image

Marc Marquez Si Pemecah Rekor

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Superbikeplanet | Editor: Andi Wahyudi | 27 February 2018

SPORTKU.COM

Inilah catatan-catatan rekor yang berhasil dibuat oleh Marc Marquez dalam kiprahnya di dunia balap MotoGP sejauh ini.

Saat Marc Marquez debut bersama tim pabrikan Repsol Honda pada tahun 2013—dengan menggantikan juara dunia sebanyak dua kali Casey Stoner—hanya sedikit yang memprediksi bahwa pebalap asal Spanyol itu bisa juara di ajang debutnya di MotoGP.

Sejak saat itu, Marquez selalu menjadi pebalap paling dominan di MotoGP. Dalam lima musim ia berkarir di ajang ini, pebalap berusia 25 tahun itu hanya gagal menjadi juara dunia pada tahun 2015—dengan menempati urutan ketiga di klasemen akhir.

Saat ini, pria kelahiran Carvera, Spanyol pada 17 Februari 1993 itu sudah memenangkan empat gelar juara dunia dan di masa depan ia diprediksi akan kembali memecahkan rekor demi rekor, menilik dirinya baru saja memperpanjang kontrak bersama Honda sampai tahun 2020 mendatang.

Di musim debutnya di MotoGP pada 2013 lalu, Marquez tercatat berhasil memecahkan tiga rekor. Pertama adalah ia berhasil menjadi pebalap termuda yang memenangkan kelas utama Grand Prix saat finish di posisi pertama di GP Amerika pada usia 20 tahun 63 hari atau memecahkan rekor yang dicatat oleh Freddie Spencer.

Kedua, Marquez berhasil menjadi pebalap termuda yang berhasil memenangkan empat balapan beruntun alias menyamai rekor Kenny Roberts sebagai pebalap rookei yang bisa melakukan catatan tersebut.

Baca juga
Highlights Drag Bike Bodisa 2018

Dan terakhir, ketiga. Pebalap bernomor 93 itu berhasil menjadi juara dunia dan membuat dirinya sukses keluar sebagai pemain yang paling muda yang sukses menjadi juara dunia sebagai seorang rookie.

Sementara di tahun 2014, Marquez kembali menjadi juara dunia. Di musim ini, lagi-lagi pria yang mendapatkan julukan Baby Alien itu membuat beberapa rekor, termasuk rekor-rekor yang berumur cukup tua.

Marquez tercatat sebagai pebalap pertama sejak Giacomo Agostini pada 1970 yang memenangi 10 balapan pertama dalam satu musim. Selain itu, dirinya keluar sebagai pebalap termuda yang mencatatkan rekor tersebut melewati catatan Mike Hailwood.

Di tahun 2016, Marquez keluar sebagai pebalap paling muda yang berhasil memenangkan tiga gelar juara dunia dan di tahun 2017, pebalap Honda itu sukses memenangkan gelar juara keempat di MotoGP atau keenam di semua kejuaraan dunia balap motor Grand Prix.

Menyambut musim 2018 mendatang, akankah Marquez bisa konsisten lahirkan prestasi? Jawabannya tentu akan bisa diketahui dalam waktu yang tak lama lagi.

Baca juga
Mourinho Puji Bintang Muda MU

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Superbikeplanet | Editor: Andi Wahyudi | 27 February 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company