image

Aprilia Siapkan Fairing Aerodinamika Terbaru di Tes Pramusim Qatar

Text : Suhartono | Photo / Video : Aprilia | Editor: Andi Wahyudi | 27 February 2018

SPORTKU.COM

Berbagai pengembangan terus dilakukan oleh Aprilia agar bisa tampil lebih kompetitif di MotoGP 2018.

Musim balap 2018, Aprilia akan mengandalkan Aleix Espargaro dan Scott Redding. Tak mau hanya menjadi kuda hitam di gelaran bergengsi MotoGP, tim pabrikan asal Italia ini pun terus melakukan berbagai pengembangan. Termasuk pada desain fairing aerodinamika.

Usai melakukan tes pramusim di Thailand, Aprilia bersama Espargaro dan Redding juga sudah melakukan pengujian terowongan angin (wind tunnel) di Universitas Perugia. Hasil pengujian wind tunnel tersebut akan menjadi dasar bagi evolusi pada Aprilia RS-GP 2018, terutama sebuah fairing baru.

"Penelitian aerodinamika kini telah menjadi bagian integral pengembangan motor MotoGP yang modern. Tidak hanya dalam hal sayap, yang merupakan ekspresi paling terlihat, tapi karena di lapangan semua motor bermain sangat rata, maka setiap detail kecil menjadi faktor penentu," ungkap Romano Albesiano, Aprilia Racing Manager.

Baca Juga
Neymar Menangis! Terancam Absen Lawan Real Madrid (Video)

"Aleix dan Scott memiliki karakteristik fisik yang sangat berbeda sehingga memerlukan penyempurnaan aerodinamis yang beragam untuk mengoptimalkan efisiensi. Uji coba terowongan angin hanyalah bagian dari studi aerodinamika, yang juga terdiri dari simulasi komputer dan pemeriksaan yang dilakukan secara langsung pada sirkuit."

Albesiano mengatakan jika timnya akan membawa paket aerodinamika versi terbaru pada Aprilia RS-GP 2018 pada saat tes pramusim terakhir di Sirkuit Losail, Qatar pada 1 Maret mendatang. "Sedangkan evolusi kedua akan direncanakan begitu musim ini sedang berlangsung," imbuhnya.

Aprilia meluncurkan fairing aerodinamika paling baru di awal tahun 2017 lalu. Setelah itu Aprilia beralih ke desain 'kotak' yang mirip dengan milik Ducati dan lebih ekstrem. Desain fairing aerodinamika tersebut terus digunakan dalam pengujian musim dingin.

Sementara itu, kelima produsen lainnya sudah mencoba setidaknya satu fairing baru di tahun 2018. Meski hingga kini masih harus menunggu keputusan dari Dorna desain mana yang akan diperbolehkan untuk terus digunakan pada gelaran resmi MotoGP.

Baca JUga
Beda Fairing Aerodinamika dengan Winglet Pada Motor Balap MotoGP
Antonio Cairoli Perpanjang Kontrak 2 Musim dengan KTM di MXGP

Text : Suhartono | Photo / Video : Aprilia | Editor: Andi Wahyudi | 27 February 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company