image

Lepas dari Yamaha, Kemana Tech3 Akan Berlabuh? KTM atau Suzuki!

Text : Suhartono | Photo / Video : Tech 3 | 2 March 2018

SPORTKU.COM

Pengumuman mengejutkan datang dari Tech3 yang memutuskan untuk berpisah dengan Yamaha di akhir musim 2018.

Tech3 merupakan tim balap motor yang saat ini berlaga di ajang MotoGP. Sejak pertama kali berkompetisi di kelas bergengsi MotoGP, Tech3 sudah menjadi tim satelit Yamaha. Tech3 didirikan oleh mantan pebalap Herve Poncharal serta dua teknisi, Guy Coulon dan Bernard Martignac.

Namun setelah 18 tahun bersama pabrikan Jepang, tim yang berbasis di Perancis ini akhirnya mulai merasa jenuh dengan Yamaha. Putusnya hubungan antara Tech3 dengan Yamaha pun menimbulkan banyak spekulasi dan pertanyaan-pertanyaan menarik lainnya.

Salah satunya yang hingga kini belum terjawab juga mengenai motor apa yang akan digunakan olleh skuad Tech3 di MotoGP 2019 dan seterusnya. Memang tak cukup menyulitkan bagi Tech3 untuk bisa mencari sandaran baru. Terlebih lagi Tech3 juga menjadi salah satu tim satelit terbaik di MotoGP. Tentu prestasi tersebut akan mampu menarik banyak minat para produsen.

Hingga kini memang setidaknya ada lima produsen alternatif yang bisa dipilih oleh Tech3, yakni Honda, Ducati, Aprilia, KTM, dan Suzuki. Namun bila mengerucut mana pabrikan yang akan menjadi arah Tech3 kedepan, hanya ada dua kandidat realistis, yaitu Suzuki dan KTM.

Namun jika melihat kondisi di lapangan dengan beberapa fakta di dalamnya, KTM dianggap jauh lebih mungkin menjadi pelamar Tech3. Dari segi finansial sendiri, pabrikan asal Austria ini memang dipandang cukup memiliki banyak uang ketimbang Suzuki.

Baca Juga
Mampukah Andi Gilang Wujudkan Mimpi AHRT di ARRC 2018?

Tak bisa dipungkiri pula, Marc VDS disebut-sebut sebagai kandidat potensial untuk berteman dengan pabrikan KTM. Bahkan kabar tersebut juga sudah muncul sejak akhir tahun lalu. Meski pada akhirnya, tim dari Belgia ini tampaknya harus menelan rasa kecewa dengan memburuknya hubungannya dengan Honda. Terutama setelah Jack Miller membelot ke tim satelit Pramac Ducati.

Dari sisi prestasi saja, Tech3 lebih unggul jika disejajarkan dengan Marc VDS. Musim lalu, pebalap Tech3 Johann Zarco begitu banyak mencuri perhatian. Debutnya di kelas premier MotoGP mampu mengantarkan Tech3 menduduki podium juara sebanyak 3 kali.

Selain itu, Zarco juga sudah sejak lama menjadi incaran KTM. Zarco memang pernah dikaitkan akan masuk bursa transfer dengan menandatangani kontrak barunya bersama KTM. Mungkin juga, KTM akan menduetkan Zarco dengan Pol Espargaro. Kondisi ini membuatnya semakin tak menutup kemungkinan Tech3 juga akan menjadi mitra kerja KTM.

Hubungan Tech3 dengan Yamaha sendiri memang sudah tidak harmonis sejak lama. Ini terjadi sejak desas-desus akan masuknya tim VR46 milik Valentino Rossi ke MotoGP. Rossi memang tidak menutup kemungkinan akan segera pensiun dari balap. Meski nantinya tak lagi membalap, namun bisa saja Rossi akan mulai fokus dengan tim balap miliknya. Di mana kini tim balap milik Rossi juga sudah turun di Kelas Moto2 maupun Moto3 sejak musim 2017 lalu. Dan kini semakin jelas terbuka kemungkinan Rossi untuk bermitra dengan Yamaha di kelas utama.

Carmelo Ezpeleta, bos Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP juga mengatakan bahwa dia siap untuk menjamin skuat Rossi berada di kelas utama meskipun grid secara teoritis hanya ada 24 sepeda. Jika ini terjadi, tentu saja akan menjadi pilihan berat bagi Yamaha. Antara mempertahankan Tech3 atau menggantinya dengan Team VR46.

Sementara itu, kini di MotoGP 2018, Monster Yamaha Tech3 masih tetap mengandalkan Zarco dan pebalap anyar asal Malaysia Hafizh Syahrin.

Baca Juga
8 Teknologi Andalan Ban FDR (Infografis)
SND Racing, Tim Kuning dari bandung (Video)

Text : Suhartono | Photo / Video : Tech 3 | 2 March 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company