image Ekspresi kegembiraan peserta GFNY Bali melewati garis finish. catatan waktu setiap peserta akan dihitung untuk menentukan juara dalam event Gran Fondo Ekspresi kegembiraan peserta GFNY Bali Gran Fondo adalan ajang balap sepeda bagi semua kalangan. Ilustrasi: Gran Fondo adalah race balap sepeda jarak jauh yang terbagi berdasarkan kategori umur Gran Fondo biasanya melintasi kawasan yang indah. (Foto: Adi Supriyatna)

Mengenal Seluk Beluk Gran Fondo

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Dok. Sportku | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Berbagai sumber | 28 February 2018

uploads/news/2018/02/mengenal-gran-fondo-116555e17e9f4a4.JPG

Mengenal Gran Fondo

fun-photo-gfny-96256b51fa5131b
fun-photo-gfny-2521518a6548476
fun-photo-gfny-55831faaf9b8b24
photo-gfny-bali-283242c1acc714e
krakatau-granfondo-2017-90728a5e91ca908
SPORTKU.COM

Beberapa tahun belakangan ini, di Indonesia marak digelar event bersepeda Gran Fondo dan dalam setiap penyelenggaraannya, mampu menyedot ribuan pesepeda.

Lantas, seperti apa event ini sebenarnya?

Gran Fondo berasal dari bahasa Italia yang berarti "Bersepeda Jarak Jauh". Event Ini mulai berkembang di Italia pada tahun 1970 dan ditujukan untuk menghormati para pakar bersepeda dan profesional lokal yang meraih prestasi di ajang internasional dan memenangkan berbagai turnamen. Event Gran Fondo pertama yang diselenggarakan adalah Nove Colli (Sembilan Bukit) pada 12 Juli 1970, di Cesenatico, Italia.

Gagasan di balik event ini adalah menyelenggarakan lomba bagi kalang pro-rider sepeda di kota kelahiran para “selebriti” bersepeda dan dengan melintasi rute yang ikonik dan tertutup.

Format acara Gran Fondo tergolong spesial dan di Italia sendiri, event ini disertifikasi secara resmi dan ditetapkan oleh Federasi Bersepeda Italia.

Beberapa hal mendasar pada Gran Fondo adalah jarak tempuh yang mencakup minimal 120 kilometer, berupa lomba (dilakukan perhitungan waktu) dan tersedia hadiah untuk rider tercepat di setiap kategori.

Baca juga:
INILAH TUNGGANGAN DAN KIT TIM CRC MAVIC PADA MUSIM 2018

Baca juga:
JURGEN RABB SAMAKAN RIKO SIMANJUNTAK DENGAN TOKOH KARTUN

Lintasan pada sebuah event Gran Fondo umumnya memiliki panoram yang indah. Di sepanjang rute yang dilalui juga terdapat marka jalan dan dilengkapi dengan titik berhenti untuk mengatasi masalah mekanis dan medis, serta terdapat zona khusus dimana tersedia makanan lezat dan minuman untuk semua peserta.

Lintasan yang digunakan biasanya terdiri dari dua kategori, panjang (di atas 100km) dan pendek (kurang dari 100km).

Peserta Gran Fondo sendiri pada dasarnya adalah semua kalangan, baik profesional maupun amatir. Event ini terbagi dalam bebeberapa kategori lomba, yang mungkin saja berbeda antara satu event dengan lainnya.

Perbedaan penting antara versi Italia dan AS adalah, pada versi italia, event ini digelar di lintasan yang tertutup. Sedangkan di AS, lalu-lintas tetap dibuka.

Event Gran Fondo di dunia kini sangat banyak dan tersebar di sejumlah negara atau benua. Menurut catatan, terdapat lebih dari 200 event di Amerika Utara pada tahun 2017.

Gran Fondo juga telah diakui secraa resmi oleh federasi bersepeda internasional (UCI), dengan adanya Seri Dunia Gran Fondo (UCI Gran Fondo World Series) yang diluncurkan sejak tahun 2011 silam. Sebelumnya dikenal dengan UCI World Cycling Tour, seri ini adalah rangkaian balapan yang diadakan di seluruh dunia.

Juara grup Kejuaraan Dunia Gran Fondo juga akan dianugerahi jersey Pelangi UCI. Event kualifikasi terbuka untuk pesepeda dari semua tingkatan umur.

Di Indonesia sendiri, kini juga terdapat sejumlah event Gran Fondo yang aktif atau telah digelar, diantaranya Gran Fondo New York (GFNY) yang pernah diselenggarakan di Lombok dan Bali, Gran Fondo Krakatau di Banten, serta event lainnya.

Gran Fondo adalah sebuah event yang ditujukan bagi para pesepeda, khususnya penggemar road bike, dari berbagai kalangan. Sebelum berpartisipasi dalam event ini, ada baiknya Anda memastikan untuk menyiapkan diri dalam hal pengalaman, kepercayaan diri dan kebugaran. Dengan demikian, Anda bisa menentukan track atau kategori apa yang sesuai untuk anda.

Selamat mengikuti Gran Fondo!

 

Peserta GFNY Bali saat melewati finish. Catatan waktu peserta akan dihitung untuk menentukan juara dalam event Gran Fondo

fun-photo-gfny-96256b51fa5131b.JPG

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Dok. Sportku | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Berbagai sumber | 28 February 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company