image

Peluang Persipura Juara Liga 1 Musim 2018

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Piala Presiden Official | Editor: Andi Wahyudi | 1 March 2018

SPORTKU.COM

Akankah Persipura bisa keluar menjadi juara Liga 1 musim 2018 setelah tim tersebut dilanda berbagai masalah jauh sebelum kompetisi dimulai.

Persipura Jayapura barangkali keluar sebagai tim yang paling terakhir yang menyiapkan pemain untuk mengikuti Liga 1 musim 2018 yang akan bergulir pada pertengahan Maret 2018 nanti.

Keterlambatan Persipura dalam menyambut musim 2018 harus dibayar mahal. Mayoritas punggawa mereka di musim lalu memilih hijrah ke tim lain. Nama-nama tenar seperti Nelson Alom, Ruben Sanadi, Fery Pahabol, dan Ricky Kayame memilih hijrah.

Belum lagi pemain asing seperti Addison Alves dan Yoo Jae-hoon yang punya kontribusi luar biasa bagi tim musim lalu pun harus angkat kaki. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Persipura kehilangan banyak pemain andalan dan tentu hal ini secara otomatis melemahkan kekuatan tim.

Persipura sendiri tercatat baru menjalani latihan perdana pada akhir Januari 2018 lalu setelah mereka merekrut Peter Butler, pelatih berdarah Inggris yang pernah punya pengalaman melatih di Indonesia dengan menukangi Persiba Balikpapan itu.

Lantaran baru melakukan persiapan tim, Persipura pun absen dalam turnamen pramusim seperti Piala Presiden dan Piala Gubernur Kaltim. Padahal, dua turnamen tersebut dianggap sebagai ajang bagi tim untuk mencoba pemain baru mereka dan juga menguji skema taktik guna menentukan 11 pemain terbaik yang akan dipersiapkan di liga mendatang.

Tak memiliki cukup dana, seolah-olah menjadi alasan klasik mengapa Persipura tak ikut dalam turnamen tersebut. Masalah yang sudah hadir sejak tahun 2015 lalu itu seolah-olah menghantui dan membuat tim kesulitan untuk meraih prestasi.

Memang tak sepenuhnya benar, mengingat, dalam dua tahun terakhir Persipura sukses menjuarai turnamen jangka panjang Indonesia Soccer Championship ISC) A di tahun 2016 dan Juara Liga 1 U-19 pada tahun 2017.

Namun, menilik dari pergerakan transfer mereka, terlihat bahwa tim ini hanya mengandalkan uang yang tak lebih banyak ketimbang kontestan liga lainnya. Hal itu terlihat dari tak ada nama populer yang didatangkan, bahkan di musim lalu saja mereka tidak ikut serta dalam mendatangkan marquee player. Hasilnya, Persipura hanya menempati peringkat ke-6 di klasemen akhir.

Baca juga
Kemenangan Tottenham Diwarnai Kontroversi VAR

Musim 2018, Musim Kebangkitan?

Meski terpuruk, namun jelang musim 2018 bergulir, Persipura diprediksi akan bangkit. Kabarnya, mereka akan kembali disponsori oleh PT Freeport Indonesia—sponsor yang sebelumnya sempat memutus kontrak dengan Persipura.

Dananya pun cukup fantastis, dikutip dari Tabloid Jubi. Persipura akan kecipratan dana sebesar Rp7,5 miliar dari perusahaan yang bergerak di bidang tambang itu. Bahkan mereka akan menambah dana sebesar Rp1,5 miliar bila mereka bisa menjadi kampiun di akhir musim nanti.

Dengan dana tersebut, tak heran bila pada akhir Februari 2018 lalu, Persipura mendatangkan pemain asing yang memiliki reputasi bagus seperti Marcel Sacramento (Brasil), Hilton Moreira (Brasil), dan Abdoulaye Maiga (Mali).

Bahkan, untuk melengkapi kuota empat pemain asing, Persipura selangkah lagi akan mendatangkan pemain asal Uzbekistan, Dilshod Sharofetdinov.

Meski banyak kehilangan pemain, namun Persipura juga masih mampu mempertahankan pemain andalan mereka musim lalu seperti Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Immanuel Wanggai, Muhammad Tahir, Ian Louis Kabes, Boaz Solossa sampai Friska Womsiwor.

Belum lagi pemain yang berasal dari tim U-19 mereka yang naik pangkat macam Todd Rivaldo Albert Ferre yang keluar sebagai pemain terbaik di Liga 1 U-19.

Bila menilik susunan pemain yang disebutkan di atas, Persipura masih memperlihatkan bahwa mereka siap bersaing di musim 2018 mendatang. Bukan tidak mungkin, mereka bisa mengulangi prestasi tahun 2016 lalu yang secara tak diduga menjadi juara meski mendapatkan kondisi yang nyaris serupa dengan saat ini.

Baca juga
Perkenalkan,Ini Maskot Olimpiade Tokyo 2020

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Piala Presiden Official | Editor: Andi Wahyudi | 1 March 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company