Setelah dinobatkan sebagai Castrol Power1 Legendary Bikers Indonesia (LBI) 2017, Jisel berkeinginan untuk menyelesaikan misinya dalam Indonesian Adventuress (Petualang Perempuan Indonesia) dengan sepeda. Mengusung tema ‘Wilderness Of Borneo in 15 Days’, perjalanan ini dirampungkan selama 23 hari dengan total jarak tempuh sejauh 4.175 kilometer.

Dari Jakarta, Jisel riding menuju Semarang. Dengan kapal laut dia menuju Pontianak. Kali ini dia bersama timnya yang terdiri dari Bro Adi Aghoy (Field Fixer/Naturalist), Bro Oyik Hart (Videographer/Photographer) dan Bro Gelly ( Drone Master/Documentary Support).

Sesampainya di Kalimantan, Jisel mengawali misinya ini dari Tugu Khatulistiwa (Equator Monument) Pontianak Utara, Kalimantan Barat pada tanggal 25 November 2017. Dipilihnya Kalimantan sebagai misi pertamanya karena masih sangat sedikit biker, bahkan belum ada lady biker yang mampu menghadapi liarnya alam Pulau Borneo ini.

Sekitar 20 hari lamanya setelah menjelajah liarnya alam Borneo, Jisel menjelaskan bahwa Kalimantan sangat lengkap untuk yang hobi motoran, traveling sekaligus adventure. Karena di sini ada paket komplit untuk berpetualang, mulai dari jalan mulus dengan tikungan tajam sampai jalanan rusak sekalipun bisa ditemui.

Baca Juga
Lorenzo Mengaku Cocok dengan Ducati Desmosedici GP18

"Kita harus melewati hutan atau perkebunan kelapa sawit yang sangat luas tanpa adanya plang penunjuk arah serta tidak ada signal GPS atau orang untuk dimintai petunjuk. Kita pun harus kuat mental saat melintasi beberapa daerah yang hutannya itu masih sangat kuat energi supranatural atau berbau mistis,” terang Jisel.

Dalam misinya ini Jisel telah menjelajah mulai dari Pontianak-Sekadau-Semitau-Badau-Lanjak-Putussibau-Sintang-Sosok-Tayan-Sandai-Lamandau-Pangkalan Banteng-Sampit-Palangkaraya-Banjarmasin-Amuntai-Penajam-Balikpapan-Explore BOS (Borneo Orangutan Survival)-Balikpapan-Barabai-Banjarbaru-Explore Pasar Terapung dan finish di Banjarmasin. Lalu dengan kapal laut menuju Surabaya, kemudian kembali ke Jakarta.

Menurut Jisel perjalanan yang paling berkesan dan mendebarkan ketika dari Semitau menuju Badau Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Jarak tempuh sekitar 97 kilometer, ditambah harus menyeberangi sungai besar menggunakan transportasi sungai (Ponton) untuk bisa tiba di hutan sawit.

“Pada dasarnya selama menjalankan misi ini semuanya sangat mengesankan, mulai dari serunya kerjasama tim pendukung, rute perjalanan yang tidak akan pernah ditemukan dimanapun, kemudian menemukan karakter dan kebiasaan orang-orang yang baru, pokonya banyak cerita yang nggak akan bisa dilupakan,” lanjut Jisel.

Ada pengalaman menarik Jisel selama dalam perjalanan. Dengan penampilannya yang lengkap menggunakan helm full face dan full safety gear ala bikers, maka banyak yang mengira jika dirinya adalah seorang pria.

Baca Juga
MotoGP Listrik Dijadwalkan 5 Seri
Second Striker Buat Hanis Nyaman di Bali United

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok. Jisel | Editor: Andi Wahyudi | 8 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Defia, Antara Taekwondo dan PNS

Defia, Antara Taekwondo dan PNS

PROFILE
Hardianus, Putera Kutai Andalan SM

Hardianus, Putera Kutai Andalan SM

PROFILE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company