Para Pebalap Kesal dengan Ulah Supporter Rusak Stadion GBK

Text : Suhartono | Photo / Video : Hariry Anwar | Editor: Andi Wahyudi | 19 February 2018

Pebalap Kesal Stadion GBK Dirusak

SPORTKU.COM

Laga final Piala Presiden 2018 berhasil dimenangkan oleh Persija setelah menjebol gawang Bali United dengan skor 3-0.

Sebagai persiapan untuk menyambut para atlet Asian Games 2018, pemerintah Indonesia telah merenovasil Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Stadion berstandar internasional ini pun telah berubah penampilannya.

Renovasi Stadion GBK dimulai sejak Agustus 2016 silam. Pemerintah menggandeng kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Penta Rekayasa Kerja Sama Operasi (KSO) dengan nilai kontrak Rp769,7 Miliar. Sedangkan konsultan manajemen konstruksi adalah PT Deta Decon dan PT Multi Karadiguna Jasa KSO dengan nilai kontrak Rp10,2 Miliar.

Usai dipugar, Stadion GBK juga telah digunakan untuk beberapa event. Seperti Test Event Asian Games 2018 yang belum lama ini selesai digelar. Stadion GBK pun baru saja menjadi tuan rumah gelaran final Piala Presiden 2018 antara Persija kontra Bali United.

Namun pertandingan pamungkas yang dimenangkan oleh Persija justru ternoda. Ulah para suppoter membuat wajah Stadion GBK menjadi 'buruk rupa'. Sejumlah fasilitas yang ada di Stadion GBK terlihat rusak. Salah satunya adalah pagar pembatas antara penonton dan lapangan yang hancur setelah The Jakmania -sebutan supporter Persija- nekad masuk ke stadion untuk merayakan kemenangan. 

Aksi The Jakmania yang tak bertanggung jawab pun dikecam oleh banyak orang. Mereka meluapkan kemarahannya lewat berbagai lini masa media sosial. Tak sedikit para pebalap pun curhat dan merasa kesal dengan ulah supporter. Apalagi sampai saat ini para pebalap merasa tak mendapat perhatian dari pemerintah yang justru lebih sering merangkul dunia sepakbola.

Baca Juga
Pirelli Support Pebalap di Kejurnas Motoprix 2018, Ini Daftarnya

Padalah, tak sedikit para pebalap Indonesia yang mampu mengibarkan bendera Merah Putih di podium teratas saat mereka balapan di panggung internasional. Para pebalap merasa cemburu dengan sikap pemerintah yang selama ini lebih 'sayang' terhadap sepakbola ketimbang balap.

"Miris sih melihat ulah supporter sepakbola yang tak bertanggung jawab. Mereka justru merusak fasilitas di Stadion GBK. Itu kan sarana olahraga yang disediakan pemerintah. Tinggal pakai saja. Saya saja sebagai pebalap pengin pemerintah perhatikan kita, dibikinin sirkuit," ungkap Wawan Hermawan.

"Banyak juga pebalap yang membawa prestasi dan membawa nama negara Indonesia ke kancah internasional. Saya tahun 2008 pernah balapan Asian Nations Roadracing di Zhuhai, Guangzhou, Jepang, dan Taiwan. Saya bisa juara pertama di semua seri tersebut. Tapi waktu itu tidak ada perhatian dari pemerintah, padahal saya bawa nama Team Indonesia," sebut Wawan Hermawan yang hingga kini masih disupport oleh ban balap FDR.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Irwan Ardiansyah. "Stadion GBK itu milik negara, bukan cuma sepakbola saja yang bisa pakai. Untuk balapan juga bisa," sebut Irwan yang saat ini sedang berada di Amerika sambil memperlihatkan tontonan lewat video menarik AMA Supercross yang memang digelar di dalam stadion.

"Seharusnya para supporter Jakmania bisa menjaga Stadion GBK daripada dirusak. Daripada dirusak seperti sekarang ini, mending uangnya bisa untuk kita-kita para pebalap. Kita dibuatkan sirkuit. Harapan saya di Indonesia agar dunia balap menjadi prioritas. Karena saat ini sudah banyak pebalap Indonesia yang mampu mengharumkan nama negara di pentas dunia baik di Asia maupun Eropa," tutup Fabrianus Balank.

Baca Juga
Bukan Rossi Jagoan Zarco di MotoGP 2018
Gerry Nasution Ikuti 5 Balapan di ISSOM 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : Hariry Anwar | Editor: Andi Wahyudi | 19 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Korea Bersatu Di APG 2018

Korea Bersatu Di APG 2018

HOT ISSUE
Lagu Resmi Asian Para Games

Lagu Resmi Asian Para Games

HOT ISSUE
Prediksi Galang ke Superspot 600

Prediksi Galang ke Superspot 600

HOT ISSUE
Api Obor Melintasi Garis Khatulistiwa

Api Obor Melintasi Garis Khatulistiwa

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company