image

Hafizh Syahrin Membuat Sejarah di MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : Tech3 | Editor: Andi Wahyudi | 22 February 2018

SPORTKU.COM

Pebalap Malaysia, Hafizh Syahrin Abdullah resmi akan membalap semusim penuh di ajang bergengsi MotoGP.

Setelah menjalani tes pramusim di Sirkuit Chang Buriram, Thailand belum lama ini, akhirnya Hafizh resmi diumumkan menjadi pebalap kedua Monster Yamaha Tech3.

Perjalanan Hafizh menembus MotoGP memang bukan perkara mudah. Butuh perjuangan panjang bagi pebalap kelahiran 5 Mei 1994 silam itu. Dibesarkan di Selangor, Malaysia, Hafizh mulai mengenal pocket bike sejak usia 9 tahun. Bahkan Hafizh sempat mendapat julukan 'King of Pocket Bikes' saat bakatnya mulai dilirik oleh seorang manajer tim Barry Leong. Dari pocket bike, bakat Hafizh mulai terasah.

Pada tahun 2007 saat masih berusia 13 tahun, Hafizh memulai debutnya di Cub Prix Championship. Dia langsung mendominasi dengan menduduki posisi kedua klasemen akhir pada tahun pertamanya di Kelas Yamaha LC135 Cup.

Penampilannya berlanjut pada tahun berikutnya bersama Petronas Sprinta Raceline Racing Team. Hafizh kemudian menjadi pebalap termuda di podium yang menduduki peringkat 3 secara keseluruhan di Yamaha Givi Cup pada tahun 2008.

Masih sebagai pebalap pemula, Hafizh memulai musim 2009 dengan memenangkan seri pembuka di Alor Setar. Penampilan Hafizh tak tertandingi dengan 7 kemenangan dari 8 seri serta beberapa raihan podium. Dominasinya dalam kategori ini tak terelakan sehingga ia memilih untuk absen di dua seri terakhir.

Tahun berikutnya atau di 2010, Hafizh mulai berpacu dengan para pebalap senior dalam ajang Asia Road Racing Championship (ARRC). Dia menempati posisi ketiga secara keseluruhan di Kelas Underbone 115cc (UB115). Kedatangan Hafizh di kelas ini benar-benar meningkatkan tensi persaingan.

Baca Juga
Daftar Gaji Pebalap Pabrikan MotoGP 2018

Karir Hafizh semakin cemerlang sebagai seorang pebalap muda. Pada saat usia baru 16 tahun, Hafizh sudah beralih ke kelas Supersport 600cc. Debutnya di 2010 berada di peringkat 12 dari 39 pebalap. Sedangkan di tahun 2011 menempati peringkat 4 klasemen akhir Petronas Asia Road Racing Championship (ARRC).

Pada tahun 2011 juga, Hafizh mulai mencicipi Kejuaraan Dunia Moto2. Menjadi wildcard, Hafizh tampil di GP Malaysia dan finish ke-20. Pada tahun berikutnya, nama Hafizh masih terpilih sebagai wakil Malaysia. Meski masih sebagai wildcard, namun Hafizh mampu unjuk gigi dengan finish di podium ke-3.

Tahun 2013, Hafizh bahkan mendapat kesempatan empat kali tampil di Moto2. Baru di tahun 2014, Hafizh mulai membalap penuh di Moto2 bersama Petronas Raceline Malaysia. Hasil manis Hafizh di Moto2 2017 saat balapan di Motegi, Jepang dengan finish ketiga.

Kini nama Hafizh tak lagi terdaftar sebagai pebalap Moto2. Hafizh membuat sejarah menjadi pebalap pertama Malaysia sekaligus yang pertama di kawasan Asia Tenggara yang turun penuh di MotoGP. Hafizh akan bersaing dengan motor balap Yamaha M1 bersama rekan setimnya Johann Zarco.

"Uji coba baru-baru ini di Buriram sudah menjadi sejarah yang dibuat untuk Hafizh. Pengumuman resmi Hafizh yang membalap penuh dengan tim Monster Yamaha Tech3 adalah pengumuman dan pencapaian terbesar untuk pebalap Malaysia setelah lebih dari 26 tahun Malaysia menjadi tuan rumah MotoGP," Razlan Razali, CEO Sepang International Circuit (SIC).

"Sebuah berita yang fantastis untuk wilayah Asia. Saya harus berterima kasih kepada Herve Poncharal atas kesempatan ini, keyakinan dan kepercayaannya pada Hafizh. Kami akan menyerahkan Hafizh untuk digembleng agar dapat dikembangkan menjadi pebalap MotoGP yang lebih baik, kompetitif dan lengkap," imbuhnya.

Baca Juga
Pahami Fungsi Tire Warmer, Bukan Sekadar Alat Pemanas Ban
Seberapa Pentingkah Bentuk Team Order?

Text : Suhartono | Photo / Video : Tech3 | Editor: Andi Wahyudi | 22 February 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company