5 Sekolah Balap Motor di Indonesia

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok. Sportku.com | Editor: Andi Wahyudi | 13 February 2018

5 Sekolah Balap Motor Indonesia

SPORTKU.COM

Lahirnya pebalap-pebalap baru Indonesia juga bergantung kepada keseriusan pembibitan.

Di Indonesia, hal tersebut kini semakin mendapat banyak perhatian dari berbagai pihak. Baik dari pebalap yang masih aktif maupun mereka yang sudah pensiun. Salah satu bentuk pembibitan untuk terus melahirkan pebalap baru adalah dengan mendirikan sekolah balap.

Menjadi pebalap profesinol dan berprestasi memang membutuhkan banyak usaha. Latihan setiap hari dengan pembimbing alias guru balap juga menjadi salah satu kunci untuk menjadi pebalap kawakan. Kini bukan hal sulit untuk mencari sekolah balap di Indonesia.

Baik pebalap aktif maupun mantan pebalap kini juga memberikan perhatiannya terhadap pembibitan sejak usia dini. Berikut 5 sekolah balap di Indonesia versi SPORTKU.com.

1. Bob’s Racing School
Bob’s Racing School, sekolah balap yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini didirikan pada 18 Desember 2005 oleh mantan pebalap PON (Pekan Olahraga Nasional) 2004 dan 2008. Sebagai instrukturnya adalah Bobby Aranxa Alatas yang juga merupakan pemilik dari Bob's Racing School.

Dengan biaya yang cukup terjangkau, Bob’s Racing School memberikan fasilitas motor balap untuk latihan hingga penginapan pun disediakan. Salah satu syarat untuk menjadi murid di Bob’s Racing School adalah surat ijin dari orang tua.

Di Bob’s Racing School, setiap murid akan mendapatkan program latihan teknik balap, fisik, hingga praktek balap di sirkuit aspal maupun di trek tanah yang sudah disediakan.

CP: 082142378481 atau e-mail bobby.racing@ymail.com

Baca Juga
Beda Mesin Motor Balap SOHC dan DOHC

2. WH19 Racing School
WH19 Racing School dimiliki oleh pebalap Wawan Hermawan yang kini masih aktif di berbagai event balap termasuk di Kejurnas IRS (Indospeed Race Series). Pebalap asal Ciamis, Jawa Barat yang lahir pada tanggal 4 Maret 1984 silam ini sudah mendirikan sekolah balap sejak akhir 2015.

"Dengan mendirikan sekolah balap ini, saya ingin pebalap-pebalap muda Indonesia mempunyai skill dan attitude yang bagus. Memang, soal attitude sudah pembawaan dari masing-masing pebalap. Tapi setidaknya karena sekarang banyak sekolah balap makanya saya ingin lebih menekankan lagi soal attitude," ungkap Wawan Hermawan.

WH19 Racing School memiliki basis di dua lokasi berbeda, yakni di Purwadadi dan Imbanagara yang memang sama-sama berada di Ciamis. Banyak materi yang diberikan oleh Wawan Hermawan kepada para muridnya. Pebalap yang kini bernaung di Astra Honda Astra Motor Racing Team (ART) Yogyakarta tersebut akan memberikan materi mulai dari tahap dasar rider, public speaking, olah fisik hingga teknik balap.

Kepada para anak didiknya, Wawan Hermawan akan memberikan fasilitas mess atau penginapan, motor balap untuk latihan, biaya transportasi selama latihan dan sertifikat.

CP: 0817 904 6005 / 0812 2389 5907

3. 43 Racing School
Sekolah balap yang satu ini dimiliki oleh seorang mantan pebalap M. Fadli Imammudin yang resmi gantung helm sejak Maret 2016. 43 Racing School mulai dirintis oleh M. Fadli sejak Oktober 2016 silam, bekerjasma dengan PT Astra Honda Motor (AHM) dan pabrikan ban IRC.

"Fasilitas buat mereka, mendapatkan pengajaran dari instruktur berpengalaman dan dilatih langsung dari saya sendiri," ungkap pebalap asal Cibinong, Bogor, Jawa Barat ini.

Para anak didiknya diberikan berbagai fasilitas seperti mess yang nyaman dan kamar ber-AC, disediakan dengan 3 jenis motor dari mulai motor Honda Blade untuk basic, CBR250 untuk intermediate dan Moriwaki GP Mono untuk Kelas Expert.

Tidak hanya sekadar teori saja yang diberikan Fadli untuk para calon pebalap muda Indonesia. Lewar 43 Racing School, Fadli bersama timnya juga akan mengajak mereka praktek di Sirkuit Gokart Sentul Bogor, Jawa Barat.

CP: 081286222262

Baca Juga
Begini Proses Pembuatan Helm MotoGP (Video)

4. Hendriansyah Racing School (HRS)
Sekolah balap yang dimiliki oleh Hendriansyah ini sudah sekitar tahun 2008 silam. Sekolah balap yang berlokasi di Yogyakarta ini didirikan berdasar keadaan di mana persaingan di dunia balap motor semakin ketat. Pebalap yang tidak mempunyai bekal skill yang mumpuni, akan kesulitan untuk meraih prestasi.

Pebalap yang sudah memiliki gelar 10 kali Juara Nasional di ajang Road Race tersebut akan memberikan teori balap motor sekaligus praktek. Siswa di Hendriansyah Racing School dilatih langsung oleh Hendriansyah dengan dibantu oleh instruktur-instruktur terbaik dan berpengalaman.

CP: 0812 1552 2292

5. Jeany Harmono Racing School
Unik, sekolah balap ini dimiliki oleh seorang pebalap wanita. Adalah Jeany Harmono yang mendirikan sekolah balap ini di Surabaya,  Jawa Timur. Berdiri sejak tahun 2010 silam, Jeany terus memoles para generasi pebalap muda Indonesia. Sebagai pebalap wanita, dia juga berharap besar bisa memoles pebalap putri.

Wanita kelahiran 3 Juni 1978 silam itu membuka sekolah balapnya, Jeany Harmono Racing School untuk umum. Terbuka bagi mereka yang masih muda, anak-anak maupun yang sudah cukup umur sekalipun. Tidak hanya perempuan, Jeany Harmono Racing School juga menerima murid pria.

Sama seperti kebanyakan sekolah balap yang ada, berbagai materi akan diberikan Jeany kepada para mudirnya. Mulai dari persiapan fisik hingga teknik bawa motor balap di sirkuit.

CP: 0812 3250 1166

Baca Juga
Nih Ciri Terbaik Knalpot Racing

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok. Sportku.com | Editor: Andi Wahyudi | 13 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Agen Pemain Sepakbola Terkaya

Lima Agen Pemain Sepakbola Terkaya

TOP 5
Lima Stadion Buruk di Eropa

Lima Stadion Buruk di Eropa

TOP 5
Lima Jebolan Piala Asia U-16

Lima Jebolan Piala Asia U-16

TOP 5
5 Mantan Pebalap Poin Terbanyak

5 Mantan Pebalap Poin Terbanyak

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company