image

Alasan Piala Gubernur Kaltim Sama Serunya dengan Piala Presiden

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 18 February 2018

SPORTKU.COM

Inilah alasan mengapa ajang pramusim Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) dianggap sama serunya dengan Piala Presiden 2018.

Piala Presiden 2018 telah berakhir dengan menjadikan Persija Jakarta sebagai juara baru di turnamen yang digelar untuk yang ketiga kalinya tersebut.

Usai gelaran Piala Presiden, masih ada satu turnamen pramusim lagi yang akan digulirkan menjelang Liga 1 musim 2018 dimulai. Adapun turnamen yang dimaksud adalah Piala Gubernur Kaltim. Ajang ini akan berlangsung pada 23 Februari-4 Maret 2018.

Berikut ini alasan mengapa Piala Gubernur Kaltim tak kalah seru dengan ajang Piala Presiden?

Bertemunya Tim-tim Besar

Piala Gubernur Kaltim edisi kedua kali ini akan mempertemukan delapan tim yang akan dibagi dalam dua grup. Di Grup A terdapat tim Borneo FC, Arema FC, Mitra Kukar, dan Bali United. Sementara, di Grup B diisi oleh Persiba Balikpapan, Madura United, Persebaya dan Sriwijaya FC.

Dalam daftar delapan klub tersebut merupakan tim-tim yang memiliki prestasi cemerlang di beberapa musim terakhir. Di Grup A, Borneo selaku salah satu tuan rumah merupakan juara bertahan turnamen ini. Arema FC tim spesialis turnamen, Mitra Kukar yang penuh kejutan dan Bali United yang dalam ajang Piala Presiden 2018 lalu menjadi runner up.

Sementara, di Grup B juga tak kalah hebat. Madura United merupakan tim yang finis di urutan lima musim lalu dan merupakan runner up di ajang Piala Gubernur Kaltim. Persebaya sebagai tim promosi Liga 2 sukses mencapai babak 8 besar di ajang Piala Presiden, sementara Sriwijaya meraih peringkat ketiga Piala Presiden. Lalu Perseba Balikpapan selaku tuan rumah juga memiliki kelebihan dari klub lainnya.

Singkatnya, klub-klub yang ikut serta merupakan tim yang memiliki kemampuan untuk mengejutkan di ajang ini.

Baca juga
Honda Kuasai Penjualan di Jabar

Hadiah Besar

Meski ajang pramusim, namun Piala Gubernur Kaltim kali ini diprediksi akan memiliki intensitas layaknya Piala Presiden 2018. Pasalnya, uang hadiah yang ditawarkan oleh penyelenggara bagi klub yang ikut cukup besar.

Juara satu akan mendapatkan uang sebesar Rp1 miliar. Sementara juara dua, tiga dan empat akan mendapatkan Rp750 juta, Rp500 juta, dan Rp250 juta.

Untuk tim yang gagal meraih empat besar pun tetap akan mendapatkan uang. Caranya, bila menang diwaktu normal mendapatkan uang sebesar Rp250 juta, dan menang adu pinalti Rp110 juta. Sementara tim yang kalah pun tetap mendapatkan bayaran, yakni kalah dalam waktu normal Rp75 juta dan kalah adu pinalti Rp90 juta.

Peraih penghargaan individu juga akan dibayar khusus. Seperti pemain terbaik Rp150 juta, top skor Rp100 juta, dan pemain muda terbaik Rp75 juta.

Kenalan dengan Stadion di Kaltim

Provinsi Kalimantan Timur memiliki banyak stadion. Tercatat ada tiga stadion yang akan digunakan dalam turnamen Piala Gubernur Kaltim. Stadion Palaran, Samarinda akan ditetapkan menjadi tempat pertandingan perdana dan final.

Sementara dua stadion lainnya, Stadion Segiri, Samarinda akan digunakan untuk pertandingan Grup A dan Stadion Batakan, Balikpapan untuk menggulirkan pertandingan Grup B.

Tiga stadion tersebut dapat dikatakan stadion yang berkapasitas besar dan berstandar internasional. Barangkali, dengan dipamerkannya stadion ini ke khayalak, ke depannya bisa digunakan event yang lebih besar, misalnya Piala AFF sebagai kandang Indonesia.

Baca juga
Mampukah Seedorf Selamatkan Deportivo?

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 18 February 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company