image Skandal doping terbesar dunia dalam film Icarus Dan Cogan, kiri depan dan sutradara Bryan Fogel saat memberikan sambutan untuk Icarus yang meraih Piala Oscar 2017 sebagai Film Dokumenter Terbaik

Icarus, Skandal Doping Raih Piala Oscar

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Variety | Editor: Andi Wahyudi | 5 March 2018

uploads/news/2018/03/icarus-skandal-doping-peraih-53915d41e3c4a8f.jpg

Icarus, Skandal Doping Peraih Oscar

oscars-for-sport-39436c1ab58956c
oscars-for-sport-22195d9d918f3b5
SPORTKU.COM

Icarus yang membeberkan skandal doping Rusia memenangkan Piala Oscar 2017, Senin (5/3).

Icarus sebagai film dokumenter terbaik Academy Awards yang disutradarai oleh Bryan Fogel dan produser Dan Cogan merupakan penghargaan Oscar pertama bagi Netflix sebagai distributor. Kemenangan Icarus bukan diraih dengan mudah. Butuh 14 tahun untuk bisa menempatkannya dalam bisnis film Internasional.  

Film dokumenter ini membeberkan skandal doping internasional melalui Dr. Grigory Rodchenkov, mantan direktur Pusat Anti-Doping Rusia. Dia adalah salah satu tokoh penting yang mengungkapkan para atlet Rusia dalam penggunaan doping sebagai peningkat performa di Olimpiade.

Film dokumenter karya Fogel ini membantu pelarangan Rusia untuk berlaga di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, Korea Selatan baru-baru ini. Pejabat Olimpiade akhirnya mengizinkan atlet Rusia untuk berpartisipasi di bawah bendera netral sebagai "Atlet Olimpiade dari Rusia."

Baca Juga:
Kobe Bryant, Atlet Pertama Yang Raih Piala Oscar

Fogel mengatakan dalam sambutannya, "Kami mempersembahkan penghargaan ini kepada Dr. Grigory Rodchenkov, whistleblower yang tak kenal takut yang kini hidup dalam bahaya besar. Kami harap 'Icarus' adalah peringatan bagi Rusia, tapi lebih dari itu, tentang pentingnya mengatakan tentang kebenaran".

Fogel juga mengecam Komite Olimpiade Internasional untuk kasus doping Rusia ini sebagai sebuah penipuan besar dan organisasi yang korup.

Cogan juga mengatakan bahwa Rodchenkov kini berada di bawah perlindungan Amerika Serikat akibat pengungkapannya tentang skandal doping dan Kepala Komite Olimpiade Rusia mengatakan bahwa Rodchenkov harus ditembak.

Fogel dan Cogan memuji Netflix, telah menayangkan film ini secara streaming di 190 negara. "Netflix telah mengubah dunia film dokumenter. Saya merasa terhormat bahwa ini menjadi film sukses mereka," sambung Fogel.

Icarus perdana tayang pada Sundance Film Festival 2017 dan dibeli oleh Netflix sebesar US$5 juta, salah satu kesepakatan terbesar yang pernah terjadi untuk film non-fiksi.

 

Baca Juga:
Lima Skandal Doping Atlet Dunia
Kasus Doping Chris Froome

 

 

 

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Variety | Editor: Andi Wahyudi | 5 March 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company