Mampukan Andi Gilang Wujudkan Mimpi AHRT di ARRC 2018?

Text : Suhartono | Photo / Video : AHRT | Editor: Andi Wahyudi | 1 March 2018

SPORTKU.COM

Akan ada beberapa nama baru di ajang balap bergengsi Asia Road Racing Championship (ARRC) 2018.

Salah satu nama baru di ARRC 2018 adalah Andi Farid Izdihar atau yang akrab disapa Andi Gilang. Pebalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan ini akan banting setir ke kawasan Asia. Setelah sebelumnya membalap di kancah Eropa dalam gelaran CEV Moto3 Junior World Championship.

Di ARRC 2018 nanti, Andi Gilang akan turun di Kelas Supersport 600cc (SS600). Menemani Irfan Ardiansyah yang sebelumnya telah turun pada kelas tersebut, Andi Gilang bertekad mengandalkan pengalaman dan kompetensinya untuk mengukir prestasi ataupun sejarah baru bagi Indonesia di Kelas Supersports 600cc.

Andi Gilang yang musim 2018 diplot di ARRC memang cukup mengejutkan. Sebab sebelumnya dia sudah dua tahun membalap di CEV Moto3 Junior World Championship. Namun hasil yang tak sesuai dengan ekspektasi AHRT (Astra Honda Racing Team) membuatnya turun kelas. Di mana musim lalu, Andi Gilang hanya bisa bertengger di peringkat 17 klasemen akhir.

Memang cukup berat bagi Andi Gilang untuk bisa bersaing di level teratas pada Kejuaraan ARRC 2018. Bukan hal mudah baginya memberikan perlawanan terhadap para seniornya. Semua pebalap tentu ingin memberikan yang terbaik. Apalagi mengingat Kelas Supersport 600 menjadi musim terakhir di ARRC 2018 sebelum diganti Kelas Superbike 1000.

Beban berat pasti berada di pundak Andi Gilang. Mengingat dirinya juga hadir sebagai mantan pebalap yang selama dua musim penuh bersaing di FIM CEV, balapan paling bergengsi di Eropa. Dan yang secara level balapan di Eropa dipandang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Asia.

Baca Juga
Tak Sesuai Harapan, dari Eropa Andi Gilang Digeser ke ARRC 2018

Meski sejatinya, nama Andi Gilang di ajang balap ARRC sendiri sejatinya bukan hal baru. Beberapa kali dirinya pernah turun di ARRC. Sejak tahun 2015 silam, pebalap kelahiran 14 Agustus 1997 ini sudah mulai mencicipi sengitnya persaingan di ARRC.

Di tahun 2015, Andi Gilang turun di ARRC Kelas Supersport 600 dengan menggantikan M. Fadli Imammuddin yang sebelumnya mengalami kecelakaan fatal saat balapan di ARRC Sentul. Hingga akhir musim, Andi Gilang menduduki posisi 14 dengan kemasan 47 poin.

Pada tahun 2016, Andi Gilang kembali mendapat kesempatan yang sama. Di mana saat itu dirinya membalap di ARRC Thailand di Sirkuit Chang Buriram. Kesempatan Andi Gilang balapan di ARRC juga masih dia rasakan pada tahun 2017 lalu. Namun saat itu di Kelas Asia Production 250cc (AP250). Pada Race 1, Andi Gilang finish ke-3 dan Race 2 menjadi runner up.

Panasnya kompetisi di ARRC 2018 yang akan menjadi awal perjuangan Andi Gilang pun sudah dirasakan pada tahapan tes pramusim di Sirkuit Chang Buriram, Thailand. Pada hari pertama uji coba, Andi Gilang pun sudah cukup gesit. Motor balapnya Honda CBR600 mampu dia geber dengan raihan waktu 1menit 40.203detik dan menempatkan dirinya di posisi 9.

Catatan waktu tersebut memang masih cukup jauh jika dibandingkan dengan milik Azlan Shah Kamaruzaman. Pebalap asal Malaysia yang musim lalu menjadi juara umum bersama Manual Tech KYT Kawasaki Racing Team itu berada di posisi terdepan dengan torehan waktu 1menit 38.936detik. Sedangkan di hari kedua tes pramusim, Andi Gilang menduduki posisi 13 dengan waktu 1menit 40.213detik.

“Saya merasa sangat positif di kesempatan 2 hari tes pra musim ini untuk merasakan CBR600RR. Beberapa setup sudah dicoba saat tes dan arahnya sudah positif. Saya cukup percaya diri untuk bisa mendapat yang lebih baik lagi saat balap nanti,” ujar Gilang.

Baca Juga
5 Pakaian Wajib Pebalap Road Race
Regulasi Baru WSBK 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : AHRT | Editor: Andi Wahyudi | 1 March 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Ketika Murid Rossi Tak Berkutik

Ketika Murid Rossi Tak Berkutik

TOPIC OF THE WEEK
Geliat Arsenal Bersama Unai Emery

Geliat Arsenal Bersama Unai Emery

TOPIC OF THE WEEK
Sejarah COTA F1

Sejarah COTA F1

TOPIC OF THE WEEK
Kritikan Rossi Berbuah Manis

Kritikan Rossi Berbuah Manis

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company