image Persija Pemenang Piala Presiden 2018 Teco memberi selamat kepada pemain usai laga kontra Tampines Pemain Persija merayakan gol Teco memberi instruksi di pinggir lapangan

Teco Pelepas Dahaga Trofi Persija?

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 4 March 2018

uploads/news/2018/03/teco-pelepas-dahaga-trofi-401788b3d337120.JPG

Teco Pelepas Dahaga Trofi Persija?

final-piala-presiden-38871e94ca622e7
piala-afc-persija-59223bb7aad092c
piala-afc-persija-853009ebf407381
piala-afc-persija-327069232f1bb69
SPORTKU.COM

Kehadiran Stefano Cugurra Teco di kursi pelatih Persija Jakarta membawa angin segar setelah tim ini lama tertidur dalam hal prestasi.

Persija Jakarta, jika mendengar nama tersebut pasti Anda tahu bahwa mereka adalah klub dengan nama besar dan memiliki basis penggemar terbesar di Indonesia ditambah letak mereka di jantung Ibu Kota Indonesia. Namun, hal itu justru tak sebanding dengan prestasi yang ditorehkan tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Tercatat, terakhir kali mereka mengangkat piala pada 2001 silam. Sudah cukup lama tentunya untuk klub sebesar Persija Jakarta. Sampai akhirnya pada awal 2017 lalu, manajemen menunjuk pria asal Brasil, Stefano Cugurra Teco sebagai pelatih.

Ditunjuknya Teco tentu tak serta merta semua penggemar merasa optimistis. Apalagi, komposisi skuat mereka bisa dibilang tidak setangguh tim lain, seperti Persib Bandung atau Arema FC. Namun, perlahan tapi pasti, Teco mampu membuat Persija bangkit.

Musim lalu, target yang diberikan manajemen sebenarnya finish di urutan lima besar saja. Dan diluar dugaan mereka mampu finish  di peringkat empat dengan torehan 61 poin. Cukup mengejutkan memang karena di awal musim mereka tidak diprediksi mampu bertengger di empat besar.

Baca Juga:
Pesawat Dilarang Melintasi Rumah Messi

Persija saat menjuarai Piala Presiden 2018

final-piala-presiden-38871e94ca622e7.JPG

Dan kini, Persija berhasil bangkit kembali hanya dalam kurun waktu satu tahun sejak Teco melatih. Pada 2018, mereka tercatat dua kali menjuarai turnamen pra musim, yaitu Boost Sports Super Fix Cup di Malaysia dan Piala Presiden 2018. Satu pertanyaan pun muncul, sebenarnya apa kunci Persija?

Kejeniusan Teco

Teco memang dikenal sebagai pelatih yang selalu meminta kerja keras dari para pemainnya. Ia juga tidak mau tim asuhannya hanya bergantung pada satu atau dua pemain. Hal itu seperti diungkapkan usai mengalahkan Tampines Rovers di laga kedua Piala AFC, Rabu (28/2).

Di laga tersebut, Persija harus kehilangan bek andalan mereka, Jaimerson da Silva Xavier yang mendapat kartu merah. Karena itu pula Jaime dipastikan tidak bisa bermain saat Persija bertandang ke markas tim kuat Vietnam, Song Lam Nghe An (SLNA).

Baca Juga:
Lagi! Conte Sindir Manajemen Chelsea

Teco dikenal jeli dalam memilih pemain

piala-afc-persija-327069232f1bb69.JPG

Tapi, Teco tidak terlalu ambil pusing, ia mengatakan Persija tidak terdiri dari 11 pemain. "Saya selalu katakan kepada pemain kalau Persija bukan cuma 11 pemain, tapi ada 30. Mereka semua berlatih dengan porsi yang sama, jadi kalau dipanggil harus siap,"

Dari jawabannya itu, terlihat ia tidak memfokuskan tim pada kekuatan 1 atau 2 pemain saja. Hal itu jelas sangat penting bagi sebuah tim, apalagi tahun ini Persija menjalani jadwal yang sangat padat. Teco tentu harus pintar-pintar dalam meracik pemain agar tidak kehabisan bensin di tengah kompetisi.

Selain faktor di atas. Kejeniusan Teco yang lain adalah dalam hal merekrut pemain, ia selalu mendatangkan pemain yang sesuai kebutuhan tim. Bisa dilihat dari datangnya Riko Simanjuntak, Arthur Bonai, Asri Akbar, Jaimerson, dan yang paling fenomenal tentu saja, predator lini depan, Marko Simic. Hadirnya pemain-pemain tersebut membuat Persija kini sangat solid dan seimbang baik ketika menyerang dan bertahan.

Memang masih terlalu naif mengatakan kalau Teco sudah membawa Persija bangkit karena mereka baru menjuarai turnamen pra musim. Tetapi, kita tentu mengacungkan jempol kepada Teco jika melihat pertandingan mereka sejauh ini karena untuk sementara ia berhasil membangkitkan Macan Kemayoran yang telah lama tertidur.

Baca Juga:
Pierre Gasly Berikan Sinyal Positif Tentang Mesin Honda

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 4 March 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company