Mengintip Peluang Juara Napoli di Serie A

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 17 February 2018

SPORTKU.COM

Jika berbicara mengenai Serie A, pasti banyak orang akan mengatakan Juventus juaranya. Tapi itu dulu, karena sekarang ada Napoli. 

Sejak memulai musim 2017/2018, Napoli langsung tancap gas sejak awal. Mereka berlari kencang dengan memenanagi delapan laga awal Serie A, sebelum akhirnya ditahan imbang Inter Milan Oktober 2017. Kemudian setelahnya, Il Partenopei kembali ke jalur kemenangan sampai akhirnya ditaklukkan Juventus pada Desember tahun lalu.

Namun, setelah itu mereka kembali tampil stabil dan terus meraih kemenangan di delapan pertandingan terakhir. Hal ini tentunya membuat mereka kini berpeluang besar menjadi juara yang terakhir mereka dapat pada musim 1989/1990 saat masih diperkuat legenda hidup mereka, Diego Maradona.

Apalagi, musim ini mereka sepertinya sangat fokus di Serie A dan melupakan kompetisi Eropa. Permainan Napoli di Eropa, bak dua sisi mata uang berbeda.

Setelah tersingkir dari Liga Champions, kini mereka juga terancam angkat koper lebih dulu karena kalah 1-3 di leg pertama 32 besar Liga Europa dari Leipzig. Jika dibandingkan dengan Serie A yang baru kalah sekali, wajar jika banyak pihak menilai Napoli memang lebih serius mengejar kompetisi domestik dibanding trofi Eropa.

Jika melihat musim ini, peluang juara di Italia memang sudah mengerucut pada Napoli dan Juventus. Tanpa bermaksud meremehkan tim lainnya, tapi poin kedua tim ini memang sudah cukup jauh. Sebagai perbandingan, kini Napoli ada di puncak klasemen dengan 63 poin berjarak satu angka dari Juventus. Kemudian, jarak posisi kedua dengan Inter Milan tim urutan ketiga adalah 14 poin.

Baca Juga:
Naesen dan Wellens Kritik Kehadiran Chris Froome di Ruta del Sol

Maurizio Sarri kunci Napoli

Maurizio Sarri kunci permainan atraktif Napoli (Tribuna)

napoli-twitter--848516e5e07204a.jpg

Permainan atraktif Napoli musim ini memang tidak lepas dari tangan dingin Maurizio Sarri sebagai pelatih. Mantan pelatih Empoli ini mampu menanamkan skema permainan menyerang dengan umpan satu-dua sentuhan ciri khas Barcelona. Hal ini bahkan mendapat pujian dari arsitek Manchester City Pep Guardiola, ketika kedua tim bertemu di fase grup Liga Champions.

"Mengalahkan Napoli di dua pertandingan beruntun adalah pencapaian luar biasa. Mereka adalah kesebelasan terkuat yang pernah saya hadapi sebagai pelatih," ucap Pep dikutip Mediaset Premium usai timnya menang 4-2 November lalu.

Ya, ucapan dari Pep memang ada benarnya jika melihat bagaimana Sarri mengedepankan pola permainan menyerang dengan umpan pendek. Bahkan, dilansir Squawka, Napoli menjadi tim tertinggi Serie A dalam hal penguasaan bola sebesar 56 persen di setiap laga.

Yang lebih mengejutkan adalah mereka bisa mengalahkan Manchester City dan Barcelona dalam hal akurasi umpan di setiap pertandingan yang mencapai 88 persen.

Selain itu, keunikan Napoli adalah dengan memainkan formasi false nine atau striker bayangan yang jarang terjadi di Serie A.

Mereka menempatkan Dries Mertens di depan dalam formasi 4-3-3 yang diterapkan Sarri. Hadirnya Mertens yang bukan seorang striker di depan tentunya merepotkan tim lawan karena ia sangat aktif bergerak dengan leluasa di sepertiga akhir pertahanan lawan.

Sekarang, tersisa 14 pertandingan memang semuanya masih sangat mungkin terjadi, baik Napoli dan Juventus masih berpeluang besar karena jarak poin yang sangat tipis. Namun, hal yang patut diingat adalah Napoli masih melakoni laga tandang melawan tim kuat seperti Inter Milan, AC Milan, Juventus, serta Fiorentina.

Jika melihat satu kekalahan yang didapat Napoli musim ini dari Juventus. Maka menghadapi I Bianconeri pada April mendatang diprediksi menjadi partai penentuan juara.

Sekarang kita tunggu bersama apakah Napoli bisa menjadi juara untuk menghentikan dominasi Juventus dalam enam musim terakhir? Tentu sebagai penikmat sepak bola banyak yang mengharapkan Napoli bisa mengulangi kesuksesan pada era 90-an silam. Meski kini hanya waktu yang bisa menjawab.

Baca Juga:
Hyundai Shell Mobis WRT Berikan Kejutan di SS8

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 17 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Persib vs Persija Telan Korban

Persib vs Persija Telan Korban

FOOTBALL
Gomez Bangga Persib Bungkam Persija

Gomez Bangga Persib Bungkam Persija

FOOTBALL
Jadi Pahlawan Persib, Malisic Terharu

Jadi Pahlawan Persib, Malisic Terharu

FOOTBALL
Persib Sukses Pecundangi Persija

Persib Sukses Pecundangi Persija

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company