image Cavendish Crash Abu Dhabi Tour (Foto: Tim de Waele/TDWSport.com) Mark Cavendish mengalami crash di etape pembuka Abu Dhabi Tour 2018 (Foto: Tim de Waele/TDWSport.com)

Sensor Rem Otomatis Mobil Penyebab Cavendish Crash!

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingnews | 23 February 2018

uploads/news/2018/02/inilah-penyebab-crash-mark-87843a67bf4e2dc.jpg

Inilah Penyebab Crash Mark Cavendish

cavendish-crash-abu-dhabi-49040043e2d14c6
cavendish-crash-abu-dhabi-12160eee3081071
SPORTKU.COM

Mark Cavendish mengalami crash di etape pembuka Abu Dhabi Tour 2018, kemarin.

Akibat insiden itu, Cavendis mengalami cedera dan gegar otak yang membuatnya harus meninggalkan lomba.

Penyebab kecelakaan Cavendish dan pebalap lainnya disebut-sebut disebabkan oleh bekerjanya sensor rem otomatis dari salah satu kendaraan yang digunakan penyelenggara.

"Saya tidak melihat kejadiannya. Tapi ada kabar bahwa banyak mobil yang memiliki sistem pengereman otomatis, dan jika mereka (pengemudi) tidak melepaskannya, maka begitu pebalap sepeda mendekat, mobil akan mengerem," kata Mark Renshaw kepada wartawan.

Kesimpulan itu dipastikan tak lama kemudian oleh direktur balapan RCS Sport, Stefano Allocchio, yang merupakan penumpang di Mercedes, yang memimpin kelompok tersebut dan melalui zona yang dinetralisir. Saat pebalap bergerak cukup dekat dengan mobil, hal itu memicu sensor rem yang bekerja otomatif mengurangi laju kendaraan.

Saat pebalap di kedua sisi mobil yang melambat melewatinya, mobil tiba-tiba mengerem, para pebalap, termasuk Cavendish tidak dapat menghindar. Cavendish menyentuh roda belakang Leonardo Basso (Team Sky) dan jatuh dengan keras.

"Mobil itu mengerem dengan sendirinya," jelas Allocchio.

"Sayangnya, inilah yang terjadi. Malam ini, kita akan menyuruh seorang teknisi menonaktifkannya (sensor rem) di semua mobil karena kita tidak ingin mengambil risiko itu terjadi lagi," jelas Allocchio.

Kondisi tersebut mungkin bisa menjadi sedikit penghibur bagi Cavendish saat ini. Namun direktur olahraga Dimension Data Roger Hammond lebih memperhatikan keselamatan pebalapnya daripada menyalahkan atas insiden tersebut.

Cavendish adalah satu dari lima orang yang mengalami kecelakaan saat peloton melambat di belakang mobil utama di etape pertama di Abu Dhabi Tour. Meskipun sempat bergabung kembali dengan peloton, Cavendish terpaksa meninggalkan balapan karena diduga mangalami gegar otak dan cedera di area bahu.

Baca juga:
DAYTONA 500 DIWARNAI INSIDEN PEBALAP UNGGULAN

Baca juga:
SRAM EAGLE ELECTRONIC SHIFTING MUNCUL DI TUNGGANGAN NINO SCHURTER?


Mark Cavendish mengalami crash di etape pembuka Abu Dhabi Tour 2018 (Foto: Tim de Waele/TDWSport.com)

cavendish-crash-abu-dhabi-12160eee3081071.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Cyclingnews | 23 February 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company