image

Lima Klub Milik Sheikh Mansour

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Fajrin Fathia | Editor: Andi Wahyudi | 11 February 2018

SPORTKU.COM

Tak hanya Manchester City, Sheikh Mansour masih memiliki empat tim lain yang merupakan miliknya. Klub mana saja?

Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan atau yang dikenal dengan Sheikh Mansour merupakan Politikus sekaligus Milyuner dari Uni Emirat Arab dan anggota keluarga penguasa Abu Dhabi (UEA). Selain menjabat sebagai wakil perdana menteri UAE, ia juga merupakan seorang pengusaha yang sukses.

Lewat salah satu badan usaha miliknya, Abu Dhabi United Group (ADUG) yang berinvestasi lewat bidang olahraga. Ia pun sukses mengakuisisi kesebelasan kontestan Liga Primer Inggris, Manchester City pada September 2008 dengan biaya sebesar 210 juta poundsteling atau sekitar Rp 3,6 triliun.

Kemudian, pada tahun 2014, kegilaan Sheikh Mansour pada sepak bola membuat ia membangun badan usaha yang membawahi sejumlah klub di dunia bernama City Football Group (CFG).

Lewat kapitalisasi kata City, Sheikh Mansour pun kini total memiliki lima klub. Berikut daftar klub milik saudara tiri Presiden UEA, Khalifa bin Zayed Al Nahyan:

Manchester City

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa City merupakan klub pertama yang dimiliki oleh Sheikh Mansour. Kehadiran pria berusia 47 tahun tersebut pun membuat klub tersebut dalam sekejap menjadi tim kaya raya dan sukses mendatangkan deretan pemain bintang.

Selama dalam kekuasaan Sheikh Mansour, City sukses menangkan enam gelar, satu gelar Piala FA, dua gelar Liga Primer Inggris, satu gelar Piala Community Shield, dan dua Gelar Piala Liga.

New York City FC

New York City FC (NYFC)menjadi tim kedua yang dipunyai oleh Sheikh Mansour. Hal tersebut ditandai dengan penunjukan Ferran Soriano sebagai CEO pada Agustus 2012 dan dibantu oleh Don Garber. Akhirnya pada 7 Mei 2013, klub ini masuk dalam franchise MLS ke-20.

Meski tim baru, NYFC pun banyak dihuni pemain bitang. David Villa, Frank lampard, dan Andrea Pirlo pernah tercatat bermain di tim yang juga ditukangi mantan pemain kenamaan bernama Patrick Vieira.

Baca juga
Aktivitas Balap Subaru di 2018

Melbourne City FC

Tim ketiga yang diakuisisi oleh Sheikh Mansour adalah Melbourne Heart yang diambil alih pada 23 Januari 2014 dan mengubah nama klub menjadi Melbourne City FC.

Berkat akuisisi Sheikh Mansour, prestasi Melbourne City FC pun meningkat. Tim ini selalu masuk dalam empat besar setiap musimnya dan pada musim 2016/2017 lalu sukses memenangkan FFA Cup.

Yokohama F. Marinos

Pada tanggal 20 Mei 2014, diumumkan bahwa City Football Group (CFG) telah berinvestasi dalam saham minoritas Yokohama F. Marinos, menciptakan kemitraan dengan klub sepak bola dan produsen mobil Nissan.

Meski demikian, Sheikh Mansour hanya memiliki saham sebanyak 20 persen di klub tersebut. Meski bukan pemilik mayoritas, namun kehadiran dana dari taipan ini pun sukses membangkitan performa Yokohama yang sukses menjadi runner-up Emperor Cup pada tahun 2017 lalu dan menempati posisi lima besar di J-League.

Girona

Girona merupakan klub terbaru yang dibeli oleh Sheikh Mansour lewat CFG pada tahun 2017 dengan mengambil alih sebesar 44,3 persen saham. Pere Guardiola, saudara dari Pep Guardiola yang merupakan Manajer Manchester City itu ditunjuk sebagai penanggung jawab saham di Girona.

Berkat kepemilikan Sheikh Mansour, Girona selain mendapatkan dana berlimpah. Mereka juga dapat secara gratis meminjam pemain Manchester City, terutama bintang muda mereka untuk bisa berkembang.

Lima Klub Milik Sheikh Mansour
sheikh-mansour-yahoo-sports--3147384130d5843.jpg

Baca juga
Mengenal Laporte, Punggawa Baru City

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Fajrin Fathia | Editor: Andi Wahyudi | 11 February 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company