Fakta-fakta Menarik WSBK Australia 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : WSBK | Editor: Andi Wahyudi | 23 February 2018

SPORTKU.COM

Gelaran World Superbike (WSBK) akan segera masuki seri pembuka pada akhir pekan ini, 24-25 Februari.

Dorna Sports selaku penyelenggara WSBK akan memulai petualangannya dengan para pebalap dari Sirkuit Phillip Island, Australia. Tim pabrikan di WSBK 2018 tak banyak mengalami perubahan. Di mana tiga tim teratas seperti Kawasaki, Ducati, dan Yamaha masih tetap dengan pebalap mereka yang lama.

Banyak fakta dan sejarah yang tercatat selama gelaran WSBK berlangsung di Phillip Island. Berikut catatannya.

1. Kecepatan tertinggi yang pernah tercatat di Sirkuit Phillip Island adalah 324,6 kpj. Catatan itu dibuat oleh Max Biaggi dengan motor balap Aprilia pada tahun 2012.

2. Tahun lalu Jonathan Rea (Kawasaki) mencatat waktu tercepat di SIrkuit Phillip Island. Dengan kecepatan 178,647 kpj meraih waktu 1menit 29.573detik.

3. Balapan terakhir dengan kecepatan rata-rata lebih rendah dari 170 kph terjadi di Race 2 pada tahun 2008, saat Troy Bayliss mencatat kecepatan 169.636 kpj. Sementara superpole terakhir lebih lambat dari 170 kph terjadi tahun 1998 oleh Troy Corser dengan 168.683 kpj.

4. Phillip Island menjadi trek yang paling banyak menggelar balap WSBK. Hingga saat ini sudah 53 kali sejak WSBK kembali lagi ke Australia pada tahun 1990.

5. Tahun lalu, empat pebalap tercepat di Superpole 2 (Jonathan Rea, Tom Sykes, Marco Melandri, dan Chaz Davies) dengan selisih catatan waktu di bawah 1detik.

Baca Juga
Jelang Asian Para Games 2018, Indonesia Masih Kekurangan Atlet Difabel

6. Pebalap Australia telah memenangkan balapan kandang mereka sebanyak 23 kali dari 53 seri. Kemenangan terakhir pada tahun 2008 dengan Troy Bayliss yang menang di Race 1 dan Race 2. Sejak saat itu, pebalap dari tujuh negara berbeda telah menang di Sirkuit Phillip Island.

7. Dalam sejarah Kejuaraan WSBK Phillip Island, dalam 17 dari 30 musim, pemenang Race 1 telah memenangkan gelar pada akhir tahun. Jonathan Rea telah melakukan ini selama tiga musim terakhir.

8. Pebalap terakhir yang menang di Phillip Island dari start di luar 10 besar adalah Noriyuki Haga. Dia memulai balapan dari grid ke-13 pada Race 1 tahun 2009, dan berhasil finish di posisi kedua.

9. Untuk tahun kesepuluh berturut-turut Sirkuit Phillip Island akan menjadi gelaran seri pembuka WSBK. Sirkuit di Australia ini menjadi salah satu tempat yang paling banyak menjadi tuan rumah seri pembuka WSBK. Diikuti oleh Sirkuit Donington Park (Inggris), Valencia (Spanyol) dan Losail (Qatar) yang masing-masing sudah empat kali menjadi tuan rumah seri pembuka WSBK.

10. Pebalap Inggris telah memenangkan enam balapan terakhir di Sirkuit Phillip Island (5 kali oleh Rea dan sekali Leon Haslam pada tahun 2015 pada Race 2). Hasil itu menyamai rekor pebalap Australia dari tahun 2004 Race 2 sampai 2007 Race 1 (1 Garry McCoy, 3 Troy Corser, 3 Troy Bayliss). String Australia dipecahkan oleh pebalap Inggris, James Toseland.

11. Gap terdekat dalam sejarah WSBK Phillip Island terjadi pada Race 1 tahun 2010. Leon Haslam menang dengan selisih 0,004detik atas Michel Fabrizio.

12. Tujuh balapan terakhir yang diadakan di sini hasil catatan waktu hanya terpaut kurang dari 1detik. Terakhir kali sang pemenang di Race 2 tahun 2014 saat Eugene Laverty menang dengan jarak waktu 2.959detik dari Marco Melandri.

Baca Juga
Aleix Espargaro dan Xavier Simeon Setia dengan Helm KYT
Hafizh Syahrin Membuat Sejarah di MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : WSBK | Editor: Andi Wahyudi | 23 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

FIM Perberat Hukuman Untuk Fenati

FIM Perberat Hukuman Untuk Fenati

MOTO2
Jesko Raffin Turun di MotoE

Jesko Raffin Turun di MotoE

MOTOGP
Aleix Espargaro Berharap Keberuntungan

Aleix Espargaro Berharap Keberuntungan

MOTOGP
Masa-masa Sulit Adrian di Portugal

Masa-masa Sulit Adrian di Portugal

SUPERBIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company