image

Tech3 Putus Kontrak dengan Yamaha

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 23 February 2018

SPORTKU.COM

MotoGP 2018 akan menjadi tahun terakhir kolaborasi Tech3 dengan Yamaha.

Setelah menjalin hubungan selama 20 tahun, akhirnya Tech3 memutuskan untuk mengakhiri kerjasamanya dengan Yamaha. Hubungan panjang antara Tech3 dengan Yamaha sudah terjalin sejak tahun 2001 silam. Di mana saat itu keduanya masih turun di kelas 500cc dengan motor balap YZR500.

Sejak saat itu, berbagai prestasi menarik diberikan Tech3 kepada Yamaha. Tech3 pada setiap musimnya menjadi salah satu tim satelit yang ditakuti lawan. Sejak debut di kelas bergengsi MotoGP, Tech3 selalu masuk posisi 10 besar klasemen akhir pada kategori tim.

"Selama 20 tahun kemitraan luar biasa antara Tech3 dan Yamaha yang sangat sulit. Karena saya pertama kali bertemu dengan Mr. Iio pada tahun 1998, di mana dia memberi saya kesempatan untuk bergabung dengan Yamaha Motor Corporation, telah menjadi hal yang luar biasa," ungkap Herve Poncharal, pemilik Tech3.

"Semua yang saya ingat adalah kenangan yang fantastis, hasil yang bagus, suasana yang mengagumkan dan perasaan menakjubkan yang kami bagi bersama keluarga Yamaha, yang selalu ada dalam pikiran dan hati saya. Yang jelas, untuk mengakhiri kemitraan itu adalah sebuah keputusan sulit. Bagi saya, yang ingin saya sampaikan lebih dari sekadar terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Yamaha dan semua orang yang telah mendukung dan membantu kami," imbuhnya.

Hingga kini Tech 3 belum menyebutkan secara spesifik pabrikan mana yang akan menggantikan Yamaha sebagai pemasok mesin. Tersirat kabar jika ada pabrikan Suzuki dan KTM yang telah secara terbuka mengungkapkan keinginan untuk setidaknya memasok dua motor kepada tim satelit pada musim 2019. Hal yang sama juga dipertimbangkan Aprilia.

Baca Juga
Hafizh Syahrin Membuat Sejarah di MotoGP

"Johann Zarco dan Hafizh Syahrin akan berjuang untuk posisi teratas dan tanpa diragukan lagi, Yamaha bisa mengandalkan kita. Sekali lagi terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Yamaha. Saya berharap mereka bisa terus maju dan memiliki kesuksesan yang pantas mereka dapatkan dan akhirnya menemukan pasangan untuk menggantikan Tech3," jelas Poncharal.

"Baru-baru ini kami diberitahu oleh Herve Poncharal, pemilik Tech3, bahwa dia telah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya dengan Yamaha untuk menyewa sepeda YZR-M1. Setelah berdiskusi dengan Herve, jelas bahwa dia telah memilih untuk menyesuaikan diri dengan pasangan baru," beber Kouichi Tsuji, GM Motorsports Development Division, YMC - President YMC.

"Kami menghormati dan menerima keputusannya. Akhir dari kemitraan yang sukses dan sedikit menyedihkan, karena ini juga menandai berakhirnya hubungan jangka panjang. Kami sangat berterima kasih atas Herve atas loyalitas dan dukungan untuk Yamaha dan untuk hasil terbaik yang diperoleh sepanjang waktu. Kami akan terus memberikan dukungan penuh kepada Tech3 dan pebalap mereka sepanjang musim 2018," tutup Tsuji.

Hubungan yang sudah tak harmonis antara Tech3 dengan Yamaha memang sudah terendus sejak beberapa waktu lalu. Ini terkait rencana Valentino Rossi yang juga akan segera memiliki tim baru. Rossi memang tidak menutup kemungkinan akan segera pensiun dari balap. Karena hingga kini dirinya juga belum melakukan perpanjangan kontrak dengan Yamaha yang akan berakhir musim 2018 ini.

Meski nantinya tak lagi membalap, namun bisa saja Rossi akan mulai fokus dengan tim balap miliknya. Di mana kini tim balap milik juara dunia 9 kali tersebut juga sudah turun di Kelas Moto2 maupun Moto3 sejak musim 2017 lalu.

Baca Juga
Gerry Salim Fokus Balap Eropa di Musim 2018
Jersey Sakral di Dunia Balap Sepeda

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 23 February 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company