image

Israel Undang Paus Fransiskus Lepas Giro 2018

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Velonews | 5 March 2018

SPORTKU.COM

Giro d'Italia tahun ini kaya akan simbolisme. Berawal di Yerusalem dan berakhir di Roma, menghubungkan dua kota suci Kristen.

Para pendukung "Big Start" (start awal Giro d'Italia) di Israel mengirim undangan resmi kepada Paus Fransiskus untuk menghadiri dan memberkati Giro yang akan dimulai pada 4 Mei mendatang di Yerusalem.

"Kami berharap dia datang. Kami berkoordinasi dengan pejabat Vatikan dan menunggu kabar selanjutnya," kata Sylvan Adams, tokoh yang mendorong Giro ke Israel.

Adams, secara pribadi, telah menyampaikan undangan resmi dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kepada Paus Fransiskus dalam sebuah kunjungan kepausan pada bulan Oktober lalu dan meminta kepala Gereja Katolik itu untuk merestui perlombaan tersebut kepada publik di Yerusalem.

Adams sendiri mengatakan kepada VeloNews dalam sebuah wawancara telepon bahwa undangan tersebut adalah gagasan Netanyahu.

Sebagai bagian dari upaya untuk membangun dukungan kelembagaan awal Giro Israel, Adams mengadakan pertemuan dengan Netanyahu untuk memberi tahu mengenai proyek tersebut. Dalam pertemuan tersebut, disebutkan juga bahwa ia dijadwalkan bertemu dengan Paus Fransiskus.

"Saya mengatakan kepada (Netanyahu) bahwa saya akan bertemu dengan Paus, dan dia menulis sebuah undangan yang indah kepada Yang Mulia," kata Adams.

"Paus mengucapkan terima kasih atas undangannya, dan (Vatikan) mempertimbangkannya. Paus Fransiskus terakhir mengunjungi Israel pada tahun 2014 untuk menandai ulang tahun ke-20 hubungan diplomatik antara “Tahta Suci” dan negara Yahudi tersebut.

Pemberian restu kepada Giro juga bukan menjadi yang pertama. Gereja Katolik telah lama memelihara hubungan dekat dengan lomba bersepeda profesional, dan sejumlah Paus telah memberkat awal perlombaan selama beberapa dekade.

Tiga Paus yang berbeda, secara pribadi, juga memberkati Gino Bartali (pebalap sepeda religius yang membantu menyelamatkan ratusan orang selama Holocaust). Paus Paulus VI juga turut memberkati dimulainya Giro 1974. Dan, pada tahun 2000, Paus Yohanes Paulus II - yang sekarang menjadi Saint John Paul - memberkati dimulainya Giro, kepada pebalap, seperti Marco Pantani dan Mario Cipollini.

Baru bulan lalu, juara dunia bertahan tiga kali Peter Sagan juga bertemu dengan Paus Fransiskus dan mempersembahkan jersey Pelangi dan sepeda khusus yang disesuaikan dengan mantel berlambang Vatikan dan nama Paus yang terpampang di frame.

Hanya saja, tidak semua orang mendukung gagasan tentang berkat kepausan resmi atau bahkan Giro yang dimulai di Israel. Kelompok Kristen Palestina mendesak Paus untuk tidak menghadiri Giro. Kelompok lain menyerukan pemboikotan Giro di Israel dan mendesak panitia perlombaan untuk memindahkan dimulainya acara tersebut.

Namun, sejauh ini sepertinya tidak ada indikasi bahwa penyelenggara Giro akan mengubah rencananya.

Baca juga:
ABRAHAM WENAS RAIH GELAR ROOKIE OF THE YEAR IBL PERTALITE 2017/2018

Baca juga:
KLOPP “PAKSA” LIVERPOOL JAGA FIRMINHO

 

Paus Francis memberkati Maglia Rosa sebelum start Giro tahun 2014 (Foto: Tim De Waele)

israel-undang-paus-francis-44725f60d1e26c7.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Velonews | 5 March 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company