image

Aleix Espargaro dan Simeon Setia dengan Helm KYT

Text : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 22 February 2018

SPORTKU.COM

Helm asal Indonesia KYT masih akan terus berlaga di ajang balap MotoGP 2018.

Helm buatan anak bangsa, KYT pertama kali masuk ke ajang MotoGP pada tahun 2014 silam. Di musim balap MotoGP 2018, helm KYT yang merupakan produksi PT Tara Kusuma Indah (TKI) masih akan digunakan oleh Aleix Espargaro dan Xavier Simeon di kelas premier.

Espargaro sendiri sudah sejak beberapa tahun terakhir ini masih setia dengan helm balap KYT. Begitu juga dengan Simeon yang sudah menggunakan helm balap KYT sejak masih di Moto2. Pada saat tes pramusim di Sirkuit Chang Buriram, Thailand belum lama ini, baik Espargaro maupun Simeon juga sudah menjajal helm baru mereka dari KYT.

"Keduanya adalah pebalap yang akan bertarung di kelas tertinggi balap motor. Mengingat kami adalah produsen helm, yang juga menyiapkan technical service untuk para pebalap yang menggunakan helm kami di ajang balap dunia itu. Bukan hanya pasang logo," ungkap Henry Tedjakusuma, Direktur PT TKI.

Simeon yang merupakan pebalap rookie, tahun ini akan debut bersama tim satelit Reale Avintia Racing dengan mesin balap Ducati mengatakan cukup nyaman menggunakan helm KYT saat berada di atas motor balapnya.

"Jujur saja, saya tidak pernah mengalami isu krusial dalam menggunakan helm ini. Padahal tipe yang saya gunakan (NF-R) modelnya sama dengan versi produksi massal dan dijual umum. Karena cukup nyaman menggunakannya ini, maka tak ada alasan untuk mengganti dengan yang lain," ujar Simeon yang menggunakan helm balap KYT sejak 2014 lalu.

Baca Juga
KYT Helm Resmi Pebalap AP Honda Thailand

"Hanya ada beberapa penyesuaian saja di bagian padding (busa bagian dalam helm) agar tetap nyaman digunakan dalam segala kondisi. Secara umum, saya merasa sangat senang menggunakan pelindung kepala ini sejak awal," imbuh pebalap asal Belgia.

Pebalap yang pernah bergabung dengan Federal Oil Gresini Moto2 Team itu mengaku hanya butuh lima helm saja dalam semusim jika tak pernah mengalami benturan saat balapan atau sesi latihan. Ia hanya melakukan penggantian bagian dalam seperti padding jika sudah dirasakan tak nyaman atau sudah sedikit bau apek.

Sementara itu, Espargaro juga menganggap bahwa helm KYT yang ia gunakan sekarang punya keunggulan soal kedap suara. Namun sistem sirkulasi udara adalah bagian yang ia garisbawahi bekerja dengan baik. Sehingga ia pun bisa fokus balapan dan mencapai target terbaiknya.

"Sistem sirkulasi udara di dalam helm ketika digunakan, adalah hal yang paling penting. Ini untuk memberikan perasaan nyaman, kepala tidak terasa panas, kita tetap bisa berkonsentrasi saat balapan. Semua komponen bekerja dengan baik, bahkan saat kondisi hujan pun, teknologi antifog di visor memberikan perlindungan terbaik agar penglihatan sempurna," ungkap Espargaro.

Untuk penggunaan helm dalam semusim, pebalap asal Spanyol ini menegaskan hanya butuh 6-9 helm. "Jadi tergantung kondisi balapan itu sendiri. Apakah sering hujan, kalau ada momentum terjatuh dan membuat helm jadi cacat, ya harus saya ganti. Tapi normalnya saya butuh sekitar 6-9 helm dalam semusim jika tak mengalami insiden terjatuh," pungkasnya.

Baca Juga
Koleksi Terbaru Harley-Davidson 2018 Sudah Mendarat di Jakarta
Belum Puas, Gomez Minta Persib Datangkan Empat Pemain Lagi

Text : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 22 February 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company