Super GT Revisi Jadwal Putaran 7, Hindari Bentrok Dengan WEC

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Super GT | Editor: Andi Wahyudi | 14 February 2018

SPORTKU.COM

Hindari bentrok dengan World Endurance Championship di Fuji, Super GT lakukan penyesuaian jadwal.

Kebijakan WEC mengubah agenda balapan di Jepang adalah untuk memudahkan Fernando Alonso dalam mengikuti jadwal Formula 1. Namun ternyata hal tersebut tidak hanya menimbulkan bentrok dengan balapan Petit Le Mans di IMSA, melainkan juga balapan Super GT.

Jika WEC tidak mengubah jadwalnya, akan berdampak pada rekan satu tim Alonso di Toyota, yakni Kazuki Nakajima dan Kamui Kobayashi. Bentrokan ini juga akan mempengaruhi penjualan tiket untuk kedua balapan tersebut, meski jarak antara Autopolis dan Fuji terpisah hampir 1000 km dan berada di dua pulau yang berbeda.

Maka dari itu penyelenggara Super GT memutuskan untuk merevisi jadwal balapan putaran ketujuh dari yang semula diagendakan pada 13-14 Oktober menjadi 19-21 Oktober. Sedangkan untuk jadwal WEC Fuji akan dijadwalkan pada 20-21 Oktober berbarengan dengan Grand Prix F1 Amerika Serikat.

"Sesuai kontrak yang mendahulukan komitmen di balap Formula 1, maka Alonso harus absen di balapan WEC karena bentrok," ujar Juichi Wakisaka, bos Team Le Mans.

Baca Juga :
Chapter Innova Community Gelar Kegiatan Sosial Secara Paralel

Namun kabarnya pihak WEC tetap menginginkan Alonso agar tetap mengikuti balapan di Fuji dan memajukan balapan pada 13-14 Oktober, sehingga menyebabkan bentrokan baru pada putaran Super GT Autopolis. Akibatnya, penyelenggara Super GT, GTA, pengelola sirkuit, dan perwakilan lainnya bersama-sama memutuskan untuk menunda balapan selama satu pekan.

FIA dan federasi motorsport Jepang (JAF) telah mengeluarkan persetujuan untuk perubahan jadwal tersebut.

Sedangkan IMSA enggan memindahkan jadwal pada putaran terakhir di Petit Le Mans, karena mengacu pada jadwal televisi dan perjanjian logistik, serta untuk menghindari bentrok dengan WEC.

Baca Juga :
F-Type Jadi Mobil Balap Pertama Jaguar Untuk GT Inggris

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Super GT | Editor: Andi Wahyudi | 14 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Pirelli Lakukan Perubahan Ban F1

Pirelli Lakukan Perubahan Ban F1

FORMULA 1
Konsentrasi Tumpuan Utama di Final

Konsentrasi Tumpuan Utama di Final

GYMKHANA
Nissan Siapkan Pengganti Alexander Albon

Nissan Siapkan Pengganti Alexander Albon

FORMULA E
Pengakuan McLaren Mengenai Stoffel Vandoorne

Pengakuan McLaren Mengenai Stoffel Vandoorne

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company